Teknologi USB 4 Bakal Hadir dengan Transfer Rate 40GBps

0

GadgetSquad.id –Teknologi USB 4 terbaru bakal datang dalam waktu dekat. Kabar ini datang dari Intel yang bakal hadirkan USB 4. Teknologi ini akan mengalahkan kecepatan USB sebelumnya yaitu USB 3.2 sampai dua kali lipat.

Teknologi USB 4 Bakal Secepat 40Gbps

Teknologi USB 4 akan datang dengan transfer rate yang sangat cepat, yaitu 40GBps. Setelah sebelumnya USB 3.2 Gen 2×2 menggunakan 2 baris pengoperasian dengan masing – masing speed 10GBps, USB4 ini memakai dua baris pengoperasian yang masing- masing memiliki kecepatan 20GBps.

Baca juga: Sharkoon SKILLER SGH3, Headset Gaming dengan Kartu Suara USB Eksternal

Kecepatan ini akan menyamai transfer rate speed dari Thunderbolt 3 yang dipakai oleh Apple. Isu yang beredar mengatakan bahwa Teknologi USB4  tidak akan mengubah standar USB Port pendahulunya. Sehingga tidak perlu repot untuk mengubahnya, walaupun begitu, kecepatan maksimal dari USB4 akan dapat dicapai hanya dengan Kabel USB–C.

“USB 4 memberi solusi pengguna untuk memberi optimisasi pemindahan data dan display menggunakan single connection dan memperbolehkan dobel performa pada masa depan” kata Brad Saunders, Ketua dari USB Promoter Group.

Baca juga: Ini Dia Flashdisk USB-C 1 TB Terkecil di Dunia

Intel pun mengatakan akan berinovasi dengan transfer rate secepat ini untuk perangkat selain pc. Dengan begitu pengguna tanpa pc dapat merasakan kecepatan 40GBps bandwidth ini. Meski dengan transfer rate yang hampir sama dengan Thunderbolt, fitur yang terdapat pada thunderbolt masih tetap menjadi top-end dengan external graphic dan high resolution displaynya.

Sekarang ini, sudah lebih dari 50 perusahaan telah berpartisipasi pada sertifikasi USB 4 ini yang kabarnya akan di terbitkan resmi pada pertengahan tahun ini.

Baca juga: Produk Pertama Berteknologi USB 3.1 Akan Diluncurkan di CES 2015

Meski begitu, teknologi USB 4  masih jauh ke depan untuk pemakaian para user, kabarnya USB-IF akan memberi waktu dulu untuk USB 3.2 untuk berkembang, dan detail USB4 akan di umumkan pada USB Developer Days Conference pada tahun ini.