Cara Mudah Cek No IMEI, Biar Terhindar Membeli Hp Palsu dan Ilegal

0

GadgetSquad.ID – Walau pengawasan sudah begitu ketat, saat ini peredaran hp ilegal alias black market (BM), masih bisa didapat dengan mudah

Bahkan jika dulu hp BM hanya dijual digerai-gerai konvensional, kini seiring dengan tren belanja online, produk ilegal itu juga seliweran di berbagai online shop.

Memang semua e-commerce memberikan seleksi yang ketat. Tapi tetap saja banyak pedagang yang menjual hp BM, di berbagai e-commerce.

Lalu, bagaimana cara membedakan hp yang kamu beli, produk BM atau resmi?

Cara paling mudah adalah melihat dari garansi. Jika ada hp yang dijual baik itu offline maupun online, memberikan garansi distributor, toko atau garansi internasional, bisa dipastikan smartphone itu produk BM.

Cara lain untuk mengecek legalitas hp, yakni dari nomor IMEI (International Mobile Equipment Identity). Seperti namanya, kode tersebut adalah identitas unik dari perangkat HP secara internasional.

Fungsinya adalah sebagai kode produksi yang membedakan satu perangkat dengan perangkat yang lainnya sehingga tidak ada satupun perangkat yang memiliki imei yang sama.

Kode produksi tersebut juga berguna sebagai indikator untuk mengetahui apakah hp yang kamu beli asli atau palsu.

Untuk mencek IMEI bisa dilakukan dengan beberapa cara. Diolah dari berbagai sumber, berikut cara mudah mengecek keaslian hp melaui no IMEI.

1. Dial USSD
Cara cek IMEI pertama adalah melalui dial USSD. Seperti saat ingin mengecek pulsa, untuk memeriksa no IMEI perlu dial nomor *#06#. Setelah itu, nomor seri IMEI perangkat akan segera ditampilkan.

2. Setting atau Pengaturan Smartphone
Cara cek IMEI yang kedua, yakni melalui setting atau pengaturan di hp. Caranya, pilih menu – setting – cari opsi About Phone atau Tentang Ponsel.

Kemudian, pilih Status lalu IMEI Information untuk mengetahui IMEI smartphone Anda. Jika hp kamu didesain dengan dual kartu SIM, maka IMEI juga akan ganda.

3. Slot Baterai Smartphone
Jika hp kamu baterainya menggunakan sistem removable alias bisa dilepas, untuk melihat IMEI, tinggal matikan hp. Kemudian lepas baterai, nantinys no IMEI akan terlihat pada label slot baterai smartphone kamu.

Sayangnya cara ini hanya diperuntukkan pemilik smartphone dengan baterai non tanam.

So, tunggu apalagi segera cek legalitas hp kamu!!