Review Huwaei Y7 Pro (2019), Di Balik Harga Murah dan Desain Elegan, Ternyata…

0

GadgetSquad.id – Setelah terbilang sukses mengangkat pamornya lewat serangkaian hape seri P, seri Mate dan seri Nova pada tahun lalu, di awal tahun 2019 Huawei coba mengalihkan fokusnya pada Hp kelas entry level atau Hp dengan harga yang terjangkau. Yaitu dengan meluncurkan Hp Huawei Y7 Pro 2019 di penghujung Januari 2019.

Huawei Y7 pro

Huawei Y7 Pro 2019 menambah deretan Hp murah keluaran Huawei yang pernah diluncurkan tahun lalu. Seperti Huawei Y6 dan Y5 yang dibandrol sejutaan, serta Hauwei Y9 yang dijual dua jutaan.   Hp Huawei Y7 Pro 2019 sendiri dijual dengan harga masih di kisaran 1-2 jutaan.

Baca juga : Compare Hp Sejutaan Tapi Gak Murahan : Realme C1 (2019) vs Xiaomi Redmi 6

Hp murah terbaru ini dijual dengan dua pilihan harga, yaitu Rp 1.999.000 untuk varian RAM 3 GB dan memori internal 32 GB. Dan ada juga pilihan harga Rp2.799.000 untuk RAM 4 GB dan memori internal 64 GB.

Keunggulan

Dengan harga yang terbilang murah, ada beberapa yang menjadi keunggulan dari Huawei Y7 Pro 2019, diantaranya yaitu :

Desain Mewah

Buat kamu yang mau punya hape yang terlihat mewah, tapi harganya pas dengan budget yang pas-pasan. Huawei Y7 Pro 2019 bisa menjadi pilihan. Ini karena tampilan hape terbaru Huawei ini memang terlihat elegan dan seakan hape yang harganya mahal. Tampilan Huawei Y7 Pro 2019 tidak kalah mewah dibandingkan Huawei seri Nova di kelas middle atau bahkan seri Mate dan seri P di kelas hape premium.

Bodi hape terbaru Huawei ini terlihat bagaikan kaca, jadi terlihat kinclong. Apalagi dipadukan dengan warna yang eye catching yaitu gradasi biru, selain itu juga ada pilihan warna hitam. Bodi Huawei Y7 Pro 2019 juga terasa ergonomis saat digenggam . Ukuran ketebalannya juga masih terasa nyaman di tangan.

Layar Luas

Berbeda dengan hape Huawei seri Y yang sudah dirilis pada tahun lalu. Huawei Y7 Pro mengusung layar dengan ukuran yang jauh lebih luas, yaitu 6,62 inci. Desainnya nya pun sudah mengikuti tren hape zaman now, yaitu pernampilan full screen atau menutupi hampir sebagian sisi depan, dan hanya menyisakan sedikit besel. Layar Huawei Y7 Pro 2019 masih menganut notch atau poni, tapi ukurannya kecil, hanya muat untuk satu kamera depan, sehingga tidak terlalu mengganggi tampilan layar.

Dual Camera

Hadir sebagai smartphone zaman now, Huawei Y7 Pro 2019 sudah dibekali dual camera di bodi belakang.  Masing-masing berresolusi 13 Mpix + 2 Mpix. Hasil jepretan kamera ini terbilang cukup bagus. Apalagi aperture kamera yang berukuran f/1.8 membuat kamera bisa menangkap cahaya lebih banyak.

Ini terbukti dari jepretan fotonya yang terlihat cukup tajam saat siang hari. Meskipun ketika memotret di malam hari atau low light, hasil fotonya terlihat biasa saja, bahkan terkadang terlihat ada beberapa ‘bercak’ noise pada foto.

Huawei Y7 pro 2

Dual camera belakagn ini sudah pasti dilengkapi sederet fitur pendukung kamera, seperti HDR, Panorama, Continues Shot dan lainnya . Ada juga mode Pro buat kamu yang ma mengatur sendiri setingan kamera secara manual.

Atau buat kamu yang gak maut ribet, bisa memanfaatkan fitur Artificial Intelligent atau AI pada kamera ini. Di mana kamera akan mengenali objek foto secara otomatis. Seperti foto makanan, foto langit, dll. Sehingga kamera yang akan mengatur setingan kamera sesuai objek foto yang dikenalalinya. Ada 22 scene otomatis yang disediakan pada fitur AI.

