Compare 4 Hp Terbaru Rp 2 Jutaan Dengan Baterai Tahan Lama, Pas Buat Long Weekend

0

Salah satu fitur yang menjadi pertimbangan saat membeli Hp terbaru yaitu daya tahan baterainya. Sebisa mungkin Hp yang dipilih yaitu Hp yang punya baterai tahan lama alias gak boros. Sehingga tidak perlu lagi repot mencari colokan atau pakai powerbank untuk melakukan charging karena baterai cepat habis.

Dari sederet Hp terbaru yang sudah diluncurkan pada hingga saat ini, setidaknya ada 4 Hp yang sudah dibekali dengan baterai tahan lama. Apalagi Hp terbaru ini dijual dengan harga yang tidak begitu mahal, yaitu di kisaran Rp 2 jutaan. Keempat Hp terbaru tersebut yaitu : Asus Zenfone Max Plus (M1), Xiaomi Redmi 5 Plus, Sharp R1s dan Polytron Prime 7 Pro.

Baca juga : Harga Jauh Lebih Murah, 3 Hp Terbaru Mirip iPhone X Ini Sebentar Lagi Rilis di Indonesia

Siapa yang paling unggul diantara keempat Hp tersebut ? Simak compare-nya berikut ini :

Desain

Dari keempat Hp ini bisa dibilang Asus Zenfone Max Plus M1 dan Xiaomi Redmi 5 Plus yang sudah mengusung desain Hp kekinian. Yaitu Hp dengan desain layar luas yang mendominasi sisi depan, dengan menyisakan sedikit bezel dan tanpa ada tombol fisik. Untuk sensor fingerprint scaner diletakkan di bodi belakang yang berbentuk bulatan.

Beda dengan Sharp R1s dan Polytron Prime 7 Pro, yang terlihat masih menyisakan bezel di bodi depan, terutama di sisi atas dan bawah. Selain itu kedua Hp ini juga masih menyematkan tombol fisik di bagian bawah layar. Di mana kedua tombol ini juga difungsikan sebagai fingerprint scanner

Untuk ukuran dimensi bodinya, keempat Hp ini hampir setara. Asus Zenfone Max Plus M1 memiliki ukuran bodi 152.6 x 73 x 8.8 mm, Xiaomi Redmi 5 Plus berukuran 158.5 x 75.5 x 8.1 mm dan Polytron Prime 7 Pro berdimensi 153.7 x 75.6 x 9 mm. Untuk bobotnya, Asus Zenfone Max Plus M1 menjadi yang paling ringan dengan berat 160 gram. Dibandingkan dengan Xiaomi Redmi 5 Plus  yang berbobot 180 gram dan Polytron Prime 7 Pro beratnya 182 gram.

Keempat Hp ini sama-sama mendukung dual simcard. Bedanya Asus Zenfone Max Plus M1 dan Polytron Prime 7 Pro yang menyediakan triple slot. Yaitu terdiri dari 2 slot untuk simcard 1 dan simcard 2 yang berukuran nano dan 1 slot lagi untuk kartu MicroSD. Sedangkan Xiaomi Redmi 5 Plus  dan Sharp R1s  hanya menyediakan dual slot, 1 slot untuk simcard 1 dan 1 slot lainnya bergantian antara simcard 2 atau kartu MicroSD.

Layar

Asus Zenfone Max Plus M1 dibekali layar berukuran 5.7 inci jenis IPS berresolusi 1080 x 2160 pixels,18:9 ratio (~424 ppi density) dan 75.3% screen-to-body ratio. Xiaomi Redmi 5 Plus  memiliki layar berukuran 5.99 inci jenis IPS 1080 x 2160 pixels, 18:9 ratio (~403 ppi density) dan 77.4% screen-to-body ratio. Untuk Sharp R1s layarnya berukuran 5.5 inci jenis IPS , berresolusi 720 x 1280 pixels, 16:9 ratio (~267 ppi density) dan dilapisi Gorilla Glass. Sedangkan Polytron Prime 7 Pro membawa layar berukuran 5,5 inci berresolusi 720 x 1280 pixels.

Dari ukuran dimensi layar tersebut, terlihat jika Asus Zenfone Max Plus M1 dan Xiaomi Redmi 5 Plus memang berpenampilan beda. Yaitu dengan layar lebih luas, resolusi lebih tajam serta screen-to-body ratio yang lebih besar sehingga hanya menyisakan sedikir bezel di bodi depan.

