Review Redmi 8A : Lupakan Colokan Listrik dan Power Bank

GadgetSquad.ID – Salah satunya yang menjadi masalah klasik sebuah smartphone, adalah dari segi daya tahan. Masalah baterai smartphone yang boros, memang bisa sedikit teratasi dengan adanya power bank, hanya saja tidak semua konsumen suka menggunakan power bank.

Situasi inilah yang pada akhirnya membuat vendor, kini mulai berlomba menghadirkan smartphone dengan baterai berukuran jumbo. Salah satu yang terbaru dan masih sangat fresh di pasaran adalah jagoan teranyarnya Xiaomi, yakni Redmi 8A.

Hadir dengan baterai berkapasitas 5000 mAh, sudah pasti hape yang satu ini, memiliki data tahan energi di atas rata-rata. Tapi, tidak hanya daya tahan yang menjadi senjata utama Redmi 8A untuk menaklukan pasar.

Biar tidak penasaran dengan ketangguhan Redmi 8A secara menyeleruh, simak review lengkapnya berikut ini!!

Desain
Sebelum mengulas lebih jauh soal baterai, sektor desain menjadi area awal yang coba GadgetSquad eksplor terlebih dahulu. Secara fisik tampilan Redmi 8A tampak keren. Eksterior Redmi 8A nampak kekinian dengan sudut-sudut yang dibuat oval. Redmi 8A sangat kompak saat digenggam, hal ini tak lepas dari desain body belakang yang dibuat melengkung.

Selain itu, walau material bodinya hanya plastik namun Xiaomi dengan cerdik memberikan sentuhan “Wave Grip Design”, sehingga Redmi 8A tidak licin saat digenggam dalam berbagai aktivitas. Secara keseluruhan Redmi 8A memiliki total dimensi 156.5 x 75.4 x 9.4 mm dengan berat 188 gram. Redmi 8A sendiri tersedia dalam 3 varian warna matte, yaitu Midnight Black, Ocean Blue dan Sunset Red.

Masih soal desain. Tampilan Redmi 8A yang “kece” tidak lepas dari teknologi layar yang tertanam di ponsel ini. Redmi 8A nampak keren dengan layar IPS 6,22 inci beresolusi HD+. Tampilan muka Redmi 8A semakin kekinian dengan sentuhan poni (notch) bergaya ala tetesan air (waterdrop), lengkap dengan logo Redmi yang tertanam di bingkai layar bagian bawah. Selama proses pengujian, layar Redmi 8A mampu tampil prima, respon layar terhadap sentuan juga terbilang memuaskan. Asiknya lagi, layar Redmi 8A sudah dilengkapi dengan lapisan Gorilla Glass 5, yang biasanya ditemukan di berbagai macam ponsel menengah ke atas

Kamera
Salah satu fitur andalan Redmi 8A, tentu saja fasilitas imaging. Untuk memuaskan hasrat konsumen yang senang mengabadikan berbagai momen penting, lewat bidikan kamera ponsel, Redmi 8A menawarkan kamera utama di bodi belakang dengan spesifikasi mumpuni. Kamera utama Redmi 8A mencapai 12MP dengan sensor lensa buatan Sony, yakni IMX363, yang biasa hadir di perangkat menengah premium. Kamera tersebut ditemani oleh satu buah LED flash yang diletakkan di bagian bawah kamera.

Untuk keperluan selfie, Redmi 8A memanjakan penggunannya dengan kamera depan 8MP. Asiknya lagi, ternyata baik kamera depan maupun belakang Redmi 8A dapat memotret dengan AI Portrait mode. Bagaimana dengan kualitasnya? secara umum kualitas hasil bidikan kamera Redmi 8A tidak mengecewakan. Dalam kondisi cahaya normal, hasil foto begitu jernih dan nampak natural. Sementara daat kondisi minim cahaya, memang ada sedikit noise hanya saja masih dalam kadar wajar.

