Review HP ENVY x360 13: Desain Tipis dalam Balutan Bodi Premium

0

review hp envy x360 13 (6)Agustus 2018 lalu, HP Indonesia menghadirkan laptop convertible HP ENVY x360 13 di Indoneia. Dengan performa handal, laptop yang Didukung dengan prosesor AMD Ryzen Mobile, laptop baru dari dari HP ini didesain ramping dan elegan. Sangat cocok untuk para konten creator.

Desain premium dan ramping

Laptop ini didesain dengan balutan metal. Sebagai laptop convertible, HP ENVY x360 menawarkan warna Dark Ash Silver dengan pola unik Damascus. Bentuk membautnya keren dan kekinian. Laptop ini dapat diputar 360° bahkan dapat dioperasikan dalam mode Stand, Mode Tent dan mode Table.

Mode Stand sangat cocok untuk kamu gunakan untuk menonton video. Sedangkan mode Tent cocoknya untuk melakukan presentasi untuk dilihat bersama. Sedangkan mode Tablet cocok digunakan untuk aktivitas menggambar atau menulis.

review hp envy x360 13 (6)

Laptop convertible 13-inci ini juga memaksimalkan pengalaman pengguna dengan empat mode produktif. Jadi dapat mengakomodasi pengguna untuk pekerjaan kreatif baik ketika menulis, menggambar, menciptakan video, mendesain, dan masih banyak lagi.

Untuk itu HP juga menyertakan HP Active Pen pada laptop ini. Perangkat inilah yang membuatnya sangat cocok untuk konten creator yang suka membuat sketsa atau lainnya.

Pada bagian depan terdapat logo HP. Dengan balutan warna Dark Ash Silver membuat laptop ini terkesan sangat premium. Memiliki desain yang tipis dan kompak, pengguna sangat nyaman membawanya kemanapun.

review hp envy x360 13 (6)

Baca juga: 8 Keunggulan Laptop HP ENVY x360 13, Cocok Untuk Content Creator

HP Stylus Active Pen

HP Stylus Active Pen dapat memberikan pengguna untuk pengalaman kerja yang natural, dan Windows Ink. Kelengkapan ini sangat dibutuhkan oleh para pekerja kreatif, yang suka menggambar melalui laptop.

Stylus ini berfungsi sebagai penunjuk dan bisa memberikan beberapa perintah tambahan secara cepat. Apabila pengguna tidak memerlukan fungsi yang rumit, stylus ini juga berguna sebagai pena saat menggunakan aplikasi editing gambar semacam Microsoft Paint.

review hp envy x360 13 (6)

Layar Sentuh

Perangkat ini tersedia dalam warna Dark Ash Silver dengan pola unik Damascus. Selain itu dengan bezel tipis dan edge-to-edge backlit keyboard, membuat laptop ini tampil elegan dan mewah. Dilengkapi layar IPS 13,3 inci resolusi Full HD dengan bezel tipis.

Layarnya masih dilapisi dengan lapisan Corning Gorilla Glass NBT membuat laptop ini memiliki reaksi intuitif tinggi. Dengan form factor laptop 2-in-1 tebal bodi HP Envy x360 tergolong tipis dengan ukuran hanya 1,49 cm saat layar ditutup.

Jadi tidak hanya memberikan tampilan yang memuaskan dalam melihat layarnya. Laptop ini juga mampu memberikan kekuatan pada layar. Karena tersebut juga dapat membuat pengguna tidak perlu khawatir akan daya tahan laptop.

review hp envy x360 13 (6)

Baca juga: Review Laptop HP 14: Ringan dan Lebih Murah, Dibekali AMD Ryzen Mobile

Keyboard

Pada bagian dalam bisa dilihat desain keyboard yang proporsional, tidak terlalu rapat dan tidak terlalu lebar. Jarak antara tombol satu ke yang lainnya sangat sesuai dan pas.

HP Envy x360 menyertakan tombol keyboard utama dengan ukuran yang cukup besar. HP juga namambahkan satu kolom tombol khusus Home, End, Page Up, dan Page Down. Dengan lampu backlit warna putih, dapat pengguna dalam mengetik pada kondisi gelap.

