Review Laptop HP 14: Ringan dan Lebih Murah, Dibekali AMD Ryzen Mobile

 

laptop HP 14Bersama HP Envy x360, Laptop HP 14 dan 15 meluncur kemarin di Indonesia. Ketiganya merupakan laptop terbaru Hewlett-Packard (HP) yang membawa prosesor AMD Ryzen Mobile plus kartu grafis Radeon Vega. Prosesor dan grafis ini merupakan produk terbaru AMD yang diklaim mampu bersaing dengan pesaingnya Intel. Laptop HP 14 sendiri dibanderol mulai Rp 5 jutaan.

Laptop dengan kode produk 14-cm0006AU ini diklaim mampu mengakomodasi content creator dan pekerja mobile yang suka bermain game. Bagaimana kemampuan laptop ini? Berikut adalah reviewnya.

Desain

Kesan pertama saat melihat laptop ini, mungkin banyak yang mengira ini adalah laptop macbook seri lawas dengaan bodi yang kokoh, namun saat melihat logo pada bagian depan baru bisa ketahuan jika ini bukan laptop keluaran dari Apple.

Masuk dikelas murah tongkrongan bodinya memang sedikit menipu mata. Kelihatan berbahan metal dari jauh, namun tapi saat dipegang nyatanya dilapisi dengan material plastik. Beruntungnya HP membangun laptop HP 14 dengan bahan yang berkulitas, sehingga built qualitynya juga tidak mengecewakan. Apalagi HP mengakalinya dengan sentuhan brushed ala metal.

laptop HP 14

Dimensinya tergolong tipis, karena hanya memiliki ketebalan sekitar 1,99 cm saja. idengan bobot 1,47 Kg. tidak hanya tipis, bogi dari laptop ini juga sangat ringan dang nyaman untuk dibawa kemana-mana. Jujur saja saat penulis menuliskan artikel review ini kami menggunakannya sambil tiduran diatas tempat tidur. Karena selain ringan, laptop ini ternyata tidak menimbulkan panas yang berarti saat ditaruh diatas paha dalam jangka waktu yang lama.

Tidak sepenuhnya berwarna metal dibagian dalam cangkang, dikombinasikan dengan warna hitam didalamnya nampak panel keyboard, trackpad beserta klik kanan dan kiri, dan bingkai layar demngan bezen yang cukup tipis.

Beralih pada bagian sisi laptop ini, kamu bisa menemukan port connector yang cukup lengkap bagi kamu para pekerja. Pada bagian kanannya tersedia 2 port USB 3.1 Gen 1, 1 USB 2.0, 1 HDMI v1.4b , 1 RJ-45 , 1 Headphone dan Microphone combo. Pada sisi kiri tersedia 1 multi-format SD media card reader, dan Kensington MicroSaver security lock support.

laptop HP 14

Keyboard dan Trackpad

Pada bagian keyboard, kami merasakan desain yang cukup nyaman untuk digunakan mengetik. Bahkan kami jarang melakukan kesalahan atau typo saat mengetik. HP 14 tampil dengan jarak antartuts yang terbilang lega.

Area trackpad di laptop ini terbilang cukup lega, tersedia pada bagian tengah, pengguna bisa leih leluasa saat bernavigasi saat menggunakan laptop ini. Sentuhan saat bernavigasi pada trackpad juga responsive.  Yang kami suka pada bagian ini adalah klik kiri dan kanan yang dibuat menonjol, ini membuat pengguna nyaman dan tidak bingung saat memilih klik kanan atau kirinya. Apalagi menggunakan bantakjan tombol yang taktis yang membuat klik jadi lebih pas.

laptop HP 14

Layar

HP 14 dibekali dengan bentang layar seluas 14 inci, dengan layar luas, laptop ini masih memiliki resolusi yang cukup tinggi dengan 1366 x 768 piksel. Didukung panel layar jenis LED, membuat layar mampu emnampilkan tampilan tyang terang dan jelas. Menariknya laptop ini masih memiliki sudut pandang yang luas, jadi layar masih nyaman saat dilihat dari tertentu.

Saat digunakan untuk menonton video secara streaming, laptop ini mampu menampilkan video dengan ukuran FULL HD dengan sangat jelas dan detail yang sangat bagus. Tidak hanya itu, layarnya juga tidak membuat mata cepat lelah.

