Review Samsung Galaxy M62 – Baterai Tahan 2 Hari, Performa Makin ‘Lari’

GadgetSquad.idSamsung Indonesia kembali meluncurkan seri smartphone terbarunya, yaitu Samsung Galaxy M62. Baterai yang tahan lama menjadi salah satu yang diunggulkan. Bagaimana dengan fitur lainnya? Simak review Samsung Galaxy M62 oleh GadgetSquad berikut ini :

Review Samsung Galaxy M62

Perangkat yang GadgetSquad gunakan untuk review kali ini sudah versi for sale dan masih dalam kondis baru dan tersegel.

Desain

Samsung Galaxy M62 hadir dengan bodi yang terbilang cukup bongsor. Setidaknya dari bobotnya yang sebesar 228 gram cukup terasa saat digenggam. Namun ini bukannya tanpa alasan, lantaran Hp Samsung terbaru ini membawa baterai dengan kapasitas besar.

Untuk bodinya, Galaxy M62 ini menggunakan material plastic glossy di bagian belakangnya . Dan kali ini Samsung mendesain bodi belakangnya dengan finishing garis vertikal berjajar plus efek warna gradasi. Hal ini membawa kesan elegan tersendiri.  Sayangnya, dari review Samsung Galaxy M62 saat menggegam bodinya, teryata mudah meninggalkan bekas sidik jari. Sepertinya ini karena tidak dilapisi lapisan anti-glare.

Terlebih lagi ternyata dalam kotak penjualannya tidak disediakan casing soft case. Namun meski begitu, saat melakukan review Samsung Galaxy M62 ini dengan menggunakannya di berbagai kondisi dalam beberapa hari,  ternyata tidak ditemukan bekas goresan di bodinya.

Baca juga : Review Samsung Galaxy A52 – Harga Kelas Menengah, Tampil Kelas Atas

Pada bodi sampingnya sebelah kiri disematkan ‘laci’ untuk dual simcard dan memori eksternal. Sedangkan di sisi kanannya terdapat tombol volume dan tombol Power yang juga berfungsi sebagai Fingerprint scan.  Disisi bawahnya, disematkan lubang speaker, port USB Type C dan lubang jack audio 3,5 mm.

review samsung galaxy M62 h

Layar

Beralih ke area layar, Hp Samsung terbaruini mengusung layar berukuran 6,7 inci yang terbilang luas untuk menampilkan konten dan untuk bermain game. Apalagi dari review Samsung Galaxy M62 yang kami lakukan, layarnya ini terlihat sanggup menampilkan tampilan yang begitu tajam.

Wajar saja, ini karena layar ini sudah didukung resolusi full HD+  (1080 x 2400 piksel) dan juga teknologi layar Super AMOLED Plus. Dan ini terbukti saat melihat konten foto maupun video, tampilan gambar di layar terlihat tajam dan jernih. Tampilan layar juga tetap dapat dilihat dengan baik ketika digunakan di bawah sinar matahari.

review samsung galaxy M62 d

Begitu pula dengan sentuhan layarnya yang terasa responsif. Namun sayangnya  layar Samsung Galaxy M52 ini memiliki fresh rate masih 60Hz. Sebenarnya dengan fresh rate ini, masih sanggup untuk menjalankan game online atau video berresolusi tinggi dengan cukup mulus. Hanya saja memang beberapa seri smartphone lainnya ada yang sudah lebih dari 60Hz. Misalnya Samsung Galaxy A52 yang sudah memiliki layar dengan refresh rate 90Hz.

Kamera

Samsung Galaxy M62 membawa empat kamera di bagian belakang bodi. Keempat kamera ini terdiri dari 64MP f/1.8 jadi yang utama, kemudian ada kamera 12MP f/2.2 ultra wide-angle, ditambah kamera Depth 5MP f/2.4 untuk efek bokeh serta kamera kamera Macro 5MP f/2.4. edangkan untuk kamera depannya berupa lensa 32MP f/2.2.

Baca juga : Review Samsung Galaxy A32 – Dilengkapi Empat Kamera, Baterai Tahan Lama

Dari review Samsung Galaxy M62 pada fitur kameranya, kamera utama 64MP menjadi jaminan dalam menghasilkan hasil foto berkualitas tinggi. Termasuk saat di malam hari, dengan mode Auto di kamera ini dapat menangkap foto malam dengan hasil yang memuaskan. Belum lagi sudah mendukung OIS (Optical Image Stabiliser) yang berguna saat merekam video dalam keadaan bergerak, agar hasilnya tetap stabil.

Kamera ultra wide-nya sangat berguna ketika kamu ingin mengambil foto dengan jangkauan tangkapan yang lebih luas, terutama untuk kondisi lokasi yang terbatas luasnya. Kamera makro di Galaxy A52 dapat menghasilkan foto jarak dekat yang memuaskan, dengan detil yang terlihat tajam. Dan saat menggunakan mode portrait, kamera Dept di Galaxy M62 dapat menghasilkan foto efek bokeh yang sempurna, dengan pemisahan yang terlihat halus antara objek yang fokus dan latar yang buram.

