Review Samsung Galaxy M30: Generasi Baru dengan RAM dan Baterai Lebih Besar

1

Temani seri Galaxy M20 yang rilis maret lalu, Samsung Galaxy M30 hadir sebagai generasi penerusnya. Apa aja peningkatan fitur dan spesifikasinya? Berikut adalah review lengkapnya.

samsung Galaxy M30 2

Desain

Secara desain Samsung Galaxy M30 sama dengan pendahulunya, yakni M20. Dari sisi depan, tampak layar yang lega dan nyaris penuh, menyisakan notch kecil di atas yang tidak begitu mengganggu. Layar ini sendiri memiliki screen-to-body ratio hingga 84,2 persen.

Di poni tetesan air ini terletak kamera depan dan speaker tepat di atasnya

Sementara jika dilihat dari bagian belakang, perangkat mendapatkan sedikit perbedaan visual. Galaxy M30 sendiri sejatinya hadir dengan dua varian warna yakni Gradation Blue dan Gradation Black, dan kebetulan kali ini perangkat yang kami review adalah varian warna Graduation Black

Dilihat dari kombinasi warna yang dimilikinya, perlu diakui memang membuat hp ini lebih elegan dibandingkan pendahulunya.

samsung Galaxy M30 2

Baca juga: Samsung Galaxy A20s A30s Mendarat di Indonesia, Ini Perbedaan Spesifikasinya

Namun begitu, bodinya masih terbuat dari plastik, ini membuat Bobot Galaxy M30 terasa ringan di tangan. Apalagi samsung juga bodinya cukup tipis, kurang dari 1 cm.

Sayangnya Samsung melapisi bodi ini dengan warna yang glossy, sehingga mudah meninggalkan jejak jari dan mudah tergores.

Oleh karenanya saya sarankan hp ini langsung dilapisi dengan anti gores atau pelindung benturan tambahan, agar lebih aman. Sayangnya Samsung juga tidak menyediakan softcase, sehingga pengguna perlu membelinya untuk melindungi bodi.

Samsung Galaxy m30

Pada bagian belakang ada tiga kamera. Menariknya pada kamera bagian tengah kelihatan cincin, membuat kameranya tampak menonjol. Di bagian tengahnya tertulis logo Samsung.

Beralih ke sisi kanan ada tombol power dan volume plus minus, di atas ada lubang mikropon kedua, di kiri ada simtray untuk 2 simcard plus 1 microSD.

Di sisi bawah ada jack audio 3.5mm, port USB Type C, mikrofon pertama, dan mono speaker.

Hardware dan Performa

Untuk menunjang kinerjanya, Samsung Galaxy M30 menggunakan chipset yang sama seperti Galaxy M20. Yakni chipset Exynos 7904. Chipset ini merupakan buatan Samsung dengan proses 14 nanometer, dengan CPU octa core kecepatan 1.8 GHz. Untuk grafisnya chipset ini menggunakan GPU Mali-G71 MP2.

Perbedaan dari M20 adalah kini M30 sudah menggunakan kapasitas RAM dan memori internal lebih besar, yakni dengan ram 4 GB dan memori internal 64 GB. Dengan kemampuan ini maka dipastikan Galaxy M30 lebih mumpuni dalam hal menjalankan aplikasi secara multitasking dan menyimpan banyak data didalamnya.

samsung Galaxy M30 2

Baca juga: Di Galaxy Happy Day, Tukar Tambah Hp Samsung Dapet Smart TV 43-inci, Begini Caranya?

Performanya terbukti tidak mengecewakan. Pada pengujian aplikasi Antutu bencmarking, Hp ini mampu mendapatkan score seratus ribuan.

Tidak hanya itu, kami juga menguji performa ponsel melalui game PUBG. saat menjalankan game, hp ini mampu  menyajikan grafis yang cukup baik, dan tidak ditemukan adanya lag.

