3 Hp Huawei Ketauan ‘Curang’ Ngakalin Hasil Bechmark

Huawei kembali ketauan ‘bermain curang’. Setelah sebelumnya vendor asal Tiongkok ini ketauan mengakali hasil foto kamera Hp Huawei Nova 3 pada iklannya, yang ternyata diambil menggunakan kamera DSLR. Kali ini vendor berlogo kipas merah ini ketauan sengaja meningkatkan hasil pengukuran performanya dengan cara yang ‘tidak alami’.

Hp huawei

Seperti dilansir dari situs AnandTech, Hp Huawei seri P20 sengaja dikulik agar bisa memiliki hasil performa maksimal terutama ketika diukur menggunakan aplikasi 3D Mark.

Belakangan pengembang 3Dmark memberikan pengakuan. Sebagaimana dikutip dari The Verge, menurut 3DMark  bahwa telah ditemukan kecurangan pada pengukuran 3Dmark pada Hp Huawei P20 dan 2 seri Hp Huawei lainnya yaitu P20 Pro dan Nova 3. Selain itu juga ditemukan hal serupa pada Hp Honor Play. Selanjutnya keempat seri Hp tersebut sementara waktu akan ‘dikeluarkan’ dari daftara pengukuran hasil kinerja 3Dmark.

Adapun kecurangan yang terjadi yaitu dengan ‘memaksa’ GPU (Graphic Prosesor Unit) untuk bekerja lebih Terutama ketika Hp tersebut mendeteksi ada aplikasi benchmark yang sedang berjalan. Dengan cara yang memaksa tersebut, membuat hasil benchmark mampu melebihi batas tenaga  yang dianjurkan untuk performa Hp digolongkan aman, baik dari sisi ketahan performa dan daya tahan baterai.

Baca juga : Adu Hasil Foto Kamera Huawei P20 Pro vs Samsung Galaxy Note 9

Bisa dibilang dengan kata lain Huawei sengaja memasukan semacam software khusus untuk menjalankan Performance Mode, begitu Hp mendeteksi ada aplikasi benchmark yang sedang berjalan melakukan pengukuran.

Cara yang yang dilakukan Huawei tersebut ternyata tidak diperbolehkan. Karena seharusnya biarkan apliaksi benchmark bekerja pada Hp yang berjalan normal. Bukan justru ketika ada aplikasi benchmark yang sedang berjalan, maka Hp akan secara otomatis berusaha meningkatkan performanya.

Kecurangan yang dilakukan Huawei ini ketauan, ketika pengembang 3Dmark yaitu UL melakukan tes ulang pada Hp Huawei tersebut menggunakan aplikasi 3Dmark milik internal atau yang tidak bisa digunakan publik. Ternyata hasilnya jauh berbeda, justru hasil kinerjanya jauh dari pengukuran sebelumnya. Sebagaimana terlihat pada gambar berikut ini :

Dari grafik di atas, terlihat Huawei P20 Pro memiliki skor hasil benchmark sebenarnya yaitu 1930 poin. Sedangkan skor sebelumnya yaitu 2988 poin. Begitu juga dengan Huawei Nova 3 yang skor aslinya yaitu 1.534 poin, berbeda dengan skor sebelum dilakukan pengukuran ulang, yaitu 2.917 poin. Situs Anandatech juga menemukan Hp P20 juga sengaja ditingkatkan skot kinerjnaya, meski belum ada skor hasil benchmark yang dirilis. Selainitu hal yang sama juga terjadi pada Hp Honor Play.

Baca juga : Jangan Salah! Ini 8 Perbedaan Huawei Nova 3i dan Nova 2i

Setelah ketauan bermain curang, pihak 3DMark menghapus hasil kinerjanya Hp Huawei tersebut dari aplikasinya, sekaligus mengeluarkan Hp tersebut dari ranking pengukuran 3DMark.

Sebenarnya tidak hanya Huawei saja yang pernah ketauan berbuat curang. Beberapa vendor lain juga pernah melakukan hal yang kurang lebih mirip. Seperti Samsung yang pernah ketauan melakukan hal yang sama pada salah satu seri Hp nya di 2013. Serta tahun 2017 lalu OnePLus juga kepergok melakukan kecurangan