Android P Resmi Disebut dengan Nama Pie

android pNama Android P sejak lama jadi teka-teki. Sistem operasi Android penerus dari Oreo tersebut kini resmi sudah punya nama, yakni Pie. Google juga sudah resmi memberikan nama baru untuk sistem operasi Android 9.0, yakni Android Pie.

Android Pie akan terfokus pada peningkatan kemampuan penghematan daya pada perangkat. Selain itu, pembaharuan lainnya juga akan dibarengi dengan peningkatan performa terutama pada kecepatan, demikian dilansir Dikutip dari CNET.

Menariknya, seperti tren smartpphone saat ini yang sudah dibekali dengan Artiticial Inteligence, Google juga menyertakan teknologi kecerdasan buatan pada Android Pie.

Sistem yang sebelumnya disebut-sebut sebagai Android P ini juga sudah mendukung kehadiran poni yang banyak dimiliki hp Android saat.

Baca Juga: Fitur baru Android P (Pie) 9.0

Android Pie juga akan memiliki fitur yang mirip iPhone X, yakni navigasi sederhana berbasis gestur. Dengan begitu pengguna akan mempermudah pengguna untuk kembali ke halaman depan, berpindah aplikasi, atau membuka Google Assistant. Karena semua dapat dilakukan dengan satu tombol Home.

Kehadiran Android P

Hadirnya Android P sejatinya sudah diumumkan sejak ajang Google I/O Mei 2018. Tidak lama berselang ajang tersebut, Google sudah memberikan versi beta untuk para developer.

Sebelumnya, VP Engineering Android Dave Burke sudah memberikan teaser, bahwa Android P memiliki tiga tema, yakni cerdas, sederhana, dan sangat digital.

Salah satu fitur yang paling penting pada Android P adalah App Actions. Fitur ini bisa memprediksi tindakan yang biasa dilakukan oleh penggunanya . Selain itu, fitur ini juga bahkan bisa digunakan oleh pengembang untuk meningkatkan kemampuan aplikasi mereka sehingga bisa membuat konten lebih mudah diakses. Dengan fitur ini akan membuat pengguna dapat melakukan banyak tindakan dengan cepat. Menariknya fitur App Actions dapat berlaku berapa aplikasi, seperti Google Assistant, Google Play, Google Search dan launcher Android.

Android P juga hadir dengan fitur bernama Slice. Fitur ini mampu menampilkan antarmuka aplikasi di dalam hasil pencarian Google Search termasuk Google Assistant.

Seperti nama Android versi sebelumnya yang menggunakan nama-nama mekanan, jelas menjadi teka-teki warganet. Bahkan sebelumnya banyak nama telah muncul seperti Pancake hingga Pistachio