Hari ini ASUS memperkenalkan VivoBook S S430UN, sebuah laptop terbagu dengan desain stylish dengan spesifikasi yang cukup bertenaga. Memiliki desain yang menarik, laptop ini juga sangat kompak sehingga sangat nyaman untuk dibawa kemana saja.

Review ASUS VivoBook S S430UN (3)

Dibekali dengan spesifikasi yang mumpuni dan fitur yang mememadai laptop ini dapat menemani saat bekerja, maupun saat aktifitas hiburan. Bagaimana performanya? berikut adalah review Asus Vivobook S S430UN.

Desain ErgoLift

Secara desain laptop ini memiliki bentukan yang cukup berbeda dari laptop biasanya ASUS VivoBook S S430UN tampil dengan design ErgoLift. Desain ini merupakan salah satu inovasi ASUS yang memungkinkan bodi bagian bawah VivoBook S S430UN terangkat dan membentuk sudut 3,5 inci ketika layarnya dibuka. Bentuk membuat pengguna mengetik lebih nyaman.

Review ASUS VivoBook S S430UN (1)

Baca juga: Review Laptop Asus Vivobook A407, Desain Stylish Dilengkapi Fingerprint

Selain itu, desain ErgoLift juga dapat membuat sistem pendinginan dapat berjalan lebih lebih optimal berkat adanya ruang di bawah bodi yang terangkat. Secara keseluruhan, desain ErgoLift akan meningkatkan pengalaman penggunaan serta menjamin performa yang lebih stabil.

Laptop ini juga didesain khusus agar penggunanya bisa tampil beda melalui kombinasi warnanya yang unik dan stylish. ASUS VivoBook S S430UN hadir dalam lima pilihan kombinasi warna, yaitu Firmament Green, Starry Grey-Red, Silver Blue-Yellow, Gun Metal, serta Icicle Gold.

Kelima pilihan warna elegan tersebut membalut desain bodi yang ringkas dan ringan dengan ketebalan hanya 18 mm serta bobot hanya 1,4kg, menjadikannya sangat mudah untuk dibawa bepergian.

Dengan kombinasi warna ini yang dimilikinya ini memang cukup berbeda dibandingkan laptop lain yang kellihatan lebih monoton. Dengan kombinasi warna yang dimilikinya maka mampu merepresentasikan jiwa muda yang kreatif dan dinamis.

Layar NanoEdge

VivoBook S S430 tampil dengan NanoEdge Display. Fitur ini memungkinkan layar pada VivoBook S ini tampil dengan bezel yang sangat tipis. Tidak sampai di situ, tampilan bezel yang tipis ini dihadirkan lewat tiga sisi layar, yaitu bagian atas dan samping, sehingga tampilannya terlihat lebih lega dibandingkan laptop lainnya.

NanoEdge Display tidak hanya membuat bezel VivoBook S S430UN tampil sangat tipis. Berkat fitur inovatif tersebut, layar laptop ini memiliki rasio layar yang sangat besar yaitu mencapai 84% terhadap bodinya. Tidak lupa juga sudut pandang layar yang lebar, yaitu hingga 178° membuat laptop ini nyaman untuk menikmati konten multimedia.

Review ASUS VivoBook S S430UN (7)

Asus membekali laptop VivoBook S430UN dengan layar jenis IPS (In-Plane Switching) LCD dengan LED (Light Emiting Diode) backlight resolusi Full HD 1920 x 1080 piksel yang mampu menampilkan warna yang cemerlang dan tajam. Termasuk didalamnya ada fitur Asus EyeCare protection agar mata tak cepat lelah saat menatap layar dalam waktu lama.

Keyboard dan touchpad

Bagian keyboard, Asus memlbuatnya sangat tactile, sehingga setiap pengguna dapat mengetik dengan nyaman, dan tidak perlu takut salah dalam mengetik. Apalagi keyboard sudah dilengkapi dengan LED backlight yang memungkinkan penggunaan dalam kondisi gelap.

Pada bagian touchpad dibuat dengan area yang terbilang luas. Selain memiliki kinerja responsive, touchpad ini juga nyaman dalam mengendalikan kursor. Asus juga menambahkan sensor sifik jadi pada bagian kanan atas. Sensor ini digunakan sebagai fitur keamanan pengguna, untuk memudahkan mereka dalam membuka kunci layar.

Review ASUS VivoBook S S430UN (7)

Port

Melengkapi konektivitasnya, VivoBook S S430UN sudah memiliki 3 port USB Type-A yang salah satunya merupakan USB 3.1. Selain itu terdapat juga port USB Type-C, HDMI, MicroSD Card Reader dan Combo Audio Jack di bodinya.

Semua itu memungkinkan pengguna laptop ini tetap terkoneksi dan bisa menggunakan berbagai peripheral tambahan secara leluasa.

Review ASUS VivoBook S S430UN (6)

Prosesor Intel Core Generasi ke-8

Tidak penuh gaya, bukan berarti hanya desain yang diunggulkan pada laptop ini. Ini terbukti pada spesifikasi yang dimilikinya. Karena laptop ini hadir dengan performa kencang. Penggunaan prosesor Intel Core generasi ke-8 yang dikombinasikan dengan RAM DDR4 2400MHz sebesar 8GB membuat laptop ini memiliki performa yang luar biasa.

