Awas! Sekitar 227 Ribu-an Malware Berkeliaran Setiap Hari

1
Image Credit: The Register
Image Credit: The Register

Setelah membaca artikel ini, sepatutnya Anda lebih waspada. Pasalnya, sebagaimana diungkap perusahaan keamanan, PandaLabs, disebutkan jika ada 227.747 malware baru berkeliaran setiap harinya. Artinya, dalam setiap menit ada sekitar 158 malware yang diciptakan dan sengaja diumbar untuk menginfeksi perangkat pengguna.

Selain fakta di atas, PandaLabs juga menemukan bahwasanya sebanyak 20 juta sampel malware diciptakan selama kuartal ketiga tahun ini. Dari julmlah itu, ternyata 75% merupakan walware berjenis Trojan. Sementara 9% di antaranya terindentifikasi sebagai virus, dan empat persen merupakan worm.

Khusus untuk malware berjenis Trojan, sebagaimana dilansir The Register, malware jenis ini telah meningkat sebanyak 13% dalam waktu tiga bulan terakhir. Hal tersebut bahkan mengalahkan jumlah virus yang jatuh hingga 10% dalam periode yang sama.

Pihak PandaLabs diwakili oleh seorang direkturnya, Luis Corrons, menyatakan bahwa dalam waktu tiga bulan terakhir banyak perusahaan besar tersandung dengan sejumlah skandal, termasuk ‘celebgate’, di mana foto-foto telanjang milik aktris dan model yang disimpan di layanan Apple iCloud bocor, atau dicurinya password Gmail dan Dropbox.

Adapun jika membahas negara mana yang terinfeksi malware tertinggi, pertama adalah China yang disusul kemudian oleh Peru dan Bolivia. Sasaran malware secara umum juga mengincara pengguna korporat.

So, jika mencontoh tagline sebuah berita kriminal yang dulu pernah eksis di TV swasta bisa disebut bahwa ‘Kejahatan cyber bukan hanya terjadi karena niat sang pembuat malware, tetapi karena kekurangwaspadaan kita terhadap kemungkinan terjangkit malware di perangkat kita’.  [Joe]

1 KOMENTAR