GadgetSquad.id – Banyak hape yang dibuat Xiaomi, tapi merek itu hanya membuat beberapa tablet – dan belum membuat yang baru sejak pertengahan 2018. Digital Chat Station melaporkan dua Mi Pad baru sedang dalam pengembangan dan menawarkan spesifikasi utama yang meningkat.

Sebut saja tablet itu Xiaomi Mi Pad 5 dan Mi Pad 5 Pro untuk saat ini. Keduanya akan dilengkapi dengan layar LCD 11 inci yang sama dengan resolusi 2.560 x 1.600 piksel (16:10), yang mampu mendeteksi 4.096 level tekanan, demikian dilaporkan GSM Arena.

Layar akan memiliki refresh rate 120 Hz dan touch sampling rate 240 Hz yang sudah umum pada ponsel. Tampilan dengan refresh rate tinggi cukup langka di pasar tablet, hanya bisa mendapatkannya di beberapa iPad Pro dan Samsung Galaxy Tab S.

Perbedaan utama antara kedua Mi Pad terletak pada chipsetnya. Satu model akan menggunakan Snapdragon 780G baru, chip 5 nm dengan perangkat keras kelas atas, terutama ISP dan NPU. Chipset ini memiliki modem X53 5G bawaan (sub-6), tidak seperti opsi lain yang membutuhkan modem eksternal.

Yang lainnya akan menggunakan SM8150-AC, yang merupakan nomor model untuk Snapdragon 855+ dan Snapdragon 860. Keduanya adalah chip 7 nm dengan GPU yang lebih cepat.

Tidak ada chip yang mendukung tampilan di atas 90 Hz, namun Digital Chat Station menyebutkan driver tampilan Novatek, jadi itu mungkin tidak menjadi masalah. 

Tidak jelas kapan tablet ini akan diresmikan. Xiaomi mengadakan acara besar beberapa minggu yang lalu. Agenda berikutnya pada jadwal tampaknya adalah peluncuran Mi 11X di India pada 23 April. Dan tidak ada indikasi bahwa acara tersebut akan menampilkan apa pun kecuali ponsel Redmi K40 yang di-rebranding.