Review Honor Magic Watch 2 42mm: Desain Simpel, Harga lebih murah

Setelah meluncurkan Honor Magic Watch 2 varian 46mm di Desember lalu, HONOR datangkan Honor Magic Watch 2 varian 42mm ke pasar Indonesia. Honor Magic Watch 2 42mm memiliki layar yang lebih kecil dibandingka varian 46mm.

Memiliki ukuran layar yang lebih kecil dengan harga yang lebih murah, Apa saja fitur dan keunggulannya? simak reviewnya berikut ini.

Review Honor Magic Watch 2 42mm

Pertama-tama supaya Smartwatch HONOR Magic Watch 2 varian 42mm bisa digunakan secara maksimal, kamu harus melakukan proses pairing. Proses ini dilakukan via aplikasi Huawei Health yang dapat di-download di Play Store maupun App Store.

Aplikasi ini dapat diunduh di semua brand smartphone Android maupun iOS. HONOR Magic Watch 2 sudah kompatibel dengan kedua sistem operasi tersebut. Jadi pengguna tidak harus menggunakan smartphone HONOR maupun Huawei untuk dapat menikmati HONOR Magic Watch 2 ini.

review honor magic watch 2 (1)

Baca juga: Review Honor Magic Watch 2 : Smartwatch Mumpuni, Buat Kamu yang Sporty

Desain

Honor Magic Watch 2 42mm yang di-review kali ini adalah versi Agate Black atau warna hitam.

Smartwatch ini memiliki strap karet hitam dengan pilihan lubang yang cukup banyak, sehingga dapat menyesuaikan dengan berbagai jenis ukuran pergelangan tangan.

Layar

Layar sentuh Honor Magic Watch 2 42mm sudah AMOLED dengan resolusi 390×390 pixel dan berukuran 1.2 inci. Gambar yang dihasilkan warnanya cerah dan terlihat jelas meski di luar ruangan (outdoor).

Animasi UI-nya juga tergolong mulus dibandingkan dengan beberapa smartwatch lain di pasaran dengan harga serupa.

Untuk Watch Face, Honor Magic Watch 2 varian 42mm memiliki lebih dari 20 Watch Face yang bisa diunduh via aplikasi Huawei Health.

Namun, smartwatch ini juga dapat menggunakan foto di galeri smartphone pengguna sebagai watch face. Smartwatch ini juga mendukung fitur Always On Display, dimana layar jam akan terus menyala.

review honor magic watch 2 (2)

Baca juga: Review Samsung Galaxy Watch Active 2 Smartwatch Terbaru yang Makin Canggih

Daya Tahan Baterai

Honor Magic Watch 2 42mm ini memiliki daya tahan baterai yang lebih kecil dibandingkan varian 46mm. Varian 46mm dapat bertahan hingga 14 hari, dan varian 42mm dapat digunakan hingga 7 hari dengan 1x charge.

Namun harga varian 42mm juga lebih terjangkau, dan penggunaan selama 7 hari dengan 1x charge sudah tergolong lama untuk smartwatch dengan fitur yang cukup banyak ini. Apa saja fiturnya? Mari kita lihat.

Fitur Olahraga

Smartwatch  ini dapat melacak hingga 15 jenis olahraga berbeda. Ada olahraga indoor seperti indoor running, walking, cycling, maupun olahraga outdoor seperti hiking, climbing, running, triathlon.

Ada juga olahraga renang Pool dan Open Water (Perairan Lepas), sehingga HONOR Magic Watch 2 varian 42mm sudah tahan air. Rating water resistance-nya 5ATM, yaitu hingga kedalaman 50 meter.

Ada juga 13 running course atau paket lari dengan tingkat kesulitan dan tujuan berbeda. Dari lari santai hingga lari untuk bakar lemak, paket lari di HONOR Magic Watch 2 dirancang dengan berbagai sesi lari untuk memenuhi kebutuhan pengguna. Perangkat ini juga sudah memiliki built-in GPS, sehingga dapat digunakan untuk melacak olahraga outdoor tanpa perlu terhubung ke smartphone.

