GadgetSquad.ID – Walau sempat ditentang dan ditunda, suka tidak suka pada akhirnya WhatsApp akan menerapkan kebijakan privasi terbarunya. Jika tidak ada kendala, 15 Mei nanti kebijakan privasi data WhatsApp yang kontroversi itu akan resmi diberlakukan.

Setelah 15 Mei, pengguna yang tidak menyetujui update ini bisa menggunakan WhatsApp seperti biasa. Tapi mereka akan terus-terusan mendapat peringatan untuk menerima Terms of Service baru WhatsApp.

Beberapa minggu setelahnya WhatsApp akan mulai membatasi fitur yang bisa digunakan pengguna. Apa saja fitur bakal dibatasi?

1. Kalian tidak bisa mengirim update status baru di dalam aplikasi.

2. Kalian tidak bisa meneruskan pesan dari satu chat ke chat lainnya.

3. Kalian tidak bisa mengatur dan menggunakan daftar broadcast dan membuat grup baru, tapi masih bisa ditambahkan ke grup baru oleh orang lain, jika pengaturan privasi mengizinkan untuk mereka untuk menambahkan kalian, jika tidak, kalian tidak dapat menerima undangan baru ke grup.

4. Layanan messaging jadi sangat terbatas: kalian tidak bisa mengutip pesan atau me-mention anggota grup, dan kalian tidak bisa mengirimkan pesan suara, stiker dan jenis media lainnya di dalam aplikasi.

5. Kalian tidak bisa backup riwayat chat, jika kalian sudah mematikan backup otomatis.

6. Kalian tidak bisa menggunakan layanan Click to Chat.

7. Kalian tidak bisa memindahkan riwayat chat.

8. Jika kalian pengguna iOS, kalian tidak bisa melihat media yang sudah dibagikan jika belum diekspor sebelumnya. Untuk WhatsApp di Android, kalian masih bisa melihat media menggunakan File Manager.

Setelah beberapa minggu, pengguna tidak lagi bisa menerima pesan dan panggilan suara atau video sama sekali karena layanan messaging telah dimatikan sepenuhnya.

Pengguna masih bisa mempertimbangkan untuk menyetujui ToS ini setelah tanggal 15 Mei jika ingin menggunakan WhatsApp seperti sedia kala karena aplikasi milik Facebook ini tidak akan menghapus akun yang menolak update ini.

Tapi seperti dikutip dari WABetaInfo, satu-satunya cara menggunakan WhatsApp dengan semua fitur lengkapnya adalah dengan menyetujui update tersebut.