Tips Memotret dari HP untuk di Unggah ke Instagram

1
TIME.com stock photos

Instagram, aplikasi sosial media untuk memamerkan foto-foto. Berikut adalah Tips Memotret dari HP untuk di Unggah ke Instagram supaya foto kamu di Instagram jadi lebih keren.

Indonesia memiliki pengguna Instagram paling terbesar se-Asia Pasifik, yakni 45 juta pengguna. Tapi kok jika dilihat banyak yang asal masukin foto di instagram lho. Kini memotret memang mudah dengan menggunakan hp. Tapi banyak dari pengguna instagram nampaknya mengunggah foto yang dan kurang maksimal seperti tidak fokus dan gelap. Yuk Tips Memotret dari HP untuk di Unggah ke Instagram, supaya bisa mendapatkan hasil jepretan yang keren.

Maksimalkan fitur kamera

Kini banyak hp yang memiliki fitur kamera yang keren dan lengkap, bahkan sudah dibekali dengan kamera ganda. Dengan fitur yang ada kamu bisa menutak-atik fitur- fitur yang ada sebelum memutuskan membidik objek.

Mainkan Fokus

Kebanyakan hp sekarahg punya fitur autofokus di kameranya. Tapi kadang fokusnya tidak sesuai yang diinginkan. Coba mainkan sedikit fokus, Fitur fokus ini bisa membantumu dapetin foto yang bagus. Karena fitur in bisa menghasilkan efek foto mirip kamera SLR. Bidikkan kamera ke objek, kemudian untuk latar objeknya bisa buat untuk tidak fokus, sehingga kelihatan efek bokeh dan blur.

Pakai mode manual

Coba sesekali coba gunakan pengaturan manual. Di pengaturan manual ada menu yang bisa otak-atik. Seperti pada fitur exposure. Anda bisa mengatur secara manual untuk mengompensasi tampilan kamera saat hendak membidik objek itu ke arah terang atau gelap.

Pakai Lampu flash Seperlunya

Lampu Flash meman membantu untuk memberikan pencahayaan pada objek pada kondisi gelap. Tapi tidak selamanya disaat yang gelap harus menggunakan lampu flash. Karena pengunaan lampu flash bisa membuh hasil foto kurang natural. Pastikan ambil foto dari jarak yang sedang. Penggunaan flash jarak jauh tidak akan maksimal, apalagi terlalu dekat bakal bikin objek kurang detail.

Gunakan Fitur High Dynamic Range (HDR)

Hp sekarang sudah banyak yang gunakan Fitur HDR. Fitur ini bantu banget buat kamu yang mau dapetin foto di lokasi minim pencahayaan. Mode HDR berfungsi untuk menyesuaikan kondisi terang dan gelap kamera hp. Dengan memanfaatkan mode HDR, hasil jepretan foto memiliki pencahayaan yang lebih baik bila dibandingkan tanpa mode ini.

Baca Juga  Powerbank Rusak dan Lama Dicas? Ini Sebabnya

Hindari zoom

Hp saat ini kebanyakan masih menggunakan digital zoom, zoom ini kurang bagus untuk diimplementasikan. Jadi jangan pakai fitur zoom. Tidak sedikit hasil foto yang zoom jadi tidak fokus. kJika jao mau ambil dekat sebaiknya mendekati objek tersebut.

Gunakan pencahayaan sekitar objek

Manfaatkan pencahayaan yang ada disekitar objek bisa menjadi alternatif dibandingkan menggunakan lampu flash. Pencahayaan tersebut bisa berupa bisa dari lampu jalan, lampu mobil, sepeda, atau apa aja yang membuat objek fotomu terkena cahaya. Dengan teknik ini bisa menghasilkan foto siluet, lho.

Bidik objek gelap dengan yang dekat dengan sumber cahaya

Memanfaatkan pantulan cahaya dari sumber cahaya ke objek foto bisa membuat foto lebih oke. Sehingga bisa membidik objek sumber cahayanya sendiri. Seperti jalan dengan punya lampu-lampu jalan atau gedung-gedung dengan lampu warna-warni. Foto jadi lebih hidup, dan natural.

Funakan fitur Black and white

Coba ambil foto hitam-putih (BW). Fitur ini bisa digunakan sebagai alternatif teknik untuk menghasilkan foto yang keren jika menemukan kondisi minim cahaya. Dengan foto ini maka foto kamu akan nampak klasik dan berkelas. Efek ini juga ngebantu banget menghilangkan noise warna yang terlalu mencolok sehingga membuat foto jernih lebih baik.

Manfaatin aplikasi editing

Jika hasil foto kurang sempurna, gunakan aplikasi edit foto. Cara ini adalah cara terakhir supaya hasil jepretan tampak sempurna. Anda bisa gunakan buat menyempurnakan bagian-bagian yang masih kurang dari jepretan. Semakin sedikit yang harus diedit, artinya kualitas foto anda semakin bagus. Ada bnayak fitur di aplikasi edit foto yang bisa kamu manfaatkan, seperti: crop, exposure, contrast, sharpen, saturation, fade, dan lainnya.

Dengan Tips Memotret dari HP untuk di Unggah ke Instagram anda bisa mendapatkan medapatkan foto yang instagramable.