Kurang “Akhlak” Vivo Comot Lagu Untuk iklan V20 Tanpa Izin Pencipta?

GadgetSquad.ID – V20 menjadi hp andalan Vivo terbaru yang saat ini sedang gencar dipromosikan oleh pabrikan asal Cina tersebut. Memasang iklan di YouTube, menjadi salah satu cara Vivo untuk mempromokan seri V20.

Sepintas tidak ada yang salah dengan iklan Vivo yang dibintangi artis serta penyanyi Maudy Ayunda tersebut. Sayang, berdasarkan kabar yang beredar di medai sosial, jingle di iklan tersebut, digunakan tanpa seizin pemilik lagu.

sponsored

Hal ini terkuak pasca akun Instagram dengan nama Anna of the North, mengaku jika lagu tersebut adalah miliknya dan dia mengungkap bahwa Vivo tak pernah sekalipun meminta izin kepada dirinya. Dia pun memposting kekesalannya itu di feed dan story Instagramnya.

Instagram dengan 63.700 follower itu ternyata milik dari seorang penyanyi dan pencipta lagu asal Norwegia bernama Anna Lotterud. Sedangkan lagu yang diklaim sebagai ciptaannya itu adalah lagu yang sama dengan judul album miliknya Dream Girl.

Lagu Anna sendiri bisa dicek di akun YouTube-nya ini dan kemudian kita bisa membandingkannya. Memang terlihat mirip sekali.

YouTube Anna of The North yang baru memiliki 61.000 subscriber ini juga memperlihatkan bahwa lagu tersebut pernah digunakan oleh Apple dalam video komersial iPad. Namun untuk ini Anna jelas memberikan dukungan karena Apple memiliki izinnya.

Sebagai info, Iklan Vivo V20 yang dibintangi Maudy Ayunda, menggunakan lagu dalam dua part video yang berkaitan satu sama lain. Wajah Maudy Ayunda menghiasi dua video iklan yang berdurasi masing-masing satu menit.

Sejauh ini memang belum ada tanggapan dari pihak Vivo, terkait keluhan Anna Lotterud lantaran lagunya yang diduga digunakan tanpa izin.

Semoga saja hal ini bisa diselesaikan dengan baik, pasal cukup disayang jika sebuah brand ternama mengunakan tanpa izin sebuah karya milik orang lain untuk kepentingan komersil.