Kamu juga bisa memanfaatkan fitur Game Launcher, yaitu fitur pendukung game yang bisa diatur untuk tiap game agar lebih optimal dimainkan.

Baterai

Tiap game bisa diatur apakah ingin lebih hemat baterai, baterai dan performa seimbang atau mementingkan performa.

Jika dipilih Performance mode, maka resolusi game otomatis diturunkan dan frame rate dibatasi. Jadi secara umum, tak ada masalah dalam kinerja di kelasnya.

samsung Galaxy M30 2

Pada saat memainkan game secara vertikal, letak speaker di sisi bawah kiri dan lubang jack earphone memang agak mengganggu, karena terhalang tangan saat bermain game, mungkin bisa menggunakan earphone Bluetooth sebagai solusinya.

Baca juga: Tips Bikin Video Keren Pakai Samsung Galaxy Note 10/10+ dari Sutradara Keluarga Cemara

Bermain game dalam jangka waktu yang lama tidak masalah. Karena hp ini memiliki kapasitas baterainya yang jumbo. Berbekal kapasitas 5000mAh, kami mainkan game selama 1 jam, baterainya menyisakan 30%. Dari yang sebelumnya keadaan baterai di angka 50%.

Meski memiliki baterai yang jumbo, tapi hp ini masih memiliki bodi yang tetap tipis dan ringan lho.

Dengan kapasitas baterai yang besar, Hp ini mampu menemani aktivitas seharian penuh. Samsung juga menghadirkan fitur fast charging type C dengan charger 15 Watt yang membuat pengisian daya lebih efisien.

Pada pengujian yang kami lakukan saat pada posisi baterai kosong, hp ini mampu mengisi penuh baterai hingga 100% hanya dalam waktu sekitar 2 setengah jam saja

Layar

Berbeda pengalaman saat menonton video. Karena layar yang besar, saya juga merasa puas menonton video dengan gambar yang detail. Ini berkat layar Super AMOLED berukuran 6,4 inci resolusi 1080×2340 piksel dan aspek rasio 19,5:9. Sehingga layarnya cocok untuk konten hiburan.

samsung Galaxy M30 2

Antarmuka

Samsung Galaxy M30 sendiri berjalan diatas sistem operasi Android 9 atau yang juga dikenal dengan android Pie. Dari sisi interfacenya, Hp ini menjalankan One UI Core one point one.
Dengan interface ini kamu jadi lebih mudah bernavigasi dan mengakses semua aplikasi dan menu dengan mudah.

Pada interface ini samsung juga memberikan fitur Night Mode dengan warna latar hitam, membuat tampilan menjadi berbeda dan lebih nyaman dipakai berlama-lama.

Baca juga: Samsung Galaxy A10s Resmi Dirilis, Ini Perbedaannya dengan A10!!

Ada pula fitur Always On di Galaxy M30, dengan tampilan jam digital dan kalender. fitur Always On ini akan selalu menampilkan jam dan kalender meski layar dalam keadaan mati. Tampilan Always On ini bisa diatur, apakah akan bisa terus terlihat atau jika disentuh dua kali baru tampil.

Untuk mengaktifkan layar, Galaxy M30 juga mendukung double tap untuk menyalakan layar yang mati. Selain itu masih banyak fitur Motions and Gesture lain yang bisa dimanfaatkan untuk kemudahan pemakaian.

Samsung juga menyediakan fitur Blue Light Filter agar mata selalu nyaman saat Galaxy M30 dipakai berlama-lama. Tidak hanya itu, ada juga fitur Dual Messenger yang juga berguna saat punya dua akun sosmed, seperti Facebook dan WhatsApp.

Aplikasi

Seperti hp samsung lainnya, M30 juga menyediakan aplikasi bawaan Samsung yang patut dicoba yaitu Device Care, untuk merawat hape sehari-hari. Aplikasi Device Care, ada fitur Optimalisasi kinerja, baterai, penyimpanan, memori RAM, security dan Data Saving.

