GadgetSquad.id  – Selain Realme 2 dan Realme 2 Pro yang menyita perhatian industri smartphone tanah air karena berhasil memecahkan rekor penjualan secara online, Realme memiliki satu produk yang juga diperkenalkan pada peluncuran resminya 9 Oktober lalu, yakni Realme C1. Dan berikut review Realme C1 :

review realme c1

Di perkenalkan di Indonesia untuk menggarap segmen low-end Realme C1 memiliki title sebagai “Raja” entry level yang menawarkan spesifikasi unggulan seperti layar besar, kapasitas baterai besar, desain stylish serta memiliki prosesor Snapdragon 450.

Review Realme C1 yang dilakukan, bisa dibilang Hp ini mengusung spesifikasi yang jauh unggul dari kompetitornya yang memiliki harga yang serupa. Smartphone ini mengusung layar 6,2 inci dengan resolusi layar HD+ berasio 19:9 dan sudah mengadopsi prosesorSnapdragon 450 1.8 GHz.

Menjadikan Realme C1 sebagai smartphone dengan harga termurah saat ini yang sudah menggunakan SoC Snapdragon 450 octa-core dari Qualcomm. Sedangkan untuk memori, smartphone ini dibekali dengan RAM 2 GB dan internal storage 16 GB.

Baca juga : Ini Yang Bikin Realme 2 Lebih Unggul Dibandingkan Xiaomi Redmi 6

Baterai dan Layar

Keunggulan smartphone ini terletak pada aspek ketahanan baterai serta layar yang luas jika dibandingkan dengan produk di rentang harga yang sama, Realme C1 memiliki kapasitas baterai yang sangat menarik yakni 4230 mAH. Pengguna dapat menggunakan smartphone ini sebagai dailydriver yang memberikan keleluasaan untuk multi-tasking, bermain game, mengambil foto atau memutar video seharian tanpa takut baterai akan cepathabis.

Dalam penggunaan review Realme C1 selama satu minggu ini, penggunaan baterai Realme C1 kurang lebih bisa di ringkas seperti ini:

Battery life of call44 jam (normal network call, tanpahands-free)
Music Playing18 jam (terkoneksi Wi-Fi)
Video Playing15 jam (terkoneksi Wi-Fi)
Game Playing10 jam (terkoneksi Wi-Fi)
Battery life saatdigunakanuntukbrowsing Internet18 jam (terkoneksi Wi-Fi, hanyaweb browsing dan di update selama 10 detiksekali)

Menariknya, Realme juga telah memberikan fitur AI Power Manager, yang notabene telah ada di Realme 2 dan Realme 2 Pro. Fitur ini cukup memberikan keleluasaan pada sistem untuk mengoptimalisasi konsumsi daya dari aplikasi dan juga mengontrol jumlah inti prosesor untuk menghindari daya yang terbuang secara berlebih (power waste)

Dari segi layar, dari review Realme C1 yang dilakukan tidak terlihat seperti smartphone dengan harga dibawah Rp 2 juta. Realme C1 merupakan smartphone pertama dikelasnya yang hadir dengan layar notch 6.2 inci berasio 19:9 atau 88.8% serta memiliki resolusi HD+ atau 720 x 1520 p. Untuk ukuran bezel, Realme C1 terhitung memiliki bezel tipis dengan ukuran screen to body 2.05mm.

review realme c1

Performa

Untuk performa smartphone Realme C1, Snapdragon 450 bukanlah chipset lemot. Performanya sangat mencukupi untuk berbagai kebutuhan dan jenis aplikasi. Chipset ini memiliki CPU Octa-Core 1.8 GHz dan menggunakan GPU Adreno 506. Hasil pengujian menggunakan benchmark AnTuTu, Snapdragon 450 pada Realme C1 bisa mendapatkan score rata-rata 56.000, hampir menyamai SoC Snadragon625.

Pada review Realme c1 uji Geekbench 4, skor nya juga cukup tinggi, dengan performa 781 pada singlecore dan 3663 pada multi-core. Selain itu, performa Snapdragon Realme C1 yang memiliki CPU Octa-Core 1.8 GHz ini juga memiliki kelebihan mempercepat kinerja grafis dengan konsumsi daya yang minim.

review realme c1

Kapasitas

Realme C1 dibekali dengan RAM berkapasitas 2GB. Sedangkan memori internalnya kapasitasnya sebesar 16 GB. Kamu juga bisa menambah kapasitas memori dengan kartu MicroSD hingga kapasitas 256 GB.

