Review Samsung Galaxy A20s : Lebih “Strong” dengan Embel-embel “S”?

0

GadgetSquad.ID – Samsung sedang melakukan perubahan besar-besaran terharap lini Galaxy Series A. Tambahan embel-embel hurup “S”, saat ini menjadi identitas Galaxy Series A generasi terbaru. Di Indonesia sendiri, setidaknya sudah ada empat Samsung Galaxy Series A versi baru yang sudah dirilis yakni, Galaxy A10s, A20s, A30a dan A50s.

Sentuhan label “S” tentu membuat konsumen, termasuk GadgetSquad penasaran dengan teknologi kekinian yang tertanam di Galaxy A Series versi baru. Menurut pihak Samsung sendiri, berbagai perubahan di Galaxy A Series versi baru, tidak lepas dari permintaan konsumen.

Nah kebetulan, dari sederet Galaxy A Series versi baru yang telah telah rilis, di meja redaksi GadgetSquad ada Samsung Galaxy A20s. Apa saja sih yang baru dari Samsung Galaxy A20s? Supaya kamu nggak penasaran pantengin riviewnya berikut.

Desain

Dilihat dari tampilannya, Galaxy A20s punya desain simpel, tapi tetap terlihat glamour. Hal ini tidak lepas material polikarbonat dengan motif holografik crystal glossy, yang menyelimuti seluruh bodi Galaxy A20s. Sisi minusnya, material glossy menjadikan bodi Galaxy A20s lebih mudah kotor oleh jejak sidik jari. Jika ingin Galaxy A20s tetap terlihat kinclong, sebaiknya membeli aksesoris tambahan, pasalnya hp ini tidak punya case bawaan.

Dari segi dimensi, Galaxy A20s masih nyaman digenggam dengan satu tangan dalam intensitas yang lama. Itu artinya rancang bangun Galaxy A20s terbilang proporsional. Di sektor desain bisa dikatakan pemilik Galaxy A20 tidak perlu minder dengan tampilan Galaxy A20s, karena keduanya memang tidak ada perbedaan yang terlalu mencolok.

Layar
Sekarang giliran layarnya broo. Jika pada pandangan pertama kamu merasa tidak ada perbedaan mencolok antara layar A20s dengan A20, pendapat kamu benar sob! Galaxy A20s hanya punya bentang layar sedikit lebih besar dibanding saudara tuanya. Jika Galaxy A20 layarnya 6,4 inci, untuk Galaxy A20s tertanam display 6,5 inci. Jenis A20s juga masih sama dengan A20, yakni tipe TFT PLS FullHD.

Saat diuji secara intens mulai dari menonton video kualitas HD, hingga bermain game mobile dengan kualitas grafik HD, GadgetSquad tidak melalui kendala berarti. Layar Galaxy A20s terbilang responsive, tampilan grafisnya juga tidak cepat membuat mata lelah. Intinya walau spesifikasi layar tidak terlalu mewah, kualitas display A20s tidak kalah dengan kompetitornya di level yang sama.

Kamera
Nah kalau kamu penasaran bagian mana dari Galaxy A20s, yang memiliki perubahan paling besar, salah satunya di sektor kamera guys. Galaxy A20s memiliki tiga lensa utama, sedangkan A20 hanya 2 lensa. Untuk spesifikasi kamera A20s, yakni 13MP + 8MP dan 5MP. Kamera 13MP menggunakan lensa wide di dukung aperture f/1.8 dan fitur PDAF. Lalu kamera 8MP berjenis ultrawide dengan aperture f/2.2, serta kamera 5MP merupakan depth sensor untuk menghasilkan foto bokeh.

Tidak ketinggalan untuk keperluan foto selfie, Samsung A20s menempatkan kamera 8MP. Selama proses pengujian, semua teknologi imaging yang tertanam di Galaxy A20s bekerja sangat baik. Seperti untuk lensa 13MP, di kondisi cahaya normal (outdoor) hasil fotonya terlihat terang dan cukup tajam. Tapi di kondisi terang, cahaya yang masuk ke lensa terlihat over. Hasil foto lensa wide dan bokeh di A20s juga terbilang memuaskan. Sebagai tambahan, kamera depan juga bisa mengambil foto bokeh. Untuk memoles hasil jepretan supaya tampak lebih unik dan cantik, pengguna juga bisa memanfaatkan menu standar yang selama ini tertanam di hape Samsung.

Dapur pacu
Perubahan lain yang dimiliki Samsung Galaxy A20s terdapat di sektor dapur pacu dan kapasitas memori. Jika sebelumnya chipset Galaxy A20 menggunakan Exynos 7884, kini Galaxy A20s menggantinya menjadi Snapdragon 450. Untuk GPU-nya, A20s memakai Adreno 506, sedangkan A20 dibekali Mali-G71 MP2. Untuk kapasitas penyimpanan juga mengalami perubahan. Kalau sebelumnya pada Galaxy A20 hanya ada satu pilihan RAM 3GB/32GB, maka untuk Galaxy A20s ada dua pilihan, yakni 3GB/32GB serta 4GB/64GB.

Komposisinya dapur oacu memang bukan yang terbaik, tapi sekedar untuk memainkan game online yang populer masih bisa dilakukan meski ada batasan-batasan tertentu.
Untuk PUBG kita masih bisa memainkan di frame rate medium dengan grafis balanced. Salah satu game online populer ini terasa smooth saat dimainkan, meski kadang masih ditemui sedikit lag dibeberapa scene.

Baterai dan Harga
Daya tahan Samsung Galaxy A20s bersumber dari baterai berkapasitas 4000 mAh (sama seperti Galaxy A20). Baterai ini terbilang cukup besar untuk menemani aktivitas seharian. Untuk pemakaian standar seperti chatting, browsing hingga aktif di sosmed baterainya tahan seharian (pagi hingga malam) dengan sisa dikisaran 15-20 persen. Saat GadgetSquad coba bermain game selama 1 jam baterainya berkurang antara 12-13 persen.

Baterainya sendiri sudah di dukung teknologi fast charging 15W plus port USB Type C yang memang menjanjikan proses lebih cepat. Untuk pengisian ulang baterai selama satu jam, baterainya terisi sebesar 60 persen. Lalu akan terisi penuh dalam dalam kisaran waktu 2 jam. Terkait harga, secara resmi A20s dijual Rp 2,499.000 untuk versi RAM 3/32GB, dan untuk versi RAM 4/64GB harganya Rp 2,799.000.

Kesimpulan
Dengan Embel-embel “S”, Samsung membuktikan jika Galaxy A20s memang memiliki berubahan teknologi dibanding versi Galaxy A20. Dari hasil eksplorasi perubahannya memang tidak banyak. Hanya saja perubahan tersebut, mampu membuat Galaxy A20s memiliki kualitas lebih mumpuni, contohnya dari sektor kamera. Menu imaging A20s jauh lebih kekinian dengan kualitas foto yang tidak kalah dibanding kompetitor di level 2 jutaan.

Secara umum, Galaxy A20s memiliki lebih banyak nilai plusnya dibanding seri terdahulu, terutama adanya peningkatan di fitur kamera, layar lebih besar serta opsi pilihan memori yang bervariasi. Jadi hp ini bisa menjadi pilihan yang bisa dipertimbangkan. Terutama pengguna yang ingin memiliki hp tiga kamera dari Samsung dengan harga 2 jutaan.