Beranda Review Review ROG Zephyrus GA502DU: Laptop Gaming Tipis Perpaduan AMD dan NVIDIA

Review ROG Zephyrus GA502DU: Laptop Gaming Tipis Perpaduan AMD dan NVIDIA

Tidak hanya menyediakan laptop gaming dengan harga mewah, Asus juga perhatikan segmen pengguna yang menginginkan laptop gaming murah. Untuk itu lahirlah tipe GA502DU.
Masuk dikeluarga ROG Zephyrus, laptop gaming ini memiliki bodi yang paling tipis. Bagaimana dengan fitur dan performanya? Menjanjikan, simak review berikut ini?

Review ROG Zephyrus GA502DU: Laptop Gaming Tipis Perpaduan AMD dan NVIDIA

Desain dan bodi

Tidak jauh berbeda dengan produk laptop gaming biasanya, bahkan mirip dengan keluarga ROG Zephyrus lainnya, ROG GA502DU juga mengadopsi bodi yang sama.

ROG Zephyrus GA502DU juga merupakan salah satu laptop gaming paling portabel yang ada di pasar saat ini. Selain memiliki bodi yang ringkas, ROG Zephyrus GA502DU hadir dengan ketebalan bodi hanya 20mm saja. Sementara bobotnya yang hanya 2Kg membuat laptop ini tidak hanya mudah masuk ke dalam tas sehari-hari tetapi juga sangat nyaman dibawa bepergian.

Review ROG Zephyrus GA502DU: Laptop Gaming Tipis Perpaduan AMD dan NVIDIA

Dimensi keseluruhan laptop gaming ini bahkan lebih kecil dari kompetitornya. Ini berkat penggunaan teknologi NanoEdge Display. Ditambah dengan sistem pendingin khusus, ROG Zephyrus GA502DU selalu tampil secara optimal di segala skenario penggunaan. Meski didominasi plastik, GA502DU nampak tangguh denngan konfigurasi sasis yang solid.

Melihat fitur konektifitas, terdapat port USB dengan jumlah yang ideal, plus USB-C combo Display-Port 1.4 disebelah kiri. Sayangnya, Asus meniadakan Card-Reader. Mungkin untuk menegaskan bahwa si ROG Zephyrus GA502DU ini memang dibuat untuk gaming bukan kebutuhan professional.

Selain itu Asus ROG ini juga meniadakan fitur keamanan untuk biometric seperti sidik jari.  Kami juga tidak menemukan adanya webcan  pada laptop ini, jadi alhasil pengguna harus membelinya webcam terpisah, jika ingin menggunakan fitur ini.

Baca juga: Gandeng IT Galeri, ASUS Buka ZenBook Store Kedua Di Mall Ratu Plaza

Konektivitas

ROG Zephyrus GA502DU juga tetap hadir dengan berbagai fitur khusus untuk menunjang kegiatan bermain game. Dimulai dari konektivitas nirkabel lewat modul WiFi 802.11ac dan Bluetooth 5.0.

Fitur ini memastikan laptop ROG ini tetap dapat terkoneksi dengan jaringan internet serta berbagai perangkat gaming nirkabel. Ingin koneksi lebih stabil saat bermain game? ASUS juga menyediakan port LAN bagi pengguna yang mementingkan stabilitas koneksi.

Review ROG Zephyrus GA502DU: Laptop Gaming Tipis Perpaduan AMD dan NVIDIA

Keyboard & Touchpad

Beralih kita lihat pada bagian keyboard dan touchpad. Laptop ini menawarkan backlight dengan tiga tingkatan iluminasi. Dibagian atas keyboard terdapat tombol power terpisah, dan 4 dedicated button yang posisinya cukup strategis di kiri atas. Pada keyboardnya, Asus juga benamkan N-Key rollover.

Untuk area touchpad, Asus membuatnya dengan dimensi sedang, artinya tidak besar dan tidak juga terlalu kecil. Hal ini memang cukup dimaklumi mengingat kebanyakan gamers pasti akan menggunakan mouse dibandingkan dengan touchpad.

Namun tidak seperti beberapa seri atas Zephyrus lainnya, permukaan touchpad tak ditambahkan tekstur rubber, yang membuat tampil lebih clean. Tapi hal ini tidak masalah mengingat touchpad ini juga sudah mendukung multi-gesture.

Saat dicoba untuk mengetik, baik ukuran tombol dan key-travel sangat nyaman untuk mengetik panjang. Begitu juga pada touvhpad yang masih tergolong lancer dan responsif.

Baca juga: Program Undian Smartfren WOW Berlanjut di Tahun 2020, Ini Cara Untuk Ikutan!

Layar

ROG Zephyrus GA502DU mengusung layar 15,6 inci dengan resolusi Full HD. Meski demikian, laptop ini memiliki bodi yang sangat ringkas sehingga terasa seperti mengusung layar 14 inci.

Ini berkat teknologi NanoEdge Display yang memungkinkan layar ROG Zephyrus GA502DUmemiliki bezel yang sangat tipis. Ukuran bezel-nya bahkan hanya 6,2mm sehingga laptop ini dapat tampil dengan screen-to-body ratio hingga 81%.

ROG Zephyrus GA502DU tampil dengan layar khusus untuk bermain game. Layar laptop ini menggunakan panel IPS-level yang memiliki tingkat reproduksi warna lebih baik dari layar berpanel TN.
Layar ROG Zephyrus GA502DU tetap tampil kencang berkat refresh rate 120Hz serta response time 3ms yang diusungnya. Ditambah dengan dukungan teknologi Radeon™ FreeSync, bermain game menjadi lebih nyaman berkat hilangnya efek tearing dan stuttering.

