Tips Sederhana Tingkatkan Keamanan Data iPhone dengan iOS 14

iphone 11 pro n pro max

GadgetSquad – Sistem operasi terbaru iOS 14 yang diluncurkan beberapa waktu lalu menyertakan fitur keamanan iPhone yang mudah digunakan, sehingga dapat membantu mencegah akun Anda dibobol. Salah satu alat yang sangat berguna adalah menu Rekomendasi Keamanan iOS 14, yang membantu mendeteksi kata sandi lemah atau disusupi sehingga Anda dapat mengubahnya dan menghindari peretas (hacker).

sponsored

Forbes, 3 Oktober 2020 melaporkan, bagian dari pengelola kata sandi Apple, iCloud Keychain, alat iOS 14 yang baru dapat membantu Anda membuat kata sandi yang lebih kompleks, dan memberi tahu bahwa Anda perlu mengubah kredensial jika terdeteksi telah dilanggar. Lantas, bagaimana cara kerjanya?

Setelah meningkatkan ke iOS 14, Anda cukup membuka menu Pengaturan, pilih Kata Sandi, lalu ketuk Rekomendasi Keamanan dan pastikan Deteksi Kata Sandi yang Disusupi diaktifkan. Jika Anda melakukan ini, iPhone Anda dapat memantau kata sandi Anda dengan aman.

Jika ada masalah dengan kata sandi Anda, Apple akan menyortirnya dengan notifikasi ‘Prioritas Tinggi’ dan atau ‘Rekomendasi Lainnya’. Saran mungkin termasuk mengubah kata sandi yang digunakan kembali, penting karena begitu salah satu akun Anda disusupi, penyerang bisa mencoba dan menggunakannya untuk meretas layanan Anda yang lain, dengan apa yang dikenal sebagai isian kredensial.

iPhone mungkin juga menyarankan Anda mengubah kata sandi yang mudah ditebak yang digunakan oleh orang lain, dan akan memberi tahu Anda jika ada kredensial yang muncul dalam kebocoran data. Jika ternyata Anda mendapat banyak peringatan, mengubah kata sandi Anda mungkin sedikit memakan waktu.

Namun, jika Anda memastikan kata sandi Anda kuat, dan menghindari penggunaan ulang, itu akan sangat meningkatkan keamanan Anda. Jake Moore, spesialis keamanan siber di ESET mengatakan fitur keamanan kata sandi iOS 14 akan membantu orang-orang untuk melihat risiko yang mereka hadapi dan dengan mudah meningkatkan cara mereka melindungi akun mereka.

“Banyak orang menganggap nasihat keamanan sebagai ketidaknyamanan, sehingga paling baik disampaikan dalam bentuk informasi yang mudah dipahami,” katanya.

Selain memanfaatkan fitur keamanan dan privasi iOS 14  lainnya, Anda juga direkomendasikan untuk mengaktifkan otentikasi dua faktor pada akun Anda jika memungkinkan, dan menggunakan aplikasi atau kunci keamanan untuk memberi Anda lapisan perlindungan ekstra.