Redmi Note 8 Pro Vs Vivo V17 Pro: Mana yang Lebih Pro?

0

redmi note 8 pro vs vivo v17 pro (5)

Redmi Note 8 Pro Vs Vivo V17 Pro – Dengan Embel-embel “Pro” menjadi tanda jika produk yang dimaksud, memiliki fasilitas lebih “ngacir” dibanding versi originalnya. Nah, di dunia hp sendiri, saat ini cukup banyak produk yang hadir dengan tambahan indentitas “Pro”.

Paling anyar adalah Xiaomi Redmi Note 8 Pro, yang baru rilis kurang dari 1 bulan lalu. Dari segi spesifikasi, jelas Redmi Note 8 Pro lebih mentereng dibanding saudara dekatnya, yakni Redmi Note 8. Pertanyaannya, bagaimana jika Redmi Note 8 Pro berhadapan langsung dengan hp lain dengan indentitas yang sama.

Dari sekian banyak hp berlabel Pro, GadgetSquad memutuskan untuk menguji Redmi Note 8 Pro dengan Vivo V17 Pro. Selain levelnya sama, Vivo V17 Pro dipilih lantaran banyak request ke meja redaksi GadgetSquad, yang meminta jagoan “Pro” ala Xiaomi diadu dengan penggawa Vivo.

So, mana yang lebih Pro, Redmi Note 8 Pro Vs Vivo V17 Pro? Simak duelnya berikut ini.

redmi note 8 pro vs vivo v17 pro (1)

Desain

Vivo V17 Pro punya disain yang unik, terutama pada bagian kamera depan yang mengusung model pop-up. Jadi, kamera depan akan muncul ketika kamu mangaktifkan fiturnya, misalnya untuk mengambil gambar selfie atau video vlog. Ini juga yang menjadikan layar vivo V17 Pro tampak lebih lapang, karena tak tampak lagi adanya notch.

Sementara Redmi Note 8 Pro sejatinya memiliki konsep desain yang lebih sederhana, namun tidak kehilangan aura berkelasnya. Bagian depan Note 8 Pro didominasi layar, lengkap dengan notch kecil tempat menyembunyikan kamera depan.

Terlepas ada sedikit perbedaan di bagian depan, harus diakui kedua hape yang bersaing memiliki tampilan yang sama-sama menggoda. Sentuhan material glossy yang membungkus Redmi Note 8 Pro atau Vivo V17 Pro, menjadi salah satu daya tarik kedua hape yang bersaing.

Secara rancang bangun, Redmi Note 8 Pro Vs Vivo V17 Pro memiliki dimensi sama-sama bongor. Untungnya walau bongsor, kedua hape masih cukup nyaman digenggam dengan satu tangan. Dari segi proteksi, body Redmi Note 8 Pro dan Vivo V17 Pro, sama-sama berlapis pelindung Corning Gorilla Glass.

Baca juga: Duel Smartphone Menengah, Pilih Mana Realme XT atau Vivo V17 Pro?

Layar

Pada sektor layar, kedua hape yang bertarung kali ini memiliki identitas yang berbeda satu sama lain. Untuk vivo, sempat disinggung jika bagian depan Vivo 17 Pro seluruhnya diselimuti layar. Pasalnya Vivo V17 Pro menanggalkan notch atau poni yang biasanya jadi ciri khas hape kekinian. Secara keseluruhan, layar Vivo V17 Pro bergaris tengah 6,4 inci. Layarnya sendiri berteknologi Super Amoled dengan resolusi 1080×2400 piksel.

Beralih jagoan Xiaomi. Redmi Note 8 Pro memang masih mempertahankan notch untuk menempatkan kamera depan, namun hal itu tidak mengurangi daya tarik serta kualitas layar jagoan Xiaomi. Redmi Note 8 Pro menggoda konsumen dengan layar 6,53 inci dengan panel IPS. Resolusinya layar Redmi Note 8 Pro, mencapai 1080 x 2340 piksel dengan kepadatan 395 ppi. Perlindungan terluar dipasrahkan pada Corning Gorilla Glass 5.

Vivo V17 Pro sepintas memiliki layar lebih lapang, lantaran tidak adanya notch. Namun jika dilihat lebih detail, lukuran layar Redmi Note 8 Pro sedikit lebih besar dengan dimensi 6,53 inci, sedangkan Vivo V17 Pro hanya ditanamkan display 6,4 inci. Dari segi teknologi, layar Super Amoled dengan resolusi 1080×2400 piksel milik Vivo V17 Pro, nampak lebih menjanjikan dibanding Redmi Note 8 Pro yang menggunakan panel IPS beresolusi 1080 x 2340 piksel.

Hanya saja dari segi keamanan, bisa dikatakan layar Redmi Note 8 Pro lebih terproteksi. Layar Redmi Note 8 Pro sudah dilapisi Corning Gorilla Glass level 5. Tidak hanya itu Corning Gorilla Glass level 5, juga sudah melapisi keseluruhan bodi depan dan belakang Redmi Note 8 Pro. Di sisi lain, Vivo V17 Pro juga mengklaim sektor layar dan bodi, telah dilapisi Corning Gorilla Glass. Hanya saja tidak ada keterangan pasti, tipe Corning Gorilla Glass yang digunakan Vivo V17 Pro.