Hardware

Menariknya laptop gaming yang satu ini dibekali dengan prosesor AMD Ryzen Mobile Generasi Kedua Seri 3000, yakni AMD Ryzen 7 3750H.

AMD Ryzen™ Mobile Generasi Kedua Seri 3000 dirancang untuk memberikan pengalaman komputasi mobile terbaik, performa komputasi bertenaga, dan ketahanan baterai. Hal ini untuk mendukung kebutuhan pengguna antusias yang terus meningkat dan ROG Zephyrus GA502DU juga merupakan salah satu laptop pertama di dunia yang mengadopsi prosesor tersebut.

ROG Zephyrus GA502DU ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen™ 7 3750H yang merupakan prosesor kelas atas dari keluarga AMD Ryzen™ Mobile Generasi kedua Seri 3000 terbaru yang dirancang khusus untuk laptop berperforma tinggi.

Prosesor ini mengusung konfigurasi 4 core dan 8 thread serta hadir dengan kecepatan pemrosesan hingga 4GHz sehingga sangat cocok untuk gamer atau content creator.

Seluruh keluarga prosesor AMD Ryzen™ Mobile Generasi kedua Seri 3000 telah menggunakan arsitektur Zen+ dengan metode fabrikasi 12nm. Dengan fabrikasi 12nm Zen+, AMD menjanjikan efisiensi Instruction-per-Clock yang lebih baik dari Ryzen 2000 series.

Dengan demikian, prosesor AMD Ryzen™ 7 3750H memiliki performa tinggi serta lebih hemat dari prosesor mobile sekelasnya dengan TDP hanya 35 Watt. Hal ini akan memberikan kinerja multitasking, editing, rendering dan gaming yang lebih maksimal

Untuk mendukung prosesornya supatyantetap dingin, Asus juga benamkan system pendingin sistem pendingin khusus yang dilengkapi teknologi Anti-Dust Cooling. Teknologi tersebut mencegah debu dan partikel lainnya menyumbat sistem pendinginan yang dapat menghambat aliran udara dan menyebabkan kerusakan komponen.

Sistem ini berbeda dengan seri ROG Zephyrus pada umumnya, ROG Zephyrus GA502DU kali ini tidak mengusung sistem pendingin Active Aerocooling System (AAS).
Sistem pendingin tersebut juga dilengkapi dengan saluran udara tambahan selain saluran udara di bagian bawah bodinya. Dengan demikian, laptop gaming ini tetap dapat bekerja secara optimal meski digunakan di permukaan yang tidak rata.

Baca juga: Laptop Asus ROG Zephyrus GA502DU – Paling Tipis dan Ringan Berprosesor AMD Ryzen Mobile Generasi Kedua Seri 3000

Daya Tahan Baterai

Menambah nilai portabilitasnya, ROG Zephyrus GA502DU dilengkapi dengan baterai yang tahan hingga 7 jam penggunaan berkat prosesor AMD Ryzen™ Mobile Generasi Kedua Seri 3000 yang sangat hemat daya.

Tidak hanya itu, laptop gaming ini juga memiliki teknologi AMD SenseMI, yang memberikan efisiensi daya hingga 20% dibandingkan laptop biasanya.

Review ROG Zephyrus GA502DU: Laptop Gaming Tipis Perpaduan AMD dan NVIDIA

Dengan demikian, ROG Zephyrus GA502DU juga menyandang gelar sebagai salah satu laptop gaming dengan daya tahan baterai paling panjang yang ada saat ini.

Laptop  gaming tipis dengan prosesor AMD Ryzen ini bahkan memilii daya tahan baterai yang lebih hingga 8 Jam, pada penggunaan standart.

Grafis Mumpuni

AMD Ryzen 7 juga membawa kartu grafis terintegrasi, yakni Radeon Vega 10 berisi 10 processing core. Selain itu Asus Zephyrus GA502DU juga memiliki chip grafis NVIDIA GeForce GTX 1660Ti.

Dengan dipadukannya kinerja CPU Ryzen 7 dan Nvidia GTX 1660TI Max Q maka mampu memberikan gaming Fps yang mulus(40fps++) dengan efisiensi daya yang lebih bagus. Chip grafis generasi terbaru ini juga mengusung arsitektur Turing dan telah menggunakan memori GDDR6 sehingga memiliki performa lebih baik dari generasi sebelumnya.

Dikombinasikan dengan RAM DDR4 2400MHz sebesar 8GB dan penyimpanan PCIe SSD, berbagai game kelas berat terkini dipastikan dapat dimainkan di laptop gaming ini.

Asus menghilangkan slot SATA 2.5-inch , ini yang membuat bodi laptop masih tetap tipis dan ringan. Namun pengguna masih dapat menambahkan dua buah slot m.2 PCIe untuk menambahkan memori tambahan. Begitu juga untuk penambahan RAM memori DDR4 tambahan yang bisa dilakukan pada slot yang tersedia.

Selama pengujian baik untuk melakukan editing video dan gaming seperti Fifa 20 dan PUBG, laptop ini didak ada kendala. Namun, bodi masih terasa hangat saat penggunaan diatas 2 jam.

SSD yang dimilikinya juga punya kemampuan yang cukup baik untuk proses transfer file berukuran kecil hingga sedang. Tapi saat masuk ke proses transfer file berukuran besar, performanya turun drastis walaupun masih lebih cepat dari sebuah HDD 2.5-inch.

Fitur Software

Dari sisi software, tidak hanya sudah menyediakan Windows 10, laptop gaming ROG ini juga sudah dibekali beragam aplikasi didalamnya. Sebut saja software Armoury Crate dan utility pendukung seperti SonicStudio, Game Visual, dan GameFirst V.