Pemasangan keyboard juga nyaris tanpa bingkai pada bagian sisinya, ini membuat pengguna tetap leluasa dalam mengetik.

review hp envy x360 13 (6)

Pada sisi atas keyboard terdapay lubang speaker Bang & Olufsen sekaligus ventilasi. Jadi, tidak hanya mesin komputasi grafis revolusioner.

Laptop ini juga menggabungkan kinerja dengan display ekstra terang FHD8 micro-edge14. Dan Speakers Quad HP Bang & Olufsen, dan HP Audio Boost memberikan pengalaman entertainment terbaik.

Port

Laptop Convertible ini memiliki port yang terbilang lengkap. 1 Port USB 3.1 Gen 1 (5 Gbps) dan Headphone Microphone Combo Jack dapat ditemukan pada sisi kiri. Pada bagian ini juga tersedia tombol Power On/Off dan satu micro SD Card Reader.

Sementara pada sisi sebelah kanan dijumpai 1 port USB 3.1 Gen 2 Type-C (10 Gbps), 1 port USB 3.1 Gen 1 (5 Gbps), dan 1 port DC-IN. Pada sisi juga tersedia tombol Volume Up/Down.

Laptop ini memang tidak menyediakan port HDMI, tapi pengguna tidak perlu khawatir, karena HP Envy x360 sudan menyediakan konverter USB Type-C to HDMI yang ada pada paket penjualannya.
Fitur

Sebagai sebuah laptop convertible, HP Envy x360 dirancang dengan engselnya yang luwes. Jadi ketika masuk ke mode tent atau tablet, Windows 10 secara otomatis menerapkan fungsi penuh penggunaan layar sentuh. Perubahan ini kami rasakan dapat berganti dengan cepat dan responsif.

Dengan ketersediaan stylus, HP sangat cocok untuk mereka para profesional, yang dapat dimanfaatkan secara maksimal

Login cepat dan aman dengan Windows Hello, serta video chat dengan kamera HP Wide Vision FHD IR13. Fitur ini akan memberikan keamanan pada laptop, sehingga penggunanya tidak perlu khawatir kehilangan dokumen yang disimpan pada laptop.

review hp envy x360 13 (6)

Baca juga: Review HP 14-BW017AU, Laptop Pemula Cocok Untuk Mahasiswa

Prosesor AMD Ryzen Mobile

Untuk performanya, HP Envy x360 menggunakan prosesor AMD Ryzen 7 2700U. Selain telah menggunakan arsitektur CPU paling canggih dari AMD saat ini, Ryzen 7 2700U juga datang dengan konfigurasi EMPAT core prosesor dengan teknologi SMT (Simultaneous Multithreading) yang memungkinkan APU 8th Gen “Raven Ridge” ini menangani delapan proses komputasi sekaligus.

Ini membuatnya sangat cocok digunakan di aplikasi dengan kebutuhan thread dalam jumlah masif. Sementara itu untuk kecepatan kerja, Ryzen 7 2700U memiliki nilai base clock 2,2 GHz dan kecepatan maksimal boost clock di 3,8 GHz.

review hp envy x360 13 (6)

Dengan menggabungkan arsitektur “Zen” x86 cores menghadirkan Teknologi AMD SenseMI dengan kecerdasan tingkat prosesor, serta grafis revolusioner Radeon RX “Vega”.

Jeroan ini menawarkan hingga 175% peningkatan performa CPU multi-thread7. Sehingga membuka aplikasi lebih cepat hingga 41% dibandingkan dengan pendahulunya, AMD® FX™ 9800P Generasi ketujuh.

Dengan kinerja yang mumpuni, pekerja kreatif seperti youtuber yang sering menggunakan laptop untuk edit video jadi lebih mudah dan cepat. Karena bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun.

Grafis

Dari sisi kemampuan grafis HP ENVY x360 13 memiliki kemampuan multi-threaded processing dan kartu grafis yang terintegrasi sehingga memiliki performa tinggi. Karena didalam Ryzen 7 2700U sudah tertanam grafis Radeon RX Vega 10 Graphics yang telah mengadosi arsitektur Vega (GCN 5th Gen). Arsitektur yang juga digunakan pada lini graphics card desktop Radeon Vega 64/56.

