Review Samsung Galaxy A52 – Harga Kelas Menengah, Tampil Kelas Atas

GadgetSquad.id – Pada review kali ini, GagdetSquad akan melakukan review Samsung Galaxy A52. Seperti diketahui Samsung Indonesia meluncurkan sejumlah tipe Hp terbaru di awal 2021, di antaranya 3 Hp terbaru A Series, yaitu Samsung Galaxy A32, Galaxy A52 dan Galaxy A72.

Hadir di segmen kelas menengah, Samsung Galaxy A52 bisa dibilang menawarkan desain menarik sekaligus kemampuan fitur yang cukup tangguh. Dan berikut ini review Samsung Galaxy A52.

Desain

Meski masuk dalam segemen kelas menengah, namun tampilan desain Samsung Galaxy A52 ini layaknya Hp Samsung kelas atas. Terutama pada bagian bodi belakangnya, yang biasanya Hp kelas menengah kebanyakan menggunakan bahan glossy (mengkilap). Namun kali ini terasa bodi Samsung Galaxy A52 menggunakan bahan mate yang terasa agak kesat, mirip seperti bodi Galaxy Note 20. Keunggulan bahan matte ini tidak akan meninggal bekas sidik jari, jadi bodi terlihat tetap bersih.

Pada review Samsung Galaxy A52 ini memiliki bodi dengan warna biru muda yang terlihat stylish sekaligus elegan. Selain itu juga Samsung juga menyediakan pilihan warna lainnya, yaitu hitam dan violet.

Bodi Hp Samsung terbaru ini juga terasa kokoh, meski bagian frame maupun belakang bodi menggunakan material plastik. Namun kualitas material plastik yang digunakan terasa premium seperti bodi Galaxy S20 FE maupun Galaxy Note 20.

review samsung galaxy A52

Dan yang lebih membuat aman, Galaxy A52 ini sudah mengantongi sertifikasi IP68 yang berarti Hp ini tahan air hingga kedalaman 1 meter selama 30 menit. Selain itu juga tahan terhadap kotoran debu. Pada review Samsung Galaxy A52 yang dilakukan, dicoba untuk menyeburkan Hp ini ke air di dalam ember beberapa saat, ternyata masih bisa berfungsi dengan normal.

Baca juga : Review Samsung Galaxy A32 – Dilengkapi Empat Kamera, Baterai Tahan Lama

Layar

Beralih ke area layar, Hp terbaru Samsung ini memiliki layar Super AMOLED berukuran 6,5 inci dengan resolusi 1080 x 2400 piksel. Pantas saja, saat review Samsung Galaxy A52 ini, saat melihat konten foto maupun video, tampilan gambar di layar terlihat tajam dan jernih. Tampilan layar juga tetap dapat dilihat dengan baik ketika digunakan di bawah sinar matahari.

Layar ini juga sudah mendukung refresh rate 90Hz, meski tidak mendukung 120 Hz, namun tampilan pergerakan gambar terlihat halus di layar. Dan agar aman dari benturan, layar ini juga sudah dilindungi lapisan Corning Gorilla Glass 5.

Di dalam area layar bagian bawah Galaxy A52 tersemat pemindai sidik jari (fingerprint) jenis optikal. Dan saat review Samsung Galaxy A52, pemindai sidik jari ini cukup cepat saat merespon sentuhan sidik jari ketika ingin membuka layar yang terkunci. Selain itu di area atas layar tersemat lensa kamera depan berdesain punch hole-nya yang diletakkan area tengah.

Kamera

Samsung Galaxy A52 membawa empat kamera di bagian belakang bodi. Keempat kamera ini terdiri dari kamera utama 64MP dengan OIS + kamera Ultra Wide 12MP + kamera Macro 5MP + kamera Depth 5MP. Sedangkan untuk kamera depannya berupa lensa 32MP.

Dari review Samsung Galaxy A52 terutama fitur kameranya, kamera utama 64MP menjadi jaminan dalam menghasilkan hasil foto berkualitas tinggi. Termasuk saat di malam hari, dengan mode Auto di kamera ini dapat menangkap foto malam dengan hasil yang memuaskan. Belum lagi sudah mendukung OIS (Optical Image Stabiliser) yang berguna saat merekam video dalam keadaan bergerak, agar hasilnya tetap stabil.

Kamera ultra wide-nya berguna saat ingin mengambil foto dengan jangkauan tangkapan yang lebih luas. Kamera makro di Galaxy A52 dapat menghasilkan foto jarak dekat yang cukup memuaskan. Dengan detil foto jarak dekat yang bisa tertangkap dengan tajam. Pada mode portrait, kamera Dept di Galaxy A52 dapat menghasilkan foto efek bokeh yang sempurna, dengan pemisahan yang terlihat halus antara objek yang fokus dan latar yang buram. 