Dilengkapi dual camera, sudah pasti bisa menghasilkan foto Bokeh. Hasil foto bokehnya terlihat bagus. Tampilan blur di background objek yang fokus terlihat cukup soft dan rapih.

Baterai Tahan Lama

Buat kamu yang butuh hape dengan daya tahan hidup baterai yang lama, Huawei Y7 Pro 2019 bisa kamu pilih. Hp terbaru Huawei ini sudah dibekali baterai berkapasitas cukup besar, yaitu 4.000 mAh. Dari pengujian yang dilakukan, saat menggunakan hape ini sebagai navigator berkendara menggunakan Google Maps, dari keadaan baterai penuh kapassitas baterai berkurang menjadi 80% dalam waktu selama kurang lebih 2 jam. Atau jika digunakan secara standard alias tidak terlalu diforsir, baterai ini bisa bertahan seharian penuh.

 Baca juga : Sebaiknya Nunggu Hp Redmi Note 7 atau Beli Samsung Galaxy M20 ?

Kekurangan

Dibalik keunggulan suatu produk, tentu ada beberapa kekurangannya. Tapi bisa jadi kekurangan ini memang beralasan karena disesuai dengan target pasar yang disasar dari hape ini. Beberapa kekurangan Huawei Y7 Pro 2019 yang bisa dijadikan perhatian yaitu :

Desain Mewah Tapi……

Tampilan desain Uawei Y7 Pro 2019 memang terlihat elegan dengan tampilan bodi bagai kaca. Tapi sesungguhnya bodi Hape ini menggunakan bahan plastik polycarbonate. Kelemahannya yaitu mudah tergores. Selain itu bahan mirip kaca ini juga mudah meninggalkan noda bekas sidik jari setelah dipengang. Jadi harus rajin membersihkan. Bisa sih diakalin, yaitu dengan menggunakan case yang juga sudah disediakan dalam paket pembelian.

Untuk bodinya sendiri, Huawei Y7 Pro 2019 terbilang terasa cukup bongsor saat di genggam. ini lantaran ukuran layarnya yang memang terbilang luas.

Huawei Y7 pro 3

Layar Tidak Anti Gores

Sayang sekali, tampilan layar luas di Huawei Y7 pro 2019 belum diberi perlindungan lapisan anti gores Corning Gorilla Glass. Sebenarnya hal ini bisa dimaklumi, karena harga dari Hape ini memang ditekan supaya lebih terjangkau. Jadi mungkin memang harus ada yang dikorbankan.

Tampilan layar Huawei Y7 pro 2019 terlihat cukup tajam. Meski masih kalah dibandingkan beberapa seri Hp di level harga yang sama. Ini karena ketajaman layar  Huawei Y7 pro 2019 mentok di resolusi HD plus.

Tidak Ada Fingerprint

Kelemahan lain yang tampak pada Huawei Y7 Pro 2019 yaitu tidak dilengkapi dengan fitur Fingerprint scanner. Sebagai gantinya, untuk fitur keamanan hape ini hanya mengandalkan fitur Face Unlock lewat kamera depan.

Huawei Y7 pro

Prosesor Kurang Garang

Hadir sebagai hape entry level, membuat Bhuawei Y7 Pro 2019 harus pasrah hanya menggunakan dapur pacu dengan chipset Qualcomm Snadargon 450. Meski demikian performa hape ini dalam menjalankan berbagai aplikasi secara multitasking terbilang masih OK. Seperti digunakan untuk bermain game online, nonton video youtube, atau buka beberapa aplikasi sosmed sekaligus masih bisa dilakukan dengan cukup lancer.

Gak Didukung Fast Charging

Meski dibekali dengan baterai berkapasitas besar, tapi sayangnya Huawei Y7 Pro 2019 tidak mendukung fast charging atau pengisian baterai cepat. Tapi lagi-lagi mungkin karena untuk menekan harganya. Ketika dicoba melakukan charging dari keadaan low bath hingga penuh, dibutuhkan waktu sekitar 2,5 jam

Kamera Tidak Bisa Bokeh

Kekurangan juga terasa pada kamera depannya. Meski sudah dibekali fitur Beauty, tapi hasil foto kamera depan terlihat biasa. Dan apalagi ternyata kamera depan tidak bisa menghasilkan foto bokeh.

Untuk hasil rekaman videonya juga terbilang standar. Video yang dihasilkan berresolusi maksimal full HD 30 fps. Tapi sayangnya, tidak didukung fitur Video Stabilizer, jadi ketika digunakan untuk merekam sambil bergerak, misalnya saat merekam video vlog, hasil videonya terlihat tidak stabil.