Menariknya, Realme C1 dilengkapi dengan pengingat uninstall aplikasi untuk aplikasi yang jarang dibuka pada periode waktu tertentu jika pengguna membutuhkan ruang memori yang lebih luas

Selain slot Micro SD, juga disediakan slot SIM card yang mendukung akses 4G dan dual VoLTE. Jadi total ada 3 slot yang disediakan ( 2 slot simcard +1 memori card). Untuk jenis slot simcard yaitu Nano SIM .

Desain

“Desain” adalah ibarat DNA bagiRealme. Kita bisa bilang bahwa desain dari Realme C1 ini cukup menarik perhatian karena memiliki look yang premium. Pada Realme C1, Realme telah mendesaindengan sebutan 12 lapisanlaminasi nanoscale, 2.5D back plate,untuk build quality yang lebih kuat, dan lebih tahan terhadap goresan.

Electroplated rear cover memastikan permukaan yang menawan dan lembut,dengan konduktivitas yang lebihbaik dan tahan panas. Ink printing memberikan efek 3D yang memukau. Elegant microarc dengan lekukan yang lebih besar di bagian tengah memberikan keseimbangan estetika dan kenyamanan genggaman. Untuk ketersediaan warna, Realme C1 hadir dalam dua warna, Mirror Black & Navy Blue.

Kualitas Foto

Kami tidak memilki ekspektasi yang tinggi terhadap kualitas kamera dari Realme C1. Namun, kualitasnya sungguh mengejutkan. Dengan dual camera 13 MP + 2 MP untuk kamera belakang, Realme C1 memberikan kualitas gambar yang jelas dan tajam. Cukup bagi kita untuk bisa memajang hasil-hasilnya di sosial media.Berikut adalah hasil jepretan kamera depan dan kamera belakang dari Realme C1:

Fitur-fitur lain

Meskipun dijual pada segmen low-end, Realme C1 masih memiliki kelengkapan fitur yang cukup mengejutkan. Beberapa diantaranya adalah AI Facial Unlock, mode smartlock, AI Beauty dalam kamera dan smart image editing. Menurut kami fitur ini cukup membantu dan sangat dibutuhkan oleh smartphone smartphone zaman sekarang. Apalagi, Realme C1 memang dikhususkan untuk menyasar kaum muda.

Sebagai informasi tambahan, dalam waktu dekat, Realme C1 akan dipasarkan pertama kali secara resmi melalui Lazada pada tanggal 30 Oktober 2018 pukul 11:00 WIB.

Dimensions/Weight
Height  156.2mm
Width75.6mm
Thickness   8.2mm
Weight     168g
Basic Parameters
ColorMirror Black & Navy Blue
Operating SystemColorOS 5.1, based on Android 8.1
ChipsetQualcomm Snapdragon 450
CPUOcta-Core 1.8Ghz, 14nm
GPUAdreno506
RAM2GB
Storage16GB (Support microSD card up to 256 GB)
Battery4230mAh
Card slot designDual nano-SIM + microSD card
UnlockFacial unlock,Smart Lock
Display
Size6.2 inches, 88.8% screen-to-body ratio
Resolution1520*720 pixels, 19:9 Aspect Ratio (~271 ppi density)
Screen Colors16.7 million colors
Camera
Sensor TypeCMOS
Front Camera5MP
Rear Camera13MP+2MP
Aperture RearF2.2+F2.4
Aperture FrontF2.2
Video Mode1080P, 720P
Characteristic function for photographAI Beautification 2.0, Front Camera HDR, Bokeh Mode
Connectivity
SIM Card TypeDual nano-sim cards, microSD expansion, Dual VoLTE
Sound effect typeReal HD Sound
GPSSupported
BluetoothSupported
Wi-FiSupported
NFCNot available
OTGSupported
SensorsLight Sensor, G-sensor, Acceleration sensor,
Magnetic induction, Proximity Sensor