Mudahnya Simpan atau Download Video Instagram (IG)

0

Instagram tidak memiliki fitur bawaan untuk simpan atau download video. Kali ini Gadgetsquad kini akan berikan cara mudah simpan atau download video Instagram secara lengkap. Cara ini dilakukan baik dengan aplikasi tanpa apliasi atau bahkan tanpa koneksi internet.

Download Video Instagram

Instagram atau yang bisa disebut dengan IG memang sudah menjadi satu media sosial sangat populer di Indonesia. Layanan jejaring sosial ini sekarang memilik pengguna aktif setiap harinya.

Media sosial yang awalnya berbasis foto ini juga juga memiliki kemampuan untuk memposting video di feed. Namun untuk simpan dan dowload video Instagram pengguna haru menggunakan trik khusus.

Berikut ini adalah beberapa tips dan trik bagaimana mudahnya simpan atau download video instargam ke galeri maupun ke memori internal di hp.

Baca Juga: 2 Fitur Baru Instagram yang Harus Kamu Coba

Berikut ini adalah langkah-langkah cara download atau simpan video di IG (instagram) dibawah ini:

Cara simpan atau download video instagram tanpa aplikasi

Saat ini ada beberapa situs menyediakan layanan untuk simpan dan download video instagram. Seperti menggunakan web seperti PostGraber, IFTTT, downloadinstagramvideo dan Dredown atau downloadgram.com.

Kali ini akan kami berikan tipsnya dengan menggunakan downloadgram.com. Caranya dari instagram kamu, copy link video yang ingin didownload. Utuk meng-copy klik 3 titik yang letaknya disamping kanan atas video, kemudian pilih Copy Link.

Baca Juga: Begini Cara Bikin Teks di Instagram Stories Lebih Menarik

Setelah itu buka situs downloadgram.com melalui browser (seperti Google Chrome atau Mozilla Firefox). Lalu paste atau salin link video ke kolom yang tersedia, dan klik tombol Download dan ikuti perintahnya. Setelah itu Video akan terdownload secara otomatis.

Sejatinya dari beberapa situs tersebut caranya berbeda-beda dan memiliki perbedaan fitur. Seperti pada PostGrabber yang tidak terbatas hanya mendownload satu item dari sebuah postingan saja. Ini sangat berguna jika kmau ingin download beberapa foto atau video dari satu pos Instagram. Seperti video yang diupload dengan fitur slideshow Instagram.

Sedangkan untuk situs IFTTT adalah mengotomatiskan seluruh proses pengarsipan. Pertama, kamu harus menyiapkan akun Dropbox dan IFTTT.

Lalu untuk situs DreDown memungkinkan kamu download video Instagram dari pengguna pribadi. Hanya dengan beberapa ketuk saja, kamu juga dapat menyimpan video.

Cara simpan atau download video instagram dengan Aplikasi

Lebih mudah lagi dengan menggunakan aplikasi di hp. Saat ini memang banyak aplikasi di Google playstore yang menyediakan ungsi untuk simpan atau download video instagram sebut saja QuickSave, downloader, InstaSave for Instagram dan lainnya

Kali ini kami gunakan adalah aplikasi downloader. Caranya kamu bisa meninstall dulu aplikasi downloader di Google playstore. Buka Instagram dan pilihan feed video yang akan di download. Lalu pilih 3 titik yang letaknya disamping kanan atas video, kemudian pilih Copy Link.

Baca Juga: Cara Mudah Menggunakan Instagram di PC atau Laptop

Setelah itu buka aplikasi Video Downloader for Instagram yang barusan diinstall. Pastekan link video instagram pada kolom yang telah disediakan. Lalu video akan terdownload secara otomatis. Kamu bisa melihat file videonya di folder InstaDownload.

Cara simpan atau download video Instagram tanpa internet alias Offline

Cara ini sangat sederhana bahkan tidak memerlukan internet alias Offline. Kamu juga tidak perlu melakukan Root di hp. Harena hanya menggunakan history cache yang tersimpan di hp.

Pertama kamu harus menonton video sampai selesai, supaya tersimpan secara sempurna pada cache. Pilih video mana yang ingin di download, lalu tonton sampai video tersebut selesai.

Baca Juga: Begini Cara Pasang Stiker GIF Instagram Stories

Selanjutnya buka folder system melalui directory manager>File Manager. Lalu save pada memori internal>SD Card tergantung dimana kamu ingin menyimpan dan buka folder Android.

Kemudian buka folder Data, lalu buka folder instagram.android. Buka folder Cache buka file video, lalu rubah file .0 menjadi .mp4 sesuai kamu kamu inginkan

Kamu akan dihadapkan pada file cache. Selanjutnya cari file terbaru dan ubah nama video tersebut dalam format .MP4 atau format video lainnya yang diinginkan.

Nah dengan tiga cara diatas, kamu sekarang punya beberapa alternatif banyakmana mudahnya simpan dan download video instagram atau IG. Tapi jangan lupa ya, jika ingin merepost video tersebut sertakan copyright supaya kamu bis amenghargai karya orang lain.

Selamat mencoba