Jangan Dulu Dibuang, Deretan Modem Bolt Ini Bisa Pakai Nomor Operator Lain

0

GadgetSquad.ID – Akibat terlilit hutang, Kementerian Komunikasi dan Informatika resmi mencabut izin penggunaan frekuensi 2,3 GHz PT Internux. Akibat keputusan tersebut, sejak 28 Desember 2018 lalu dengan berat hati Bolt, resmi menghentikan layanan di Indonesia. Akibatnya ada yang menganggap modem Bolt yang dimiliki sudah tidak bisa dipakai lagi. Eiiit..jangan buru-buru dibuang!

modem bolt

Meski sudah tidak beroperasi, kamu sebaiknya jangan dulu membuag perangkat modem Bolt. Pasalnya beberapa perangkat modem milik Bolt tersebut bisa di oprek menggunakan operator lain. Bolt telah menyediakan mekanisme unlock dengan menggunakan software resmi yang telah tersedia.

Dari 16 modem Bolt yang bisa di-unlock, ada empat tipe modem yang bisa di-unlock secara resmi dengan software yang dirilis oleh Bolt. Keempat modem tersebut adalah Alva (BL300), Aquila Max (BL1), Arion (PL100), dan Helios G2 (BL500).

Empat modem Bolt di atas hanya mendukung jaringan Smartfren setelah dilakukan unlock. Untuk melihat software dan petunjuk cara melakukan unlock secara mandiri, pengguna bisa mengunjungi situs Bolt.

Baca juga : Paket Gamer IndiHome,  Paket Internet Khusus Untuk Main Game Online

Lalu bagaimana dengan nasib pelanggan yang memiliki modem Bolt, di luar empat modem yang sudah disebutkan diatas?

Jangan takut guys, beberapa modem juga bisa di-unlock dengan mencari sendiri software yang diperlukan, atau diistilahkan sebagai “open market” oleh Bolt. Artinya, software bisa didapatkan di sumber resmi dari Bolt.

Namun, lantaran bukan dari sumber resmi, Bolt mewanti-wanti pengguna yang memakai software “open market” untuk berhati-hati agar terhindar dari kerusakan yang bisa menyebabkan perangkat modem mati total.

Selain secara mandiri, pengguna juga bisa melakukan unlock di gerai Bolt Zone yang tersebar di 28 titik di wilayah Jabodetabek dan Medan.

Namun, menurut keterangan yang diunggah di akun Twitter Bolt, unlock di gerai hanya berlaku untuk modem yang memang mendapat software unlock resmi dari Bolt, bukan untuk perangkat yang mesti menggunakan software “open market”.

Baca juga : Punya Duit 100 Ribuan, Ini Pilihan Paket Internet Telkomsel Yang Bisa Dipilih

Berikut daftar lengkap modem Bolt yang bisa di-unlock seperti dirangkum situs resmi Bolt

Unlock dengan software resmi:
Alva (BL300) – hanya mendukung jaringan Smartfren
Aquila Max (BL1) – hanya mendukung jaringan Smartfren
Aprion (PL100) – hanya mendukung jaringan Smartfren
Helios G2 (BL500) – hanya mendukung jaringan Smartfren

Unlock dengan software tak resmi (open market):
B315 – hanya mendukung jaringan Smartfren
E5776 – mendukung semua operator jaringan 4G
Huawei Slim 2 – mendukung semua operator jaringan 4G
Huawei Max 2 – mendukung semua operator jaringan 4G
Orion – mendukung semua operator jaringan 4G
VELA – mendukung semua operator jaringan 4G
ZTE MF90 – mendukung operator jaringan 4G
ZTE HYDRA – mendukung operator jaringan 4G