Smartphone Ternyata Bisa Disalahgunakan Dalam Pergaulan, Ini Buktinya !

GadgetSquad.id – Smartphone seharusnya menjadi penting untuk membuat orang tetap berhubungan satu sama lain. Tapi bagi banyak  orang justru menjadi smartphone atau gadget sebagai ‘tameng’ dalam menghadapi situasi sosial, seperti menghindari interaksi dengan orang lain.

smartphone

Survei terbaru dari Kaspersky Lab menunjukkan kecenderungan perilaku ini setelah tiga perempat responden (75%) mengaku berpura- pura sibuk menggunakan smartphone atau gadget mereka ketika tidak ingin berbicara dengan orang lain.

Bayangkan  ketika kamu sampai di café dan menunggu pasangan kencan datang. Kondisi café sangat sibuk dan orang-orang sekitar kamu saling mengobrol satu sama lain. Apa yang akan kamu lakukan? Memulai percakapan dengan orang yang tidak dikenal? Atau mengambil smartphone / gadget dari kantong sembari menunggu pasangan kamu datang?

Baca juga : Fakta Yang Penting Diperhatikan Ketika Bawa Hape Saat Bepergian

Kenyataannya, dengan menggunakan smartphone yang dimiliki, kamu dapat lebih mudah menghindari obrolan basa-basi atau bersikap sopan kepada orang-orang sekitar. Penelitian terbaru Kaspersky Lab  mengungkapkan bahwa sebanyak 72% responden menggunakan perangkat terhubung ketika mereka tidak tahu apa yang harus dilakukan pada situasi tertentu.

Perilaku tersebut juga merupakan bentuk pengalihan yang  digunakan tanpa harus terlihat sibuk atau saat akan menghindari kontak  mata dengan seseorang. 46% responden mengaku menggunakan gadget hanya untuk menghabiskan waktu setiap hari dan 44% menggunakannya sebagai selingan sehari-hari.

Selain menjadi selingan, smartphone atau gagdet juga berguna bagi mereka yang tidak suka berbicara langsung dalam melakukan aktivitas sehari-hari.  Faktanya, hampir sepertiga (31%) responden lebih suka melakukan kegiatan seperti memesan taksi atau mencari arah berpergian melalui situs web dan aplikasi, karena mereka merasa lebih mudah dari pada harus berbicara dengan orang lain.

Dengan kedua fungsinya untuk menghindari kontak langsung dan perannya yang dapat membantu mengatasi situasi social sehari-hari, ketergantungan kita yang konstan akan smartphone telah menyebabkan kepanikan luar biasa apabila perangkat tersebut tidak berfungsi dengan baik. Sepertiga (34%)responden khawatir bahwa mereka tidak akan dapat menghibur diri jika tidak bisa mengakses perangkat yang terhubung. 12%  bahkan khawatir apabila mereka tidak dapat berpura-pura sibuk jika perangkat mereka tidak berfungsi.

Baca juga : Ini Beberapa Kesalahan Charge Hp Yang Bikin Baterai Gak Awet

Untuk memastikan ketersediaan perangkat Anda selalu berada dalam kondisi prima – apa pun situasinya, Kaspersky Security Cloud membuat koneksi Anda tetap aman dan terlindungi:

  • Ingin menggunakan gadget sembari menunggu teman, apakah aman untuk mengakses Wi-Fi di cafe? Dengan Kaspersky Security Cloud, perangkat dilindungi terhadap ancaman yang dapat menyusup lewat jaringan, meskipun pengguna perlu menggunakan hotspot Wi-Fi publik yang tidak aman. Transfer data dilakukan melalui saluran terenkripsi untuk memastikan keamanan data pribadi, sehingga perangkat pengguna terlindungi dikonek siapa pun
  • Baterai ponsel hampir habis? Apa yang harus dilakukan? Pengguna dapat melacak tingkat baterai dengan perhitungan waktu yang tersisa sampai perangkat benar-benar mati dari Kaspersky Security Cloud Interface. Ada juga berbagai pasokan daya portabel yang tersedia untuk menjaga baterai perangkat terisi saat bepergian
  • Ponsel hilang! Bagaimana caranya agar tidak disalahgunakan? Tidak pernah terpikir sebelumnya smartphone kamu hilang atau dicuri. Kaspersky Security Cloud dapat melacak dan melindungi gadget kamu dari pencurian data demi ketenangan pikiran Anda. Kunci remote dan fitur locate memastikan gadget tetap aman sampai Anda menemukannya