Review 1More ColorBuds : Earbuds Rp 1 Jutaan, Kualitas Suara Jempolan

Semenjak kemunculan pertama pada tahun 2016, perangkat audio untuk menemani smartphone atau biasa yang disebut dengan True Wireless Stereo (TWS) begitu banyak digemari orang-orang. Faktor yang menjadi alasan utamanya selain lebih nyaman dalam penggunaan, tentu saja karena kepraktisannya tanpa kabel.

Belakangan ini banyak vendor-vendor yang memproduksi earphone jenis TWS atau True Wireless Stereo. Salah satunya adalah 1More ColorBuds dari 1More. Sebagai info tambahan, 1More sendiri adalah merek dagang audio asal Tiongkok yang kini produknya telah tersebar di 26 negara termasuk Indonesia, India, Spanyol, Amerika Serikat, Inggris, Jerman, dan masih banyak lagi. Melalui jalur distribusi Erajaya Group, saat ini produk-produk dari 1More telah di hadir Tanah Air.

Kali ini Team GadgetSquad.ID diberikan kesempatan untuk mencoba salah satu varian produk 1More yaitu 1More Colorbuds. Seperti apa kemampuan audio dari perangkat ini ? untuk mengetahui lebih lanjut, yuk simak Review 1More Colorbuds berikut ini

Unboxing 

Kotak penjualan 1More ColorBuds datang dalam boks ritel sederhana dengan satu kabel pengisi daya USB-A ke USB-C, dan sebuah case berisi sepasang buds itu sendiri. Kedua buds juga telah terpasang secara magnetis di dalam case sehingga menahannya saat terjatuh secara tidak sengaja. Kemudian ada juga manual book, sticker, ear tips tambahan dengan tiga ukuran berbeda yang terbuat dari bahan plastik silikon.

Desain Ringkas 

Secara desain, 1More Colorbuds memiliki bentuk yang ringkas dan ringan dengan bobot sekitar 40 gram. Dengan hal tersebut, tentunya perangkat ini masih sangat nyaman untuk di masukan ke dalam saku celana saat digunakan di luar ruangan.

Bodi Colorbuds atau charging box terbuat dari bahan plastik Acrylonitrile butadiene styrene (ABS) dengan efek glossy. 1More Colorbuds hadir dengan empat pilihan warna menarik, yakni Midnight Black, Twilight Gold, Spearmint Green dan Sakura Pink seperti unit yang kami review kali ini.

Pada bagian depan terdapat satu lampu LED sebagai penanda koneksi dan kondisi baterai. Sedangkan di bagian belakang terdapat satu port USB-C untuk mengisi daya charging box. Ketika membuka case, ada tombol fisik yang berada tepat di tengah diantara earbuds. Tombol ini berfungsi untuk menyambungkan earphone ke smartphone via bluetooth atau juga sebagai tombol “ reset “ perangkat.

Masing-masing earbuds terdapat tiga pin metalik mencakup mikrofon dengan sensor jarak yang bisa menjeda musik secara otomatis. Selain itu bobot setiap earbud juga hanya 4,1 gram, dengan berat case 32,1 gram. Jadi total berat dari kedua earbud berada di dalam case sekitar 40,3 gram.

Terlepas dari desainnya yang menarik, saat coba menggunakan perangkat ini kurang lebih sekitar satu jam lamanya bisa kami bilang 1More ColorBuds adalah TWS yang cukup nyaman digunakan dalam waktu yang lama. Untuk pengguna yang hobi berolahraga, 1More ColorBuds juga sudah dibekali dengan sertifikasi Waterproof IPX5. Artinya, perangkat ini bisa digunakan dengan aman saat terkena cipratan air atau keringat ketika sedang melakukan aktifitas seperti, fitness ataupun jogging. Saat dibawa berlari pun 1More ColorBuds masih sangat nyaman digunakan dan tidak mudah jatuh atau terlepas dari telinga.

Kualitas Audio 

Berbicara soal kualitas suara, ketika kami mencoba mendengarkan lagu favorit (LANY – Super Far) di playlist Spotify yang genrenya sedikit lebih beat, suara yang dihasilkan dari TWS ini tingkat bass maksimal dan solid. Dalam pengaturan Dinamis atau Normal, 1More Colorbuds terdengar jernih dan seimbang antara volume dan bass. 

Demikian juga saat digunakan untuk bermain game online PUBG Mobile ataupun menonton streaming film favorit. Latensi dari Colorbuds ini terbilang cukup rendah, sehingga suara yang dihasilkan tetap stabil dan tidak ada bagian suara yang tertinggal saat digunakan ketika di ruang terpisah dengan earbuds.

Fitur 

Salah satu fitur yang menurut kami patut diapresiasi dari perangkat ini adalah teknologi “ Noise Cancellation “ yang dibawanya. Saat mengaktifkan fitur ini, suara dari luar bisa diisolasi dengan cukup baik untuk TWS di harga Rp. 1 Jutaan. 

Menariknya, 1More ColorBuds sudah dibekali dengan fitur TWS premium seperti dukungan Qualcomm aptX dan AAC. Kemudian, pengguna juga bisa melakukan kustomisasi volume dan yang lainnya melalui fitur-fitur 1More ColorBuds menggunakan aplikasi 1More Music yang bisa di unduh melalui iOS ataupun playstore.

Menyoal gesture, di bagian punggung earphone terdapat tombol sentuh yang berfungsi untuk melakukan dua fungsi yang berbeda. Ketuk dua kali untuk memainkan musik dan stop, sedangkan ketuk tiga kali untuk voice.

Daya Tahan Baterai 

kapasitas baterai setiap earbud sebesar 55 mAh. Sedangkan baterai pada case sebesar 410 mAh. Bicara soal daya tahan hidupnya, menurut kami perangkat ini sangat cukup untuk menemani aktivitas seharian. Untuk penggunaan nonstop baterai 1More Colorbuds bisa digunakan sekitar 6 jam untuk mendengarkan musik. Jika di tambah dengan bantuan case pelindungnya, yang juga berfungsi untuk mengisi daya earbuds, ada tambahan waktu yang bisa bertahan sekitar 16 jam. Jadi total hampir 22 jam masa pakai baterai dari ColorBuds plus gabungan casing.

Sebagai info tambahan, setiap earbuds memiliki kapasitas baterai sebesar 55 mAh dengan baterai case sebesar 410 mAh. Pada saat kami mencoba mengisi daya perangkat dalam keadaan low, butuh waktu sekitar satu jam untuk kedua earbud dan casing akan terisi 100 persen.

Kesimpulan 

Dibanderol dengan harga Rp 1 jutaan, menurut kami perangkat ini memiliki desain yang stylish dengan beragam warna menarik yang bisa dipilih. Selain nyaman dipakai lama, kualitas audio Colorbuds ini juga memiliki kualitas yang jernih dengan suara bass yang cukup dalam. Walaupun berada di kelas menengah, menariknya, 1More ColorBuds juga sudah dibekali dengan fitur TWS premium seperti dukungan Qualcomm aptX dan AAC.