Tips Bikin Video Keren Pakai Samsung Galaxy Note 10/10+ dari Sutradara ‘Keluarga Cemara’

1

GagdetSquad.id – Kini, hampir semua orang punya kesempatan yang sama untuk berbagi cerita melalui media audio visual. Dimulai dengan niat, observasi, dan tentunya dukungan perangkat yang memadai, Anda bisa menjadi seorang kreator. Galaxy Note10|10+ dengan dukungan ‘the power to create’ melalui fitur kamera pro-grade siap membawa para kreator menjadi “the powerful creator.”

Samsung Galaxy Note 10 - Yandi

Yandy Laurens, seorang penulis, dosen dan sutradara film ‘Keluarga Cemara’ menyampaikan “Dulu, untuk berbagi cerita melalui media audio visual tidak semudah sekarang karena keterbatasan alat. Senang sekali kemudahan yang ada saat ini, dengan perangkat yang semakin canggih, didukung dengan kreatifitas dalam menuangkan ide-ide visual dapat menghasilkan sebuah konten yang menarik. Dan lebih dari menarik, kita dapat membuatnya dimana saja kapan saja, semudah mengeluarkan smartphone dari kantong dan momen siap direkam.”

Baca juga : Ini Deretan Fitur Canggih Samsung Galaxy Note 10 / Note 10+

Setelah membuat film pendek dengan Galaxy S10 (The Power of Sharing di YouTube) berikut kiat-kiat Yandy dalam membuat konten yang powerful dengan menggunakan Galaxy Note10|10+:

  1. Pastikan Ceritamu Memiliki Bentuk

Setiap cerita pasti memiliki bentuk. Ada yang menggunakan struktur 2 babak, 3 babak, 5 babak, 8 sequance. Pilih yang mana dan bagaimana menerapkannya? Anda bica membaca banyak referensi bacaan ataupun artikel tentang struktur cerita di berbagai situs web. Kemudian ujilah ceritamu apakah memenuhi bentuk sebuah cerita. Nah, karena setiap struktur memiliki arahannya tersendiri, proses pengujian atau brainstorm paling asik dilakukan melalui corat coret. Kalau di kantor kita biasa di whiteboard atau sticky notes, nah dengan S pen, sekarang bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja.

  1. Kenali Perangkat Andalan yang ada Digenggaman

Note10 memiliki kamera pro grade yang memungkinkan kita merekam gambar hingga kualitas UHD 3840 x 2160 dan juga dilengkapi dengan Zoom-In Mic. Fitur ini sangat menunjang pembuatan konten kita karena video tak hanya tentang konten visual, namun juga suara yang terdapat di dalamnya. Zoom-In Mic dapat membantu memperjelas audio dalam frame dan menekan kebisingan atau noise di keadaan sekitar sehingga dapat membantu pengguna mendapatkan fokus suara yang diinginkan. Fitur ini bekerja dengan menggabungkan tiga mikrofon pada Note10 sehingga bisa merekam suara berkualitas baik tanpa mikrofon tambahan.

Kita tetap bisa merekam video, sambil tetap mengatur suara yang ingin kita highlight. Biasanya fitur ini sangat bisa diandalkan ketika merekam di tempat keramaian, dan kita ingin fokus pada satu objek berikut dengan suaranya – maka nanti suara pada video akan lebih terdengar jelas pada fokus objek yang dituju. Ketika zoom in pada objek, kita bisa mendapatkan kualitas suara hingga 3x lebih besar dibandingkan perekaman normal. Ketika Anda memiliki smartphone dengan kualitas perekaman gambar dan suara yang baik, proses memproduksi video anda akan sangat praktis dan menyenangkan.

  1. Eksplorasi Fitur Video Live Focus untuk Bangun Mood pada Gambar.

Ketika kita menonton film, adegan-adegan tertentu tampak lebih dramatis ketika background objek ditambahkan efek bokeh. Bayangkan misalnya adegan ketika mengambil objek dengan latar belakang lampu perkotaan, dan sinar lampu tampak blur – maka ekspresi dan fokus pada objek menjadi semakin menarik dan cantik. Pada Note10, kamera Depth Vision dengan sensor ToF, bisa mendukung kita untuk membuat Video Live Focus dan menambahkan pengaturan efek bokeh menjadi 4 jenis background yaitu blur, big circle, colour point dan glitch. Pilih efek mana yang paling sesuai dengan kebutuhan adegan. Misalnya bila terdapat lampu-lampu pada frame maka efek bokeh big circle bisa membuat lampu-lampu pada background tersebut ikut membangun mood pada adegan.

