Review ASUS Zenfone Live L1: Layar Makin Luas, Harga Pas

Bersama ASUS Zenfone 5, ASUS Zenfone Live L1 meluncur. Hp generasi kedua dari seri Live ini memiliki keunggulan utama layar kekinian. Dan kali ini GadgetSquad berkesempatan untuk melakukan review ASUS Zenfone Live L1.

Review Asus Zenfone Live L1
Review Asus Zenfone Live L1

Sebagai generasi kedua dari hp yang mengusung kemampuan live streaming dan broadcasting ASUS Zenfone Live L1 hadirnya sejumlah kelebihannya. ASUS pamerkan ini dengan keunggulan utama pada desain layar rasio 18:9 kekinian.

Review Asus Zenfone Live L1

Dibanderol denmgan harga 1 jutaan, hp ini cocok pengguna baru yang ingin memiliki tetap eksis di media sosial

Desain

Dibandingkan dengan seri pendahulunya, perbedaan yang sangat jelas dari sisi desain pada Zenfone Live L1 adalah dari layarnya yang sudah menggunakan layar full view. Berkat layar ini membuat perangkat ini mampu menyuguhkan desain yang trendi dan kekinian.

Hp yang memiliki punya bodi tipis dan kompak juga ringan, karena bobotnya hanya 120 gram. Dibangun dengan bentuk punggung yang agak melengkung, membuatnya lebih compact dan secara estetika akan memberikan kenyamanan bagi pengguan yang memegangnya.

ASUS Zenfone Live L1 memasukan dua buah slot kartu SIM dengan kartu memori MicroSD. Jadi pengguna pada SIM kedua pengguna memilih untuk menggunakan SIM Card atau micro USB (hybrid) untuk menambahkan memori eksternal. Menariknya hp 4G LTE ini bahkan sudah mendukung untuk semua oeprator yang ada di Indonesia termasuk Bolt dan Smartfren.

Review Asus Zenfone Live L1
Review Asus Zenfone Live L1

Baca Juga: Setelah Pre-Order, Hp Asus ZenFone Live L1 Dijual Flash Sale dengan Harga Diskon

Layar

Pada layar, ASUS membenamkan tampilan layar yang lebih besar dari generasi sebelumnya. saat ini Zenfone Live L1 memiliki konsep The Real FullView dengan ukuran layar 5,5 inci. Memiliki layar yang maksimal, dengan screen to body ratio sebesar 82 persen membuat perangkat ini memiliki bezel tipis dan akan nyaman untuk menonton video dan browsing. Bahkan pengguna akan lebih nyaman, karena terasa memegang perangkat dengan layar 5 inci.

Dengan aspek ratio 18:9 yang masih menjadi andalan, Tampilan layar makin mantap. Layarnya sudah mendukung resolusi layar HD+ 1440×720 piksel.

Kamera

Sebagai hp yang mengedepankan akan fitur live streaming, Kamera Asus Zenfone Live L1 dilengkapi dengan resolusi yang cukup tinggi. ASUS ZenFone Live juga punya kamera belakang 13MP dengan aperture f/2.0 serta five-prism lens. Agar dapat mengambil foto lebih tajam, ia mendukung fitur Phase Detection Auto Focus dengan kecepatan hanya 0,3 detik.

Sementara pada kamera depan, smartphone ini memiliki kamera depan 5MP. Kedua kamera ini dukungan pula dengan lampu LED. ASUS memberikan ukuran pixel size sebesar 1.4um untuk mengisi keseluruhan sensor pada hp ini.

Pada kamera depan pengguna bahkan dapat melakukan selfie dengan sudut 82 derajat. Sehingga saat memotret dengan lensa wide-angle dengan sudut lebar memunginkan pengguna mengambil banyak objek dalam satu frame foto.

Kameranya sudah mendukung fitur livestream beautification, kamera depan pada ASUS Zenfone Live juga sudah dimodifikasi sedemikian rupa agar dapat mengambil foto selfie lebih tajam dan jelas.

Review Asus Zenfone Live L1

ZenFone Live juga dilengkapi dengan soft-light LED flash yang mampu mengiluminasikan skin tone lebih alami. Dan untuk menyempurnakannya fitur kamera ini, Live L1 menggunakan software andalan ASUS PixelMaster, membuat fitur kamera menjadi lebih lengkap.

Sama seperti jajaran hp ASUS ZenFone lainnya, ZenFone Live juga menggunakan teknologi low-light yang tersedia pada ASUS PixelMaster Camera. Teknologi low-light tersebut mampu meningkatkan sensitivitas cahaya, mereduksi noise dan meningkatkan kontras warna hingga 400 persen.

Didalamnya tersedia banyak pilihan yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Mulai dari Auto, HDR Pro, Beautification, Potrait Mode, Panorama dan Time Lapse. Adapun untuk kamera depan, moduse pemotretan yang tersedia adalah Beautification, dan Potrait Mode.

Saat mencoba fitur HDR di Zenfone Max, smartphone ini mampu menghasilkan detail obyek di bayangan matahari yang tepat mengarah ke kamera.