Ada juga fitur Digital Wellbeing juga menarik untuk menjaga kesehatan penggunanya, dengan memberitahu aplikasi apa saja yang paling lama digunakan.

samsung Galaxy M30 2

Baca juga: Mengupas Tuntas Fitur Andalan Hp Sejutaan Samsung

Untuk fitur keamanan tersedia dua pilihan, yakni lewat fingerprint dan face unlock. Panel sidik jari sendiri tersedia di bodi belakang, Letaknya yang di tengah agak atas, juga mudah dijangkau dengan jari telunjuk kanan saat digenggam. Fingerprint ini cukup responsif responsif mendeteksi sidik jari pengguna.

Sementara fitur face unlock juga terbilang peka dan cepat membuka layar terkunci, meski dipakai di dalam ruangan.

Kamera Belakang

Sekarang beralih ke fitur kamera pada fitur ini Galaxy M30 dipasang dengan tiga kamera belakang yakni sensor utama 13 MP dengan aperture f/ 1.9, sensor 12 milimeter, ultra-wide 5 MP aperture f/ 2.2 dan sensor kedalaman 5 MP aperture f/ 2.2.

Kamera belakang memiliki beberapa fitur seperti, Panorama, Pro, Beauty, Live Focus, Auto, Stikers, dan Continuous Shot.

Sedangkan di bagian depan hanya terdapat fitur Selfie, Live Focus dan Stikers. Beberapa mode, sebagai contoh mode Live Fokus, hasil gambar dengan mode tersebut memang cukup terasa blurnya, tapi kurang rapi, ada batas antara fokus dan blur yang terlihat ketara dan tidak halus.

samsung Galaxy M30 2

Baca juga: Samsung Galaxy Note 10 Plus

Pengguna juga bisa memilih ukuran gambar yang bisa diatur dalam pengaturan dan pilih Picture Size yang di dalamnya terdapat empat pilihan, 4:3 dengan 13MP, 16:9 dengan 9,6 MP, 19,5:9 dengan 7,9 MP dan 1:1 dengan 12 MP. Ukuran video pun sudah bisa diatur hingga Full HD.

Dengan fitur Foto Ultra Wide ini, sangat berguna saat ingin memotret pemandangan atau sedang berada di ruangan yang sempit.

Ketika mengambil gambar dengan mode biasa hasilnya cukup baik, kurang lebih sama dengan smartphone di kelasnya. Hasil foto di luar ruangan bagus, tajam dengan warna alami dan tak berlebihan.

samsung Galaxy M30 2

Foto makro dan bokeh juga bisa didapat dengan mudah, dengan hasil obyek utama yang tajam.

Di dalam ruangan, foto menurun ketajamannya dengan noise yang masih bisa diterima. Foto makro di dalam ruangan masih bisa didapatkan dengan tajam dan warna bagus.

Saat foto di malam hari, ketajaman banyak menurun dengan warna cenderung agak gelap. Untuk itu kamu bisa menggunakan Mode Pro (Manual), sehingga hasil bisa labih maksimal.

Rekaman video hasilnya juga bagus dan tajam, dengan warna yang alami.

samsung Galaxy M30 2

Kamera Depan

Pada kamera depan Galaxy M30 dihadirkan dengan resolusi yang telah ditingkatkan, yaitu 16 MP dengan aperture f/ 2.0. Kamera ini mampu menghasilkan foto selfie berkualitas tinggi dan menangkap gambar dengan panorama sudut pandang 123 derajat yang sama dengan mata manusia.

Kamera depannya memberikan hasil yang cukup baik, karena wajah cenderung tampak lebih putih. Apalagi Foto selfie pada backlight juga bisa ditangani dengan baik.

Baik kamera utama maupun kamera selfie, ada fitur Live Focus untuk membuat foto blur yang lebih baik.

1 KOMENTAR