  1. Rencanakan Shot-mu.

Ketika merekam momen atau membuat konten, seringkali kita gemar merekam tanpa henti sambil terus menggerakkan kamera. Ini seru, tetapi saat ditonton nanti kita menjadi lelah karena objek dalam frame menjadi random terus menerus. Setiap shot yang kita ambil sebaiknya dirancang dengan baik angle, type of shot serta gerak kameranya – sespontan apapun situasinya. Khususnya gerak kamera, jika gerak kamera dirasa tidak memberi kontribusi apa-apa terhadap isi adegan maka perlakukan ia seperti berada di atas tripod, jika adegan selesai atau moment berlalu, cut. Pindahkan kameramu, rencanakan kembali angle, type of shot, gerak kamera, sudah fix? Rekam lalu cut lagi. Move – lock frame – record – cut. Ulangi.

Baca juga : Ini Bedanya Samsung Galaxy Note 10 dan Note 10+

Note10 sudah memiliki fitur Advanced Super Steady, yang merupakan fitur tepat untuk membantu kita menstabilkan rekaman video untuk footage yang lebih stabil dan mulus. Hal ini memudahkan kita untuk melakukan pengambilan gambar tanpa tripod -sestabil mungkin. Fitur ini tentu saja memudahkan kita jika kita ingin membuat kamera bergerak. Tapi pastikan kita merancang gerak kamera dalam shot tersebut.

Note10 juga memiliki fitur Hyperlapse yang bisa turut berfungsi pada fitur Avanced Super Steady, dengan peningkatan sample rate dari 500MHz ke 833MHz, fitur Super Steady bisa menyesuaikan gerakan cepat dan lincah, sehingga menghasilkan video yang lebih smooth dan lebih alami. Hal ini dapat kita manfaatkan untuk menuturkan momen atau adegan tertentu.

  1. Editing adalah penulisan kembali

Saat produksi sesungguhnya kita sedang menulis kembali cerita karena kemungkinan-kemungkinan di lapangan sangat bisa berbeda dari rancangan kita. Begitu pula di tahap editing, ini adalah kesempatan menulis ceritanya kembali menjadi lebih baik. Ini saatnya kita merespon hasil shooting kita dengan energi kreatifitas yang baik.

Proses penulisan ulang ini (editing) sekarang bahkan dapat langsung dilakukan di Note10. Fitur easy editing pada Note10 memberikan kelebihan tersediri karena sesuai dengan gayanya yang spontan, maka video bisa langsung diedit dengan mudah saat itu. Aplikasi video editor juga dapat dimaksimalkan dengan penggunaan S Pen, jadi alih-alih mengetuk dengan menggunakan jari untuk memilih atau mengedit klip, pengguna bisa langsung memilih footage yang tepat untuk diedit menggunakan S Pen dengan lebih akurat.

Untuk mereka yang lebih ingin memiliki banyak variasi dalam editing video, pengguna dapat menggunakan Adobe Premiere Rush pada Galaxy Note10 dengan bantuan S Pen untuk hasil video editing yang lebih variatif dan akurat.

  1. Menjadi Lebih Pro dengan Samsung DeX

Samsung DeX bisa dioptimalkan untuk membantu mengedit foto atau video. Download Samsung DeX pada PC/ Mac, dan sambungkan Note10 Anda hanya dengan kabel USB. Kita juga bisa mengambil foto, video, dan sketsa menggunakan smartphone, dan jika perlu di-edit, bisa diperiksa lagi dengan lebih detail dan mengeditnya langsung dengan Samsung DeX. Beberapa aplikasi editing video dan foto yang sudah terintegrasi dengan Samsung DeX antara lain Adobe Premiere Rush, Adobe Photoshop Sketch, dan aplikasi pendudung produktivitas dan kreativitas lainnya.

1 KOMENTAR