GadgetSquad.ID – Kabel charger atau data, menjadi salah satu perangkat pendukung di hp yang sering mengalami kerusakan. Sayang, pengguna hp suka seenaknya saat mengganti kabel charger.

Terpikat karena harga yang murah, menjadi alasan utama konsumen seenaknya membeli kabel charger, tanpa mempedulikan kualitas.

Memang harga charger orisinil tidak murah, apalagi bagi pengguna perangkat Apple, seperti iPhone, iPad, dan iPod. Namun apa kamu rela, perangkat Apple kesayangan rentan rusak, gara-gara kabel abal-abal.

Memang efeknya tidak langsung, biasanya perlahan. Awalnya jika sering mencharger dengan kabel abal-abal, hp akan mudah overheating, ini akibat dari arus daya yang tidak stabil.

Selanjutnya usia baterai akan berkurang lebih cepat ketika menggunakan kabel yang abal-abal. Ini karena kabel abal-abal memiliki voltase yang lebih rendah dibandingkan yang orisinil.

Kabel palsu juga bisa membuat komponen iPhone cepat rusak. Hal lain yang bisa saja terjadi, lantaran kabel charger kualitas rendah, yakni hp kamu meledak tiba-tiba.

Biasanya hal ini terjadi karena menggunakan kabel yang tidak asli dan juga adapter yang kualitasnya tidak baik juga. Ketika iPhone diisi dayanya terus menerus, iPhone akan kelebihan muatan arus dan membuatnya meledak.

Lalu apa dong solusinya?

Solusinya jika kabel charger orisinil terasa mahal, kamu bisa memilih kabel alternatif dengan standar kualitas yang bagus. Nah buat pengguna produk Apple, jika ingin membeli kabel charger alternatif berkualitas, pastikan produk tersebut memiliki label MFI.

MFI adalah singkatan dari Made for iPhone/iPad/iPod, sebuah lisensi dari Apple kepada pabrikan aksesoris pihak ketiga yang membuat aksesoris dengan kualitas sesuai kriteria Apple.

Asiknya aksesoris dengan label MFI biasanya memiliki harga yang lebih murah ketimbang aksesoris keluaran Apple asli. Salah satunya adalah kabel UL-01 keluaran HIPPO Elite yang juga memiliki label MFI.

Kabel UL-01 dari HIPPO memiliki adapter port Type-C, sehingga kabel ini mendukung teknologi Power Delivery. Adanya teknologi Power Delivery memungkinkan pengisian daya dengan waktu yang lebih cepat dari pengisian reguler.

Tak hanya untuk charger, kabel UL-01 juga dapat mentransfer data dari iPhone, iPad, atau iPod ke Mac dan iPad Pro. Tunggu apalagi bro, kuy bikin perangkat Apple kamu lebih aman.