Ini Bantahan Huawei Menanggapi Tuduhan Berbuat Curang

GadgetSquad.id – Ada 3 Hp Huawei yang diduga berbuat curang dengan mengakali hasil skor benchmark. Hal tersebut diketahui setelah pihak aplikasi 3DMark menemukan adanya ‘aktifitas tidak biasa’ pada beberapa Hp 3 Hp Huawei dan 1 Hp Honor ketika melakukan pengukuran benchmark . Sehinga membuat skor benchmark menjadi lebih tinggi dari seharusnya.

huawei curang

Menanggapi tuduhan Huawei curang, pihak Huawei pun buru-buru memberikan klarifikasi. Sebagaimana dilansir dari Android Authority, Huawei memberikan pernyataan terkiat kejadian tersebut. Adapun isi pernyataan tersebut yaitu :

“Huawei selalu memprioritaskan pengalaman pengguna (user experience) daripada mengejar raihan skor benchmark. Apalagi sebenarnya tidak ada koneksi langsung antara benchmark smartphone dengan user experience.

Baca juga : 10 Alasan Bikin Kamu Pengen Beli Huawei Nova 3i

Smartphone Huawei menggunakan teknologi canggih seperti AI (Artificia Intelligence) untuk mengoptimalkan performa dari hardware, termasuk CPU, GPU dan NPU.

Ketika pengguna membuka aplikasi fotografi atau bermain game dengan tingkat grafis yang tinggi, Software pintar Huawei akan menjaga user experience agar tetap stabil dan berjalan dengan mulus.  Yaitu dengan cara mengaplikasikan kemampuan terbaik dari hardware yang ada di dalam smartphone tersebut. Selain itu juga secara bersamaan software tersebut mampu mengatur temparatur dan penggunaan power dari smartphone secara efisien.

Untuk aplikasi yang tidak membutuhakn tenaga yang besar, seperti browsing di web, software ini akan mengalokasikan kemampuan hardware sesuai yang dibutuhkannya saja namun tetap mampu membuat aplikasi tersebut berjalan dengan lancar.

Pada pengukuran benchmarking yang normal, ketika software pintar Huawei mengenali ada aplikasi benchmark yang berjalan, maka secara otomatis akan membuat smartphone beradaptasi dengan berjalan pada Performance Mode. Dengan kata lain smartphone akan menjalankan performanya secara maksimal.

Huawei memang berencana akan memberikan akses kepada pengguna untuk bisa menjalankan Performance Mode ini. Sehingga pengguna bisa mengatur dan menggunakan Performance Mode ketika memang sedang dibutuhkan.

Huawei sebagai salah satu vendor teratas di industri smartphone, selalu berusaha untuk bekerjasama dengan semua partner untuk menemukan standard benchmark terbaik.  Sekaligus mampu mengevaluasi dan mengetahui user experience dengan akurat.”

Baca juga : Adu Hasil Foto Kamera Huawei P20 Pro vs Samsung Galaxy Note 9

Namun sudah memberikan klarifikasi, pihak 3DMark tetap menjatuhkan ‘hukuman’ akibat Huawei curang. Hukuman tersebut diberlakukan kepada 3 Hp Huawei dan 1 Hp Honor. Yaitu berupa dikeluarkan dari daftar Hp benchmark dan skor benchmark-nya dihapus.