Menu lainnya
Selain memberikan port jack 3.5mm universal, yang memudahkan kamu saat ingin mendengarkan musik dari headphone kesayangan, Redmi 8A juga memiliki rahasia lain di sektor audio. Yup, bagi kamu yang suka mendengarkan update musik dan berita terkini dari radio, Redmi 8A ternyata sudah dibenamkan teknologi internal antena. Artinya, jika ingin memutar radio, kamu tidak perlu menancapkan headphone sebagai eksternal antena. Cukup tekan tombol on, otomatis kamu sudah bisa mendengarkan berbagai info menarik dari radio favorit, sebagai teman melewati rutinitas yang terkadang menjenuhkan.

Dapur pacu
Redmi 8A memang sengaja dibuat Xiaomi, untuk memantapkan hegemoninya dalam pertarungan hape di segmen menengah ke bawah. Namun dari segi performa, jangan pernah menganggap remeh Redmi 8A. Selama diuji kinerja hape ini terbilang memuaskan. Bahkan, saat GadgetSquad menguji kemampuan multitasking dengan membuka beberapa fitur bersamaan, Redmi 8A masih mampu bekerja dengan baik.

Performa Redmi 8A yang menjanjikan, tidak lepas dari komposisi dapur pacunya yang tidak bisa dianggap remeh. Dapur pacu Redmi 8A dikomandoi prosesor buatan Qualcomm tipe Snapdragon 439, serta chipset octa-core yang dipadukan dengan kapasitas RAM 2GB. Redmi 8A juga menawarkan slot dual SIM 2+1 dengan slot khusus MicroSD sehingga pengguna bisa memperbanyak penyimpanan sampai 512GB.

Baterai dan harga
Sekarang giliran kualitas baterai Redmi 8A yang akan coba GadgetSquad eksplor. Baterai berkapasitas hingga 5000 mAh tentu akan membuat kamu langsung jatuh cinta kepada Xiaomi Redmi 8A. Bermodal baterai 5000 mAh, dijamin kamu tidak lagi gelisah mencari sumber listrik, saat menjalankan berbagai aktivitas ditemani Redmi 8A. Bahkan dengan baterai 5000 mAh beban bawaan bisa berkurang, lantaran tidak perlu repot membawa power bank.

Saat GadgetSquad mengujinya secara intens, seperti menonton tayangan streaming, membuka YouTube, Radio, memutar musik, hingga memaksimalkan berbagai menu andalan di Redmi 8A untuk menunjang aktivitas kerja selama seharian penuh, baterai hape ini masih tersisa sekitar 30%. Hal ini menandakan baterai Redmi 8A tidak hanya besar, tapi juga terbilang irit.

Menariknya lagi, untuk melakukan pengisian baterai berkapasitas 5000 mAh yang tertanam di Redmi 8A, kamu tidak perlu membutuhkan waktu terlalu lama. Pasalnya sektor daya tahan Redmi 8A, sudah dilengkap dengan teknologi fast charging atau pengisian cepat. Berdasarkan data yang diperoleh, teknologi pengisian cepat di Redmi 8A mencapai 18 Watt. Kecepatan Redmi 8A dalam mengisi ulang baterai, tidak lepas dari hadirnya port USB Type-C yang juga menjadi salah satu fasilitas unggulan hape ini.

Untuk mendapatkan semua kecanggihan yang ditawarkan Redmi 8A, konsumen cukup merogoh kocek Rp.1.399.000. Kejutan yang diberikan Redmi 8A tidak berhenti diharga, pasalnya setiap konsumen yang membeli hp berbaterai jumbo ini akan mendapat garansi hingga 24 bulan. Pihak Xiaomi mengklaim, Redmi 8A adalah hp pertama yang memiliki garansi hingga 24 bulan.

Kesimpulan
Redmi 8A menjadi pembuktian teranyar Xiaomi, jika pabrikan asal Tiongkok memang piawai dalam memproduksi hp berfitur mumpuni dengan kualitas layaknya ponsel level atas, namun nilai jualnya tidak membuat kantong jebol. Hal lain yang perlu disoroti, kualitas daya tahn Redmi 8A membuat penggunanya tidak perlu lagi menjadi ‘sahabat” sumber listrik maupun power bank.