Baca Juga: Dijual Murah! Ini Spesifikasi dan Harga Asus Zenfone Live L1

Hemat daya

Menariknya ZenFone Live L1 juga dibekali dengan kemampuan untuk menghemat daya lewat modus power saving. Saat modus ini aktif dilakukan untuk mengambil video time lapse. ASUS mampu menurunkan tingkat kecerahan layar, sehingga hp secara otomatis akan masuk kedalam airplane mode.

Pada modue sini jaringan radio akan dimatikan. Dengan begitu saat perekaman video time lapse dilakukan, pengguna tidak akan mengangkat panggilan telepon atau menjawab SMS.

Review Asus Zenfone Live L1
Review Asus Zenfone Live L1

Selain kamera sejatinya ponsel pintar ini juga dilengkapi dengan pengalaman multimedia yang cukup baik di kelasnya. Dari sisi audio, ASUS membawa teknologi dual microfon noise cancellation, enhanced speech clarity, smart amplifier technology, 5 magnet audio dan ICE power dan Sonic Master.

Pada fitur Dualdmicrofon, mampu berfungsi untuk meminimalkan noise yang terjadi pada saat melakukan live streaming. Lubang mic ditempatkan di bawah berdekatan dengan grill speaker.

ASUS ZenFone Live L1, memiliki speaker bertenaga dengan desain 5 magnet dan metal voice coil yang akan memproduksi audio yang keras dan jernih serta kualitas sangat baik di setiap skenario. Speaker ini juga dilengkapi dengan smart amplifier yang dapat meningkatkan kekuatan suara serta resolusi audio tanpa suara terdengar pecah.

Dengan kombinasi tersebut, ZenFone Live L1 diklaim mampu menghadirkan audio hingga 67 persen lebih keras dibanding hp lain di kelasnya. Selain itu, kombinasi keduanya mampu memperluas reproduksi suara frekuensi rendah hingga 17 persen dan mengurangi distorsi hingga 15 persen.

Baca Juga: Review Asus Zenfone 5 – Layak Dipilih !

Kinerja

Dipasarkan untuk memadati pangsar pasar hp entry level yang terjangkau, ASUS Zenfone Live L1 memiliki sejumlah teknologi yang disesuaikan untuk kebutuhan pasar tersebut serta para calon penggunanya.

Pada chipset prosesor, Live L1 ini sudah dibekali dengan Snapdragon 425. Prosesor ini memiliki empat inti otak (quad core processor) dengan kecepatan 1,4GHz. Sedangkan pada sistem olah grafisnya sudah lebih baik dibandingkan pendahulunnya menggunakan Adrenon 305, terkini diupdate menjadi Adreno 308.

Review Asus Zenfone Live L1
Review Asus Zenfone Live L1

ZenFone Live memiliki RAM sebesar 2GB dengan kapasitas media penyimpanan sebesar 16GB. Dengan spesifikasinya ini, boleh dikatakan gadget ini adalah perangkat yang value for money untuk perangkat Hp di segmentasinya.

Saat di test Smartphone ini untuk pemakaian sehari-hari kinerja yang diberikan perangkat ini cukup baik menangani semua aktivitas standart, seperti melakukan multitasking, seperti membuka Instagram, browser, YouTube, dan bermain game.

Berselancar di dunia maya dengan membuka banyak tab juga bisa dilakukan dengan lancar tanpa ada masalah. Tidak hanya itu. bermain game demngan resolusi tinggi juga tidak masalah. dan lancar.

ZenFone Live L1 menggunakan ukuran baterai sebesar 3000 mAh. Kapasitas ini mendapatkan peningkatan cukup jauh dibandingkan generasi Live sebelumnya yang hanya memiliki ukuran baterai sebesar 2.650mAh.

Review Asus Zenfone Live L1
Review Asus Zenfone Live L1

Baca Juga: Ini Beda Hp Asus Zenfone 5 dan Zenfone 5Z, Jangan Salah Pilih !

Konektivitas

Sebagai gambaran, dengan kapasitas daya sebesar itu, hp tersebut mampu aktif dalam mode 3G selama 29 jam untuk talktime. Sementara dalam mode standby perangkat ini mampu bertahan hingga 42 hari lamanya. Perangkat ini juga mampu bertahan selama 4 hari untuk memutar musik dan 18 jam non stop untuk terhubung dengan koneksi WiFi.

Bagi kamu yang menginginkan hp ini, Zenfone Live L1 memiliki dua varian dengan harga yang tentu saja berbeda. Untuk harga reguler, varian dengan kapasitas RAM 2GB dan memori internal 16GB dibanderol dengan harga Rp 1.399.000. Sedangkan versi yang agak tinggi yaitu varian dengan RAM 3GB dan memori internal 32GB dipasarkan dengan harga Rp 1.699.000.

Jika ingin mendapatkan harga yang lebih murah, ASUS menggelar flash sale di situs belanja JD.ID setiap hari Kamis, dimulai pada 31 Mei 2018 serta 7, 14, 21, 28 Juni pukul 11 siang. Untuk harganya, pengguna yang melakukan pre-order ataupun mengikuti flash sale, bisa mendapatkan ZenFone Live L1 di harga Rp1,299 juta (versi 2GB/16GB).