Saat melakukan review Samsung Galaxy A52 untuk kamera depannya, kamera ini akan secara otomatis menghaluskan permukaan tampilan wajah saat foto selfie. Kamera depan ini pun bisa memotret foto selfie bokeh. 

 Untuk perekaman video, baik kamera depan dan belakang bisa rekam sampai resolusi 4K 30fps. Saat ingin merekam bisa berpindah dari seluruh sensor kamera yang ada. Ada juga fitur menarik bernama Single Take yang memungkinkan untuk menangkap foto sekaligus video cukup dengan sekali shoot.  

Baca juga : Ini Alasan Mabar Game Online Pakai Samsung Galaxy A32, Dijamin Makin Seru!

Performa

Setelah melakukan review Samsung Galaxy A52, bisa dibilang Hp ini mampu menyajikan performa yang cukup tangguh di kelasnya. Ini tidak lepas dari dukungan chipset prosesor Snapdragon 720G serta RAM 8GB. Untuk sistem operasinya Galaxy A52 sudah mengadopsi Android 11 dengan One UI 3.1. One UI versi terbaru ini menyajikan tampilan antarmuka yang nyaman digunakan.

Untuk kapasitas penyimpanan internalnya disediakan pilihan kapasitas 128GB dan 256GB. Keduanya sudah terbilang cukup memadai untuk menyimpan berbagai jenis file atau konten. 

Saat review Samsung Galaxy A52, secara umum performa Hp Samsung ini memuaskan saat digunakan mendukung berbagai aktivitas di Hp. Termasuk untuk bermain game online populer seperti Mobile Legends, AOV, PUBG Mobile, dan Call of Duty Mobile, dapat dimainkan dengan lancar di Hp ini dengan setelan grafis tinggi. Apalagi didukung speaker stereo yang cukup kencang suaranya. Di volume tinggi, suara yang dihasilkan tetap cukup baik.

Baterai

Untuk daya tahan hidupnya, Galaxy A52 dibekali dengan baterai berkapasitas besar 4.500mAh. Dengan kapasitas itu, baterai di Hp ini sanggup bertahan cukup lama. Saat melakukan review Samsung Galaxy A52, Hp ini sanggup bertahan seharian penuh untuk penggunaan yang cukup intens.  

Soal charger tidak perlu khawatir, charger sudah termasuk di dalam boks penjualan Galaxy A52. Sayangnay, charger bawaan ini hanya dapat mengisi baterai dengan daya 15W padahal handphone-nya sendiri mendukung pengisian daya 25W. Dengan menggunakan charger bawaan itu, saat review Samsung Galaxy A52 ini , butuh waktu sekitar  2 jam untuk mengisi daya baterai dari keadaan lowbath hingga 100%..

Kesimpulan Review Samsung Galaxy A52

Dari review Samsung Galaxy A52 yang dilakukan, Hp ini bisa menjadi pilihan untuk smartphone di kelas menengah. Desain yang elegan, tahan air,  kamera berkualitas dan baterai tahan lama menjadi diantara keunggulan Hp terbaru Samsung yang satu ini. Namun memang ada beberapa Hp lain yang menjadi pesaing Samsung Galaxy A52. Tapi jangan lupa juga soal layanan after sales services Samsung yang sudah terbukti selama ini. 

Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A52

Dimensi & Berat 75.1 x 159.9 x 8.4mm, 189g
Warna Awesome Black, Awesome White, Awesome Violet, Awesome Blue
Layar Super AMOLED 6,5″

1080 x 2400 piksel, refresh rate 90Hz

Sistem Operasi Android 11 (One UI 3.1)
Memori RAM 8GB dengan penyimpanan internal 128GB / 256GB
Chipset Qualcomm Snapdragon 720G

Octa-Core (2×2.2 GHz + 6×1.8 GHz)

Kamera Belakang 64MP wide-angle, F1.8, 0.8µm, OIS

12MP ulra wide, F2.2, 1.12µm

5MP makro, F2.4, 1.12µm

5MP Depth, F2.4, 1.12µm

Kamera Depan 32MP, F2.2, 0.8µm
Baterai 4.500mAh, fast charging 25W
Konektivitas Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac (2.4G+5GHz), Bluetooth v5.0
Konektor USB Type 2.0-C
Sensor Akselerometer, pemindai sidik jari, sensor giro, sensor geomagnetik, hall sensor, sensor cahaya, Virtual Proximity sensor
GPS GPS, Glonass, BeiDou, Galileo
Speaker Speaker stereo
Fitur IP67
Harga Rp4.999.000 (8/128GB), Rp5.399.000 (8/256GB)