Jika merujuk eksplorasi GadgetSquad di sektor layar, cukup sulit untuk menentukan pemenang. Konsep layar Redmi Note 8 Pro dan Vivo 17 Pro, memiliki keunggulan masing-masing. Secara umum boleh dikatakan pertarungan di sektor layar, terbilang nyaris sama kuat.

Baca juga: Redmi Note 8 dan Redmi Note 8 Pro, Bakal Kembali Menjadi Ponsel Gaib?

Kamera

Kamera Redmi Note 8 Pro, total memiliki 4 lensa utama. Yang sangat mencuri perhatian. salah satu lensa kamera utama Redmi note 8 pro, memiliki ketajaman optik hingga 64MP. Ketajaman lensa hingga 64MP, bisa dikatakan menjadi yang tertinggi saat ini untuk kamera hp. Untuk komposisi lensanya lainnya, yakni lensa ultra wide beresolusi 8MP, optik makro beresolusi 2MP, serta satu kamera 2MP untuk depth sensor. Untuk keperluan selfie, Redmi Note 8 Pro dipersenjatai kamera depan 20MP.

Sementara itu jika memilih Vivo V17 Pro, kamu akan memiliki hp dengan 4 kamera yang tertanam di bodi belakang. Untuk spesifikasinya sendiri, lensa utama memiliki resolusi 48MP, 8MP untuk lensa ultra wide, 13MP untuk telefoto dan 2MP untuk depth sensor. Daya tarik Vivo V17 Pro, di sektor imaging bisa dikatakan adalah kamera depannya. Vivo V17 Pro hadir dengan pop up selfie camera dengan resolusi masing-masing 32MP dan 8MP yang berfungsi sebagai lensa ultrawide.

Namanya juga hp milenial yang kekinian, sudah tentu fasilitas kamera menjadi salah satu fitur andalan untuk menarik hati konsumen. Secara keseluruhan, keduanya memiliki daya tarik masing-masing di sektor kamera. Hanya saja kamera utama 64MP milik Redmi Note 8 Pro, nampak lebih menjanjikan untuk memberikan pengalaman fotografi mobile yang berbeda dari biasanya.

Baca juga: Redmi Note 8 dan Note 8 Pro Resmi Dirilis, Xiaomi Kembali Rusak Harga Pasar!

Dapur pacu

Pada sektor ini, Redmi Note 8 Pro mencoba tampil prima dengan bermodal prosesor anyar milik MediaTek yakni seri G90T. Prosesor ini memiliki delapan inti atau octa-core dengan konfigurasi 2×2.05GHz Cortex-A76 dan 6×2.0GHz Cortex A-55, grafis Mali-G76 dan tipe memori dengan cache L3 yang besar. Redmi Note 8 Pro sendiri, hadir dalam 3 pilihan, yakni RAM 6GB/internal 64GB, RAM 6GB/internal 128GB dan RAM 8GB/internal 128GB.

Bagaimana Vivo V17 Pro? Seandai memilih Vivo V17 Pro, kamu akan memiliki hape yang menggunakan chipset Snapdragon 675 AIE. Vivo V17 Pro sendiri, mempersenjatai dirinya dengan prosesor 8 inti berkonfigurasi 2×2.05GHz Kryo 460 Glod dan 6×1.7GHz Kryo 460 Silver. Sedangkan untuk tipe, Vivo V17 Pro hanya tersedia dalan satu pilihan yakni RAM 8GB/internal 128GB.

Baca juga: Vivo V17 Pro Sudah Bisa Dibeli Bebas, Ada Diskon dan Gratis Kartu XL 12GB

Baterai

Berbicara daya tahan, Redmi Note 8 Pro memiliki kapasitas baterai yang terbilang besar, yakni menampung energi hingga 4500 mAH untuk satu kali pengisian daya. Sedangkan Vivo V17 Pro memiliki baterai sedikit lebih kecil dibanding kompetitornya, yakni hanya 4100 mAH. Kedua hape yang bersaing, mendukung teknologi pengisian cepat 18W.

Kesimpulan Redmi Note 8 Pro Vs Vivo V17 Pro

Baik Redmi Note 8 Pro maupun Vivo V17 Pro, seakan membuktikan kepada konsumen jika masing-masing pabrikan, tidak sekedar memberi embel-embel Pro tanpa ada sesuatu yang spesial. Redmi Note 8 Pro dan Vivo V17 Pro, sama-sama memiliki senjata spesial untuk menggoda konsumen. Hanya saja dari beberapa sektor, terlihat Redmi Note 8 Pro lebih unggul dari Vivo V17 Pro. Salah satu perbedaan paling mencolok yakni di sektor kamera utama. Kamera utama Redmi Note 8 Pro, yang salah satunya mencapai 64MP memang begitu menarik hati.