Kinerja

Untuk kinerjanya, keempat Hp ini disokong prosesor yang berbeda. Asus Zenfone Max Plus M1 dan Sharp R1s sama-sama menggunakan prosesor Mediatek MT6750T Octa-core. Xiaomi Redmi 5 Plus disokong prosesor Snapdragon 625 Octa-core. Sedangkan Polytron Prime 7 Pro mengandalkan prosesor Mediatek MT6753 octa-core. Bisa dikatakan antara prosesor Mediatek dan Snapdragon yang digunakan pada keempat tersebut memiliki performa yang bersaing.

Perbedaan kinerja justru dipengaruhi oleh kapasitas RAM yang dimiliki keempat Hp ini. Asus Zenfone Max Plus M1 dan Xiaomi Redmi 5 Plus sama-sama dibekali RAM berkapasitas 4 GB. Sedangkan Sharp R1s dan Polytron Prime 7 Pro memiliki kapasitas RAM lebih rendah, yaitu 3 GB.

Memori

Untuk menampung berbagai jenis konten, Asus Zenfone Max Plus M1 dan Xiaomi Redmi 5 Plus, keduanya dibekali memori internal berkapasitas 64 GB. Kapasitas ini bisa ditambahkan dengan tersedianya slot kartu MicroSD yang suport hingga kapasitas 256 GB. Ini berbeda dengan Sharp R1s dan Polytron Prime 7 Pro  yang kapasitas memori internalnya lebih kecil, yaitu 32 GB. Tapi juga sudah disediakan slot kartu MicroSD yang suport hingga kapasitas 256 GB.

Kamera

Hanya Asus Zenfone Max Plus M1 dan Sharp R1s yang dilengkapi dual camera di bodi belakangnya. Namun Dual camera pada Asus Zenfone Max Plus M1 memiliki resolusi yang lebih besar, yaitu 16 MP (f/2.0) + 8 MP, yang juga dilengkapi LED Flash. Sedangkan dual camera di  Sharp R1s berresolusi 13 MP (f/2.0) + 5 MP, plus LED Flash. Sudah bisa ditebak, dengan adanya dual camera, hasil foto bisa lebih tajam serta bisa dihasilkan foto dengan efek bokeh dan foto wide angle.

Berbeda dengan Xiaomi Redmi 5 Plus dan Polytron Prime 7 Pro yang hanya dilengkapi satu kamera di bodi belakang. Xiaomi Redmi 5 Plus membawa kamera berresolusi 12 MP (f/2.2) plus LED Flash, sedangkan kamera di Polytron Prime 7 Pro berresolusi 13 MP plus LED Flash.

Untuk kamera depannya, Asus Zenfone Max Plus M1 membawa kamera depan berresolusi 8 MP (f/2.0). Xiaomi Redmi 5 Plus dan Sharp R1s sama-sama memiliki kamera depan 5 MP. Sedangkan  Polytron Prime 7 Pro kamera depannya berresolusi 13 MP .

Baca juga : Rekomendasi Hp Terbaru Pilihan 2018

Baterai

Keempat Hp ini sudah dibekali dengan baterai berkapasitas besar, lebih besar dari Hp kebanyakan yang ada saat ini. Ini membuat Hp ini bisa bertahan lebih lama.  Sharp R1s dan Polytron Prime 7 Pro sama-sama membawa baterai berkapasitas 5.000 mAh. Xiaomi Redmi 5 Plus mengandalkan baterai berkapasitas 4.000 mAH. Dan daya tahan hidup Asus Zenfone Max Plus M1 didukung baterai berkapasitas 4130 mAh.

Dengan memiliki kapasitas besar  baterai, keempat smartphone ini bisa juga difungsikan sebagai Powerbank. Sehingga bisa men-charging perangkat lain. Sedangkan untuk pengisian daya baterainya, keempat Hp ini sudah sama-sama dilengkapi dengan fitur Fast Charging, sehingga bisa lebih cepat saat di-charging.

 

Harga

Dengan berbagai perbedaan kekuatan yang ada, keempat Hp ini dijual dengan harga yang hampir sama atau berdekatan. Asus Zenfone Max Plus M1 dijual seharga Rp 2,7 jutaan. Xiaomi Redmi 5 Plus (RAM 4 GB + memori 64 GB) harganya dipatok sebesar Rp2.699.000. Sharp R1s dibanderol dengan harga Rp2,6 juta. Dan Polytron Prime 7 Pro dijual seharga Rp 2.699.000.