Tips Mengatur Fitur Keamanan FaceID Pada iPhone

iPhone x

GadgetSquad.id – Pembatasan sosial berskala besar atau lockdown di beberapa negara selama pandemi virus corona memaksa masyarakat untuk lebih banyak beraktivitas seperti bekerja, bermain, dan belajar di rumah. Meskipun aktivitas sekarang agak membosankan, tapi berada di luar, di dekat banyak orang juga terkadang membuat kita semua khawatir mengenai privasi, terutama pada saat menggunakan ponsel.

sponsored

Ada beberapa cara membuat sistem keamanan dalam penggunaan smartphone agar aman, salah satunya kunci layar yang terdiri dari pola, kode, serta sidik jari, atau jika memakai iPhone ada TouchID dan FaceID. Bagi pengguna iPhone, Face ID difasilitasi kamera True Depth yang membuat peta wajah Anda dan memahami perubahan yang mungkin terjadi seiring waktu.

Alat ini dapat mengidentifikasi pola wajah yang berbeda, termasuk yang berjenggot atau yang dicukur rapi, dan banyak lagi. FaceID tidak hanya dapat diandalkan, tapi penggunaannya cukup cepat. Untuk mengaturnya, Anda harus melakukan beberapa langkah untuk mengaktifkan khususnya pada iPhone X, iPhone XR, iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone 11, iPhone 11 Pro , dan iPhone 11 Pro Max.

India Today, baru-baru ini melaporkan, untuk mendaftarkan wajah Anda, cukup buka kunci iPhone dan dengan cepat masuk ke ‘Pengaturan’. Kemudian, cari pilihan FaceID di kotak pencarian dan Anda akan diperlihatkan hasilnya. Ketuk ‘FaceID & Kode Sandi’ dari hasil pencarian.

Setelah itu, Anda akan diminta untuk mengetuk Atur FaceID, lalu diikuti dengan ketukan pada ‘Memulai’. Langkah ini membutuhkan otorisasi melalui kode sandi yang sudah dimasukkan. Jika Anda tidak memiliki kode sandi, Anda diwajibkan untuk membuatnya, karena ini akan bertindak sebagai metode otentikasi cadangan jika FaceID gagal, ponsel di-restart, atau tidak dikunci dalam 48 jam terakhir.

Setelah melewati semuanya, iPhone akan menyalakan kamera depan dan menampilkan lingkaran di layar. Kemudian langkah selanjutnya adalah mendaftarkan wajah Anda, jaga jarak wajah setidaknya 10 inci dari layar untuk pemetaan yang tepat. Jaga agar wajah Anda tetap di tengah dan putar dengan gerakan melingkar kecuali jika garis putih di luar lingkaran berubah menjadi hijau.

Proses ini akan diulangi dengan cara yang sama. Juga, perlu diingat bahwa jika Anda memakai kacamata secara normal, kenakanlah saat memindai wajah Anda. Meskipun FaceID cukup cerdas untuk mengidentifikasi wajah Anda dengan atau tanpa kacamata, tapi ini disarankan.

Sekarang, Anda telah berhasil mengatur FaceID di iPhone Anda. Anda dapat mengunci iPhone dan menahannya di depan wajah Anda, lalu iPhone akan terbuka segera setelah layar menyala. Untuk masuk ke layar beranda, Anda perlu menggeser layar ke atas dari bawah.

FaceID juga mendukung banyak aplikasi untuk keamanan. Aplikasinya termasuk aplikasi perbankan, Google Pay, PhonePe, dan CRED. Fitur keamanan ini juga merupakan mode otentikasi untuk Apple Pay, tapi belum bisa digunakan di semua negara.