Baca Juga: 2 Laptop Generasi Terbaru ASUS ROG Strix GL504, Bazel Tipis dan Bertenaga

Bagi kamu yang suka mendengarkan musik, laptop HP 14 memiliki kualitas suara yang cukup bagus. Speaker yang berada tepat di atas keyboard memiliki keluaran suara yang cukup nyaman ditelinga. Hal ini kami buktikan saat melantunkan lagu yang diputar melalui straming youtube. Kualitas speaker laptop ini memiliki suara bass dan treeble yang seimbang.

Tidak hanya itu, speaker laptop ini juga cukup mendukung kamu saat bermain game. Kualitas suara dari game bisa dipancarkan dengan baik.

Performa

Laptop ini didukung oleh prosesor AMD Ryzen 3 2200U dengan kartu grafis AMD Radeon Vega 3. Dikombinasikan dengan RAM 4 GB, hard disk 1 TB. Laptop ini cukup nyaman dipakai untuk menunjang pekerjaan dan bermain game.

Dengan dukungan kartu grafis Radeon Vega 3 Graphics yang dimilikinya, membuat game ini mampu menjalankan game dengan grafis yang cukup detail.

laptop HP 14

Dibekali dengan prosesor dari AMD, awalnya kami tidak yakin akan kemampuannya. Apalagi prosesor ini banyak yang mengklaim cepat panas. Tapi setelah menggunakannya dalam jangka waktu yang lama, nyatanya prosesor AMD Ryzen tidak panas bahkan tetap dingin.

Melalui prosesor terbaru dari AMD ini, nampaknya dapat merubah mindset kebanyakan orang yang meng-under estimate prosesor pesaing intel ini. Jadi untuk urusan performa, jangan diremehkan, sebab prosesor AMD Ryzen Mobile, mampu mengakomodasi kamu pekerja kreatif yang juga suka nge-game. Apalagi soal kemampuannya mengerjakan aplikasi kantoran, sudah pasti lancar jaya tanpa ada masalah.

Menariknya laptop yang masuk dikelas mainstream ini masih bisa kamu kamu upgrade untuk memori RAM hingga 16 GB. Karena ruang penyimpanan untuk slot RAM sudah tersedia. Sementara penyimpanan data juga sudah tergolong besar dengan 1TB.

Pada paket penjualannya, HP 14 sudah didukung dengan Windows 10. Didalamnya juga sudah tersedia beragam aplikasi perkantoran yang siap mendukung pekerjaan kamu.

Saat diuji menggunakan aplikasi bachmark PC Mark 10, laptop ini mampu mendapatkan skor 2403. Sedangkan pada aplikasi Cinebench bisa menyentuh 32 FPS dan skor 530 CB.

Laptop dan game memang sulit dipisahkan. Meski bukan spesialisasi untuk game, user kerap mencoba untuk memasang beberapa game. Begitu juga dengan HP 14. Kombinasi antara AMD Ryzen yang didukung kartu grafis Radeon Vega sudah kuat untuk menjalankan beberapa game.

Saat dicoba bermain Battlefield 1, skor yang dihasilkan juga tinggi. Rata-rata mendapat 25 FPS dengan nilai tertinggi 29 FPS. Hasil yang bagus juga saat menggunakan game berat seperti Need for Speed Payback. Dengan seting grafis otomatis mampu bisa menghasilkan 23 FPS dengan skor tertinggi 27 FPS.

Baterai

Dibekali dengan baterai 3-cell, 41 Wh Li-ion prismatic Battery. Laptop ini  cukup memberikan daya tahan yang lama. Menariknya pengisian dayanya juga terbilang cepat.

Laptop dengan daya tahan baterai cukup lama ini sangat pas untuk kamu yang aktif dan bekerja mobile. Saat kami gunakan untuk mengetik sambil mengetes game serta mendengarkan musik, laptop ini masih bisa bertahan hingga 2 jam.

Spesifikasi HP 14-cm0006AU 

Prosesor: AMD Ryzen™ 3 2200U (Dual Core 4 Thread, up to 3.4 GHz burst frequency)
OS: Windows 10 Home Single Language 64
RAM: 4 GB DDR4-2400 SDRAM (1 x 4 GB)
Storage: 1 TB 5400 rpm SATA
Graphic: AMD Radeon™ Vega 3 Graphics
Display: 14 inci diagonal HD SVA BrightView WLED-backlit (1366 x 768)
Ports: 2 xUSB 3.1 Gen 1 (Data transfer only), 1 xUSB 2.0, 1xHDMI 1.4b, 1 RJ-45; 1 headphone/microphone combo
Wireless: 802.11b/g/n (1×1) Wi-Fi® and Bluetooth® 4.2 combo
Berat: Starting at 1.47 kg
Baterai: 3-cell, 41 Wh Li-ion
Power supply: 45 W AC power adapter