Versi tertinggi ASUS VivoBook S S430UN menggunakan prosesor Intel Core i7-8550U yang memiliki konfigurasi 4 core 8 thread dengan kecepatan pemrosesan hingga 4.0GHz. Dengan prosesor powerful tersebut ini maka dipastikan bisa menemani kegiatan sehari-hari penggunanya tanpa hambatan.

Tidak hanya prosesornya yang istimewa, dari sisi grafis Asus VivoBook S S430UN Intel UHD Graphics 620 yang ditandemkan dengan grafis diskrit chip grafis Nvidia GeForce MX150.

GPU (Graphics Processing Unit) Intel UHD Graphics 620 yang mengusung 24 execution unit (EUs) dengan kecepatan 300 – 1050MHz. Performa grafisnya memang mengalami peningkatan jika dibandingkan generasi sebelumnya. Chipset grafis ini mampu menangani tugas berat seperti video editing, photo editing, bahkan bermain game casual bisa dikerjakan dengan lancar.

Didukung pula dengan RAM DDR4 sebesar 8GB. Sementara kehadiran SSD sebesar 256GB, juga dapat memastikan aplikasi dapat berjalan lebih kencang dan tidak memiliki waktu loading yang lama.

Dilihat dari kinerjanya, laptop ini mampu mendapatkan skor 428 pada CPU dan 57.65 pada GPU melalui aplikasi Cinebench.

Baterai

ASUS VivoBook S S430UN telah dilengkapi dengan baterai Lithium-Ion yang memiliki 3-cell dengan daya 42Wh. Baterai tersebut juga sudah mendukung teknologi fast charging yang mampu mengisi 60% daya baterai hanya dalam 49 menit.

Konektivitas

Kelengkapan Konektivitas pada sebuah laptop adalah sebuah keharusan, karena laptop ini dirancang untuk pengguna yang dinamis dan mobile. ASUS menghadirkan opsi konektivitas yang lengkap di VivoBook S S430UN agar penggunanya bisa terus terhubung kapanpun dan dimanapun.

Untuk urusan koneksi internet, ASUS VivoBook S S430UN dilengkapi dengan Wi-Fi 802.11ac yang telah didukung WiFi Master Technology. Sementara untuk koneksi nirkabel lainnya, laptop ini sudah hadir dengan Bluetooth 4.2 yang memungkinkan penggunanya menghubungkan berbagai peripheral mulai dari mouse, wireless headphone, serta perangkat lainnya.

 

Review ASUS VivoBook S S430UN (4)

Sistem Operasi

Secara preinstalled Asus telah membekali VivoBook S14 S430UN ini dengan sistem operasi Microsoft Windows 10 x64 original. Jadi pengguna tak perlu membeli lisensi sistem operasi lagi untuk menggunakan laptop ini.

Multimedia Audio

Tidak hanya performa kinerja dan tampilan yang istimewa, Asus juga membekali laptop ini dengan fitur audio yang mumpuni VivoBook S S430UN ini sudah memiliki speaker stereo yang teknologi ICEpower dan Asus SonicMaster.

Fitur ini mampu meningkatkan pengalaman multimedia pengguna. Jadi tak heran juga kualitas audio laptop dengan desain elegan ini dapat sangat memanjakan telinga.


Kelebihan dan kekurangan ASUS Vivobook S S430UN

Kelebihan

  • Tipis dan ringan
  • Desain menarik
  • Bezel layar tipis
  • Kinerja bisa untuk game

Kekurangan

  • Tombol power terlalu dekat keyboard, jadi mudah ketekan tidak sengaja

Spesifikasi ASUS VivoBook S S430UN

Main Spec.ASUS VivoBook S S430UN
CPUIntel Core i7 8550U Processor Quad Core (8M Cache, up to 4.0GHz)

Intel Core i5 8250U Processor Quad Core (6M Cache, up to 3.4GHz)

Operating SystemWindows 10
Memory8GB DDR4 2400MHz SDRAM
Storage256GB SATA 3 M.2 SSD + 1TB HDD
Display14” (16:9) LED backlit FHD (1920×1080) with NanoEdge Display
GraphicsDiscrete graphics Nvidia MX150 2GB GDDR5 VRAM

Integrated Intel UHD Graphics 620

Input/Output1 x Type-C USB3.1 (GEN 1), 1 x HDMI, 1 x USB 3.1 port (Gen 1), 1 x Microphone-in/Headphone-out jack, 2 x USB 2.0 port, 1 x MicroSD Card Reader
CameraHD Web Camera
ConnectivityDual-band 802.11ac Wi-Fi, Bluetooth 4.2
AudioASUS SonicMaster stereo audio system with surround-sound, Array microphone with Cortana voice-recognition support
Battery3 Cells 42 Whrs Lithium-Ion  battery with Fast Charging
Dimension(WxDxH) 323 x 226 x 18 mm
Weight1,4Kg with Battery
ColorsFirmament Green, Starry Grey-Red, Silver Blue-Yellow, Gun Metal, Icicle Gold
PriceRp15.099.000 (Intel Core i7 8550U model)

Rp12.799.000 (Intel Core i5 8250U model)

Warranty2 tahun garansi global senilai Rp900.000