Saat melakukan review Samsung Galaxy M62 untuk kamera depannya, kamera ini akan secara otomatis menghaluskan permukaan tampilan wajah saat foto selfie. Kamera depan ini pun bisa memotret foto selfie bokeh.

review samsung galaxy M62 e

Untuk perekaman video, pada review Samsung Galaxy M62 ini baik kamera depan dan belakang bisa rekam sampai resolusi 4K 30fps. Saat ingin merekam bisa berpindah dari seluruh sensor kamera yang ada. Ada juga fitur menarik bernama Single Take yang memungkinkan untuk menangkap foto sekaligus video cukup dengan sekali shoot. Yang tidak ketinggalan, saat merekam video juga sudah didukung fitur EIS (electrical image stabilization) yang akan meredam goncangan saat merekam, sehingga hasil video terlihat tetap stabil.

Hasil Foto kamera Samsung Galaxy M62 :

normal
wide angle (0,5x zoom)
10x zoom
foto bokeh
bokeh (color point)

 

Performa

Setelah melakukan review Samsung Galaxy M62, dengan menggunakannya untuk aktivitas sehari-hari, bisa dibilang Hp ini mampu menyajikan performa yang cukup tangguh di kelasnya. Ini terbukti ketika Hp terbaru ini digunakan untuk berbagai aktivitas, mulai dari membuka beberapa aplikasi medsos, seperti IG, TikTok, Facebook, kemudian menonto film di Netflix, menikmati music di Spotify, membuat konten dengan fitur kamera hingga tentunya bermain game online. Semua bisa dilakukan dengan lancar tanpa nge-lag.

review samsung galaxy M62 a

Ini tidak lepas dari dukungan chipset prosesor Exynos 9825 7nm dengan arsitektur CPU octa-core 2-2-4. Chipset ini juga yang digunakan pada flagship Galaxy Note10 series. Untuk sistem operasinya Galaxy A52 sudah mengadopsi Android 11 dengan One UI 3.1. One UI versi terbaru ini menyajikan tampilan antarmuka yang nyaman digunakan. Performa Hp Samsung ini juga didukung RAM 8GB serta kapasitas penyimpanan memori internal sebesar 256GB.

Baterai

Nah, fitur ini yang menjadi unggulan Hp terbaru Samsung ini. Dan pada review Samsung Galaxy M62 yang kami lakukan, dicoba untuk menggunakan Hp Samsung ini untuk berbagai aktivitas sehari-hari sebagaimana yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Dan ternyata meski menggunakan chipset prosesor dengan performa tinggi, ternyata Samsung Galaxy M62 tetap mampu mengatur pemakaian daya dengan baik. Ditambah lagi kapasitas baterainya yang 7.000mAh, terbilang lebih besar dibandingkan kebanyakan Hp lainnya. Dan benar saja, untuk pemakaian yang lumayan sering, baterai Samsung Galaxy M62 ternyata sanggup bertahan hingga 2 hari dari kondisi baterai full hingga habis. Bahkan Samsung mengklaim baterai di Galaxy M62 bisa bertahan selama 33 jam saat Hp digunakan menoton film atau TV series. Jika digunakan untuk bermain game baterai di Galaxy M62 ini bisa bertahan hingga 19 jam.

Dan saat kondisi baterai low-bath, tidak perlu khawatir. Ini karena meski kapasitas baterai besar, tapi karena sudah didukung teknologi Super Fast Charging 25 watt, Samsung Galaxy M62 bisa mengisi baterai hingga dengan hanya butuh waktu dua jam saja. Hebatnya lagi. Galaxy M62 ini juga bisa dijadikan powerbank, dengan fiturWired Power Share C-to-C Cable memungkinkan pengisian daya baterai perangkat lain, langsung dari Galaxy M62.

Kesimpulan Review Samsung Galaxy M62

Dibekali dengan kapasitas baterai besar sanggup tahan lama, performa manrap dengan prosesor berkelas flagship, kapasitas memori ekstra luas, fitur kamera mumpuni dan didesain dengan tampilan yang menarik, itulah beberapa keunggulan dari Samsung Galaxy M62 yang kami sudah rasakan. Hadir dengan pilihan warna Black, Blue, dan Green, Samsung Galaxy M62 ditawarkan dengan harga Rp5.999.000.

 

Samsung Galaxy M62 
Memori  8GB / 256GB
Layar  6,7 inci FHD+ Super AMOLED Plus, Infinity-O Display
Dimensi  163.9 x 76,3 x 9,5 mm
Kamera  Rear Camera: 64MP (f1.8) + 12UW (f2.2) + 5MP (f2.4) + 5MP (f2.4)

Front Camera: 32MP (f2.2)

Perekam Video: UHD 4K (3840 x 2160) | @30fps

Kemampuan Jaringan   GSM / HSPA / LTE
Cakupan Jaringan  2G / 3G / 4G LTE
Jumlah Slot  Dual-SIM + Micro SD Slot up to 1TB
Jaringan Data  3G: HSPA+ 42.2 / 5.76Mbps

4G LTE: 4 | 150Mbps

Spesifikasi Bluetooth  Bluetooth v5.0
Spesifikasi Wireless LAN  Wi-Fi 802.11 b/g/n 2.4GHz
Baterai  7.000 mAh + 25W Super Fast Charging
Warna  Black,  Blue, Green
Sistem Operasi  Android 11.0, One UI Core 3.1
USB  USB Type-C
Fitur Lainnya  Dolby Atmos**