Secara keseluruhan, jenis olahraga yang ditawarkan oleh HONOR Magic Watch 2 42mm ini cukup lengkap, karena variasinya cukup beragam serta memiliki jenis olahraga yang tidak dapat dilacak oleh beberapa smartwatch lainnya.

Data olahraga yang ditampilkan juga cukup lengkap. Dari detak jantung, kalori terbakar, jarak, kecepatan, hingga efek aerobik dan anaerobic, bahkan Vo2 Max.

Vo2 Max ini sangat membantu para atlet yang ingin meningkatkan performa mereka, karena merupakan indikator intensitas olahraga (dinilai dari tingkat konsumsi oksigen saat sesi olahraga).

Baca juga: 5 Smartwatch Garmin Terbaru, Ini Keunggulan dan Harganya!

Fitur Kesehatan

Sebagai wearables, tentunya Honor Magic Watch 2 42mm juga memiliki fitur kebugaran. Smartwatch ini memiliki fitur Heart Rate Tracker, Stress Tracker, dan Sleep Tracker.

Detak jantung yang ditampilkan cukup akurat dan datanya mudah diakses. Cukup swipe sekali ke kiri dan pengguna dapat melihat grafik status detak jantung selama 24 jam di berbagai waktu yang berbeda.

Dengan teknologi HUAWEI TruRelax™, perangkat ini juga dapat mengukur tingkat stres pengguna selama 24 jam, dan mengingatkan untuk rileks begitu tingkat stres melewati batas tertentu. Untuk rileks, terdapat aplikasi breakthing exercise di jam yang dapat menenangkan diri pengguna.

Salah satu fitur kebugaran yang unik adalah sleep tracker dengan teknologi HUAWEI TruSleep™. Selain menampilkan durasi tidur, HONOR Magic Watch 2 dapat menampilkan jenis masa tidur, dari tidur ringan, REM Sleep, hingga berapa kali terbangun.

Informasi ini disajikan dengan grafik yang simpel namun komprehensif di Aplikasi Huawei Health. Selain durasi dan jenis tidur, di Huawei Health juga terdapat saran untuk meningkatkan kualitas tidur pengguna.

Baca juga: Dijual 2 Jutaan, Ini Kecanggihan Smartwatch Huawei Watch GT 2

Notifikasi dari Smartphone

Honor Magic Watch 2 42mm ini pastinya sudah memiliki fitur notifikasi. Begitu tersambung dengan smartphone via Bluetooth, notifikasi yang muncul di smartphone juga dapat ditampilkan di jam.

Ikon notifikasi juga dapat berubah tergantung aplikasi, sehingga pengguna dapat membedakan notifikasi LINE, WhatsApp, Email, SMS, dan lainnya. Pengguna juga dapat langsung menolak panggilan dari smartwatch begitu ada panggilan masuk.

Smartwatch ini juga memiliki fitur yang jarang dimiliki smartwatch lainnya di pasaran, yaitu kemampuan menyimpan musik. HONOR Magic Watch 2 varian 42mm ini memiliki memori internal 4GB, dimana sekitar 2GB dapat digunakan untuk menyimpan musik! Musik dapat di-copy dari smartphone via aplikasi Huawei Health.

Meskipun tidak memiliki built-in speaker seperti varian 46mm, varian 42mm ini tetap dapat memutar musik yang tersimpan di jam, namun harus terknoneksi dengan Bluetooth earphone terlebih dahulu.

Masih banyak fitur-fitur lain dari HONOR Magic Watch 2 varan 42mm ini, seperti menampilkan lokasi dan cuaca, fitur timer dan stopwatch, torch, serta Find My Phone yang dapat membunyikan smartphone pengguna.