GPU Radeon RX Vega 10 Graphics memiliki 10 CU (Compute Units) aktif dengan 640 Stream Processor, 40 Texture Units, dan 16 ROP Units. Radeon RX Vega 10 Graphics menggunakan memori/RAM sistem saat bekerja dengan bus width 128-bit berkat penggunaan konfigurasi dual channel memory.

review hp envy x360 13 (6)

GPU Radeon RX Vega 10 Graphics memiliki kecepatan kerja maksimal sebesar 1300 MHz dengan kecepatan kerja memori/VRAM 2400 MHz yang sama dengan kecepatan kerja memori/RAM sistem.

HP ENVY x360 13 juga didukung dengan kapasitas RAM 8GB dan memori internal bawaan sebesar 512GB PCIe NVMe M.2 SSD. Dengan spesifikasi ini pastinya penggunaan sehari-hari jadi tidak ada masalah pada performanya.

Saat kami coba dalam jangka waktu yang cukup lama, HP Envy x360 memang menghasilkan suhu panas yang terasa hingga bawah keyboard, namun hal ini masih wajar.
Dengan bentuk yang premium plus lapisan logamnya membuat kam suka akan desainnya.

Untuk mengetahui performanya, pada pengujian PCMark 10 laptop ini mampu memperoleh skor sekitar 3.228. dengan skor ini nampaknya laptop ini mampu memenuhi kebutuhan multitasking dan komputasi sehari-hari.

review hp envy x360 13 (6)

Baca juga: Laptop Convertible Terbaru HP ENVY x360 13 Meluncur dengan Prosesor AMD Ryzen Mobile

Fitur lain

HP ENVY x360 13 juga dilengkapi dengan HP Command Center yang memudahkan content creator mengoptimalkan performa sistem. Selain itu suara kipas dan suhu dengan teknologi CoolSense.

Konektivitas juga bukan masalah besar dengan dukungan kecepatan Wi-Fi Gigabit yang memberikan koneksi internet cepat untuk streaming. Apalagi laptop ini juga memiliki daya besar sehingga dapat mengakomodasi pengguna menikmati konten film, musik dan gaming.

review hp envy x360 13 (6)

Hemat Baterai

Tidak hanya dari sisi kinerja, daya tahan yang luar biasa sangat menunjang pekerja pada konten creator yang bisa bekerja secara mobile.

HP ENVY x360 mendukung mobilitas dengan Prosesor AMD Ryzen Mobile diklaim mampu memberikan performa luar biasa dengan kapasitas baterai hingga 11 – 12 jam.

Kemampuan mengisi daya baterai dari nol hingga 50 persen dalam 45 menit dengan teknologi HP Fast Charge10.

Serta penyimpanan super cepat berkapasitas 512 GB PCIe® NVMe™ SSD11, PC penuh performa ini diciptakan untuk bekerja ataupun bermain tanpa batas.

Pada pengujian yang kami lakukan HP ENVY x360 13 mampu bertahan hingga 5 jam dari keadaan baterai 100% dengan penggunaan standart browsing, mengetik dan sesekali nonton video streaming.

review hp envy x360 13 (6)

Spesifikasi HP Envy x360 13

Harga: Rp. 16.499.000,-
Dimensi: 306,7 x 214,6 x 14,9
Berat: 1316 (Notebook) 276 (Charger)Layar: 13,3 inch @1920 x 1080 pixels @60 Hz
Prosesor: Processor AMD Ryzen 7 2700U (Base 2,2 GHz/Boost 3,8 GHz), Motherboard AMD Carrizo FCH-based
Memori: 8 GB DDR4 @2400 MHz (Dual Channel)
Grafis: AMD Radeon Vega 10 Graphics
Storage: 512 GB SSD PCIe NVMe
Wireless: 802.11a/b/g/n/ac & Bluetooth V4.1 (by Realtek 8822BE)
Battery 53,2 Wh
Sistem Operasi: Windows 10 Build 1803