Trafik Data Tumbuh 49%, Telkomsel Sukses Kawal Ramadan dan Idul Fitri 2021

GadgetSquad.ID – Telkomsel sukses mengawal Ramadan dan Idul Fitri 2021, dimana selama momen tersebut trafik datanya tumbuh hingga 49 persen.

Lebih jauh, data Telkomsel menginfokan, lonjakan trafik data sepanjang Ramadan dan Idul Fitri mencapai 39,7 Petabyte (PB), dibanding momen yang sama tahun lalu.

Direktur Network Telkomsel Nugroho mengatakan, momen Idul Fitri sebagai momentum membuka kesempatan lebih luas bagi masyarakat dengan terus menjalin silaturahmi dan tetap terhubung secara digital melalui jaringan Telkomsel.
Berdasarkan pantauan, trafik data pada Lebaran 2021 melonjak 49 persen dibanding periode Lebaran tahun 2020.

“Hal tersebut didorong dengan makin tingginya adopsi pemanfaatan layanan komunikasi berbasis digital sebagai sarana silaturahmi virtual sesuai imbauan pemerintah untuk menekan penyebaran Covid-19 dengan tidak melakukan mudik,” kata Nugroho.

Ada sejumlah platform yang berkontribusi terhadap penggunaan akses layanan data. Telkomsel melihat ada lonjakan trafik penggunaan untuk layanan VoLTE Telkomsel sebesar 12 persen.

Untuk layanan streaming Maxstream meningkat 410 persen, layanan CloudX Telkomsel naik 68 persen dibanding hari biasa.

Selama Ramadan dan Idul Fitri, pelanggan banyak memanfaatkan platform digital untuk bekerja virtual atau belajar online dan video streaming dengan kontribusi 53 persen terhadap penggunaan data.

Sepanjang momen Ramadan dan Idul Fitri tahun ini, secara berurut lima wilayah operasional Telkomsel mengalami kenaikan penggunaan layanan data dibandingkan momen tahun sebelumnya.

Kelima wilayah dengan penggunaan data tertinggi adalah Sumatra baik Utara, Tengah maupun Selatan (13 persen), Jawa Timur (12 persen) dan Jawa Tengah (11 persen) dibandingkan dengan hari biasa

“Telkomsel secara konsisten terus memastikan prinsip customer-centric di setiap produk, layanan, dan konektivitas yang dihadirkan agar dapat senantiasa mendampingi dan meningkatkan pengalaman masyarakat dalam menjalani aktivitas kesehariannya,” tukas Nugroho