Beranda Rekomendasi Fitur Ultra Steady Video di OPPO Reno2, Rekam Video Stabil Tanpa Gimbal

Fitur Ultra Steady Video di OPPO Reno2, Rekam Video Stabil Tanpa Gimbal

1
GadgetSquad.id – Kota Malang, khususnya kawasan wisata Batu dan area Taman Nasional Bromo Tenger Semeru, menjadi saksi jika Oppo Reno2 tidak hanya jago menghasilkan foto berkualitas, namun juga saat “disiksa’ membuat video di lokasi yang cukup ekstrim.
OPPO Reno2

Yup, seperti diketahui Oppo baru saja merilis seri Reno2 beberapa waktu lalu. Kehadiran Reno2 semakin mempertegas, jika Oppo menjadi salah satu vendor yang jago membuat ponsel dengan keunggulan di sektor imaging, khususnya foto.

Namun keunggulan fitur imaging Oppo Reno2, tidak hanya mentok menghasilkan foto berkualitas saja. Oppo Reno2 juga sangat bisa dihandalkan, saat digunakan membuat konten video. Kehadiran Fitur Ultra Steady Video, menjadi kunci utama yang membuat Oppo Reno2, mampu menghasilkan konten video berkualitas.

Baca juga : 6 Senjata Ini, Jadikan Kualitas Kamera Oppo Reno2 Semakin Gahar

Fitur Ultra Steady Video ini bisa diaktifkan ketika merekam video menggunakan kamera utamanya yang punya resolusi 48 megapixel. Fiturnya sendiri bekerja menggunakan beberapa sistem stabilisasi sekaligus.

Seperti yang diungkapkan Aryo Meidianto, PR Manager Oppo Indonesia, ada tiga teknologi yang digunakan saat fitur Ultra Steady Video aktif. “Teknologi yang dimaksud adalah gyroscope 800MHz, optical image stabilization (OIS), dan electronic image stabilization (EIS),” terang Aryo.

Menurut Aryo, gyroscope yang ada di Reno2 bekerja di frekuensi 800MHz, lebih tinggi dari gyroscope yang ada di ponsel lain. “Ponsel lain biasanya 200 atau paling besar 400 MHz,” ujarnya.

Gyroscope ini adalah bagian dari sistem optical image stabilization (OIS), di mana gyroscope berguna untuk mengenali gerakan yang terjadi pada bodi ponsel. Lalu sistem OIS-nya akan mengkompensasi gerakan tersebut dengan mengatur arah cahaya yang masuk dari lensa ke sensor kamera.

Sistem ini pun kemudian bekerja bersama sistem electronic image stabilization (EIS), yang juga mengambil data getaran dari gyroscope. Bedanya EIS akan mengkompensasi getaran itu dengan mengatur frame pada video sesuai dengan getaran yang ada.

Secara spesifikasi, teknologi yang tertanam memang menjanjikan Oppo Reno2 bisa menghasil video yang minim dari gonjangan. Tapi bagaimana dengan prakteknya di lapangan?

Ok, seperti sempat disinggung di awal kawasan wisata Batu dan area Taman Nasional Bromo Tenger Semeru, menjadi saksi jika Oppo Reno2, memang layak dihandalkan saat membuat konten video.

Pemilihan kawasan Bromo sebagai tempat pengujian terbilang tepat, karena di kawasan ini GadgetSquad bisa menggambil konten bergerak menggunakan Oppo Reno2, dalam beberapa skenario, mulai dari getarannya sedikit sampai yang sangat besar.

Saat mengambil video dengan mengaktifkan fitur Ultra Steady Video dalam kondisi medan tidak terlalu bergelombang, hasilnya rekaman gambar bergerak Oppo Reno2 sangat memuaskan. Bagaimana fitur Ultra Steady Video di Oppo Reno2 diuji pada area yang lebih berat?

Yup, salah satu ujian terbesar fitur Ultra Steady Video di Oppo Reno2, yakni saat GadgetSquad merekam video dari dalam mobil 4×4, yang sedang bermanuver di jalanan berbatu di sekitaran Gunung Bromo.

Video yang dihasilkan terbilang stabil, meski pada beberapa titik memang getarannya terlalu besar sehingga muncul artifak pada video. Namun memang getaran yang terjadi sangat besar, dan perekamannya pun dilakukan secara handheld.

Dari hasil petualangan GadgetSquad menguji kulitas video Oppo Reno2 di kawasan Bromo dan sekitarnya, harus diakui fitur Ultra Steady Video seakan melengkapi puzzle di menu imaging Oppo Reno2.

Kesimpulannya, selama proses pengujian fitur Ultra Steady Video berkerja dengan baik mereduksi goncangan, sehingga video yang dihasilkan dari lensa Oppo Reno2, menjadi lebih nyaman dipandang mata. Minimal jika ingin membuat video bagus menggunakan Oppo Reno2 dalam kondisi medan bergelombang standar, kamu tidak perlu tambahan perangkat gimbal.

Hasil Ultra Steady Video OPPO Reno2 bisa dilihat di sini

1 KOMENTAR