Lebih Dekat dengan Kecanggihan Samsung S Pen “Pena Ajaib”

0

GadgetSquad.id – Samsung memperkenalkan S Pen pertama melalui kehadiran Galaxy Note pertama di 2011. Melalui kehadiran Galaxy Note10|10+, Samsung mengembangkan S Pen lebih dari sekedar “pena digital”, bahkan konsumen menyebutnya sebagai “pena ajaib” karena berbagai fungsi dan fiturnya membawa mereka untuk menjadi lebih produktif dan kreatif dalam menjalankan berbagai pekerjaan dan passion secara bersamaan.

S Pen Samsung Galaxy Note 10 (1)

S Pen adalah ciri khas pada Galaxy Note, yang tidak dimiliki oleh smartphone canggih lainnya. S Pen, manjadi salah satu alasan mengapa Galaxy Note10|10+ disebut sebagai powerphone, karena bisa membuat penggunanya menjadi lebih powerful, baik untuk mendukung produktivitas ataupun kreativitas. Sejak Note9, Samsung telah mengembangkan teknologi Bluetooth Low Energy S Pen dan saat ini dikembangkan lagi di Galaxy Note10 dengan tambahan sensor 6 axis yang didukung teknologi akselerasi dan gyro untuk mengasilkan sebuah fitur gerak yang disebut Air Action.

S Pen untuk Produktivitas Optimal

  • Digital Text Conversion: Pada saat brainstorming dengan tim, Yandy menggunakan S Pen untuk mencatat ide dan ada kalanya harus dibagikan segera kepada tim. Dengan fitur digital text conversion yang secara instan dapat mengubah tulisan tangan pengguna menjadi teks digital di Samsung Notes dan mengekspornya ke berbagai format yang berbeda termasuk Microsoft Word, Yandy bisa dengan cepat membagikan ide-ide kreatif, catatan pada saat brainstorming dengan lebih mudah dan efesien. Selain itu sebagai dosen, beberapa kali juga Yandy membagikan catatan tangan pada saat mengajar langsung menjadi sebuah teks kepada para mahasiswa dengan semudah mengirimnya dalam bentuk dokumen word dan langsung mengirimkan email.
  • Screen Off Memo: Saat pre-production dan production seringkali menjelaskan konsep shot kepada seluruh tim harus seefektif dan seefisien mungkin. Dengan adanya S Pen, penjelasan konsep shot dan adegan bisa disampaikan dengan lebih tepat karena bisa dibuat dalam bentuk gambar secara langsung. Catatan ini bisa langsung dibagikan kepada kru, sehingga mereka memiliki catatan sutradara di smartphone mereka masing masing.
  • Translate and Convert: dapat membantu kita untuk memahami teks bahasa asing hingga 71 bahasa, dan secara instan dapat menerjemahkannya. Cukup arahkan kursor S Pen ke teks tersebut, fitur pintar S Pen akan secara cepat menerjemahkan teks yang dimaksud dengan cepat dan mudah. Selain itu, pengguna juga dapat menggunakan S Pen untuk konversi mata uang dan unit. Fitur ini sangat membantu ketika harus bepergian ke luar negri, sehingga tidak sulit untuk menterjemahkan teks atau dokumen ke bahasa asing.
  • Air Command: fitur ini sangat menghemat waktu dan membuat kita lebih produktif. Kita hanya cukup mengeluarkan S Pen dari tempatnya dan bisa akses menu penting dengan mudah pada Note10 hanya cukup dengan “hover” S Pen kita diatas layar. Fitur ini telah diperkenalkan sejak Galaxy Note3, dan kini terus dikembangkan untuk memberikan produktivitas yang lebih powerful bagi pengguna.

S Pen Samsung Galaxy Note 10 (2)

Berkreasi dengan S Pen

  • Air Action: sebagai seorang filmaker, Yandy seringkali melakukan shooting atau pun photo untuk survey lokasi, dan ini seringkali dilakukan dengan smartphone. Dan seringkali dilakukan seorang diri ataupun dengan tim yang sedikit. Tak jarang, ia menemukan banyak hal menarik yang dapat menjadi inspirasinya ditempat yang terduga. Fitur Air Actions memungkinkan pengguna untuk mengontrol aspek-aspek tertentu menggunakan gerakan S Pen. Yandy dapat memaksimalkan Air Action dengan mengontrol kamera dari jarak jauh pada saat Note 10 di letakkan di sebuah tripod. S Pen dapat menjadi remote control untuk selfie, mengatur mode kamera, menganti fitur kamera, zoom in – zoom out dan lain sebagainya dengan satu kali gerakan tanpa bantuan orang lain. Semuanya ini berkat adanya sensor 6 sumbu (yang terdiri dari tiga sensor kecepatan dan tiga sensor gyro).
  • S Pen untuk Video Editing: dengan S Pen, kini Yandy dapat dengan mudah mengedit klip langsung melalui smartphonenya dengan aplikasi video editor. Dengan bantuan S Pen, alih-alih mengetuk dengan menggunakan jari untuk memilih atau mengedit klip, ia dapat dengan mudah memilih footage yang tepat untuk diedit menggunakan S Pen dengan lebih akurat.
  • AR Doodle: Kreativitas tanpa batas dengan kemampuan AR Doodle Galaxy Note 10. Konten yang semakin kreatif dengan S Pen dan teknologi AR. Dengan AR Doodle kita bisa menambahkan doodling, tulisan, ataupun hal-hal kreatif lainnya yang hasilnya akan secara intuitif bergerak mengikuti objek yang terekam baik objek muka ataupun keadaan disekitar kita, membuat konten video menjadi lebih kreatif, unik dan memukau.
  • Screen Recordings

Fitur baru Screen Recorder bisa membuat video tutorial ataupun belajar menjadi komentator jadi lebih seru. Yandy bisa buat video tutorial untuk para mahasiswa bagaimana dengan menggunakan screen recording bahkan menambahkan tulisan “live” dengan menggunakan S Pen untuk hasil yang lebih hidup.

S Pen terbaru memiliki desain unibody yang ramping dan bisa dipakai untuk penggunaan 10 jam dalam sekali pengisian berkat baterai lithium-titanate 350uAh yang memberikan stabilitas tinggi dan ketahanan terhadap kekuatan eksternal. S Pen telah berevolusi selama bertahun-tahun menjadi teknologi unggulan, memberikan peningkatan produktivitas dan kreativitas dari kegunaan smartphone kita. Sekarang, S Pen Galaxy Note10|10+ telah dirancang ulang untuk membantu pengguna, menjadikan perangkat mereka sebagai yang paling powerful.