Gara-gara Pilpres, Harga Hape Naik, Jual Beli Ponsel jelang Lebaran Lesu?

GadgetSquad.ID – Tak terasa bulan Ramadan telah memasuki pertengahan. Nah, jika sudah mendekati akhir puasa, biasanya para pekerja sudah ada yang mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR).

Berbicara THR, biasanya dana tersebut sering digunakan untuk membeli hape baru di hari raya.

Bagaimana kondisi perdagangan hape jelang hari raya Idul Fitri tahun ini?

Menurut Hakim, pemilik Khalulistiwa Cell, menilai, kondisi pasar hape jelang hari raya, tidak terlalu bergairah seperti biasanya. “Setau saya, sudah banyak pekerja yang THR-nya sudah cair. Tapi sepertinya mereka belum tertarik membeli hape baru,” tuturnya

“Mungkin juga mereka sedikit menunggu, melihat kondisi harga atau diskon-diskon menarik, yang biasanya ada menjelang hari raya,” tegas pria, yang berdagang di area Mal Ambasador.

Masih di area Mal Amabasador, Budi dari Partner Plaza menilai, aktivitas jual beli hape yang belum terlalu semarak jelang hari raya, tidak lepas dari kondisi keamanan usai Pemilihan Presiden.

“Saya lihat isu keamanan usai Pilpres, membuat user menahan diri. Tapi saya yakin, jika situasi normal daya beli akan kembali membaik,” tuturnya beranalisis.

Terkait dengan hape yang jadi primadona, semasa Ramadan dan jelang hari raya, Imron, salah satu pegawai Partner Plaza, menginfokan, jika brand-brand utama masih mendominasi.

“Samsung, Oppo, Vivo, Xiaomi hingga Asus, masih menjadi incaran konsumen. Di segmen menengah atas hingga premium, Samsung, Oppo dan Vivo masih jadi primadona.”

“Di segmen menengah, Samsung juga mulai mendapat tempat, kemudian ada Asus, Xiaomi hingga Realme. Untuk masalah sejauh terbilang stabil,” tukas Imron.