Review Nokia 2: Desain Istimewa Baterai Tahan Lama

Review Nokia 2 Indonesia, hp kuat dengan baterai yang tahan lama.

review nokia 2Awal tahun 2018, HMD Global resmi rilis hp Nokia murah di Indonesia, yakni Nokia 2. Dan kali ini Kami akan review Nokia 2 yang dibanderol dengan harga Rp 1,5 juta. Hp ini diklaim cocok untuk pengguna yang doyan bermedia sosial, dengan keunggulan baterai yang tahan lama.

Memiliki harga yang murah hp ini langsung dibanding-bandingkan dengan Xiaomi Redmi 5A. Apa saja keunggulannya? Simak Reviewnya berikut ini

Desain

Sebagai vendor yang berpengalaman memproduksi hp, Nokia nampaknya tidak main-main, untuk membuat hp kelas bawah ini. Kesan kokoh langsung kamu rasakan saat melihat da memegangnya. Ini karena body Nokia 2 yang dibuat dari bahan dasar solid block aluminium. sangat berbeda dengan rancang bangun hp termurah Xiaomi, Xiaomi Redmi 5A.

Dengan penggunaan material aluminium berkualitas ini, maka tidak heran jika Nokia 2 memiliki bobot yang berat dan solid. Oleh karenanya banyak yang menyebut smatphone murah ini memiliki build quality yang istimewa.

Tampilan Nokia 2 ini terlihat elegan dari sisi depan. Begitu pula dengan sekeliling bodi yang dibalut bahan metal. Casing belakang Hp Nokia 2 ini bisa dibuka, di dalamnya ada slot SIM card dan MicroSD. Tapi baterai Hp ini tidak bisa dilepas. Untuk bentuk dan ukurannya, Nokia 2 terasa nyaman digenggam. Oiya, tidak ada fingerprint scanner di Hp ini.

Meski murah murah Nokia 2, tidak lagi menggunakan tombol fisik, meskipun pada bagian depan bezel bawah hp yang terbilang cukup besar. Jadinya memang agak aneh sih saat melihatnya. Di bagian belakang masih Nokia 2 nampak solid meski sudah dilapisi dengan bahan plastik.

Layar

Dibekali layar berjenis LTPS TFT 5 inci resolusi HD, Nokia 2. Meski Murah hp ini masih dilapisi dengan Corning Gorilla Glass 3. Berbeda dengan Xiaomi Redmi 5A yang tidak menggunakan lapisan apapun pada layarnya.  inilah yang membuat Nokia 2 lebih istimewa dibandingkan Xiaomi Redmi 5A.

Ketajaman layar masih terlihat nyaman, setidaknya untuk ukuran Hp murah, buat nonton YouTube sih masih OK. Dari segi kenyamanan, layarnya tidak hanya nyaman digunakan didalam ruang, berkat fitur Sunlight mode tampilannya juga tetap nyaman saat menggunakan dibawah sinar matahari.

Baca Juga: Nokia 2 Resmi Dijual Rp1,5 Juta, Ini Kelebihannya dan Kekurangannya !

Kamera

Untuk fitur kamera, Nokia 2 memiliki kamera utama beresolusi 8MP dengan focal length 2,83. Kamera ini masih dilengkapi dengan LED Flash. Hasil kamera Nokia 2 cukup bagus baik pada pancahayaan yang terang maupun gelap.

Ketika mengambil gambar di kondisi pencahayaan yang terang hasil kamera Nokia 2 masih sangat bagus untuk hp seharga Rp 1 juta-an. Sedangkan hasil foto low-light nampak cukup jelas dengan kualitas warna dan detil yang bagus, meski masih banyak noise pada nampak foto.

Pada kamera depan, Nokia 2 dibekali kamera beresolusi 5MP saja tanpa adanya LED Flash. Dengan kamera yang dimilikinya sudah cukup untuk mendukung aktifitas selfie dan berkomunikasi lewat video call.

Kinerja

Soal kinerja perlu diakui spesifikasi Nokia 2 memang tidak sebaik Xiaomi Redmi 5A. Dibekali dengan prosesor quad-core 1,3GHz Snapdragon 212 dan RAM hanya 1GB, nampaknya memang masih dibawah Redmi 5A. Namun beruntungnya Nokia 2 mengunakan OS Android 7.1.1 murni Nougat memungkinkan untuk upgrade ke Android 8.0 Oreo, sehingga sistem yang berjalan masih terbilang ringan jika dibandingkan OS dengan interface tambahan.

Tidak hanya  memori RAM, memori internal pada hp ini juga sangat kecil, yakni 8GB. Tapi Nokia masih membenamkan slot memori eksternal MicroSD 128 GB. Slot ini juga tidak diganggu oleh slot SIM card yang bisanya dibuat dengan sistem hybrid oleh beberapa vendor saat ini.

Dari spesifikasi ini Nokia 2 mampu mendapatkan skor antutu benchmark sebesar 24 ribuan skor ini lumayan bagus untuk hp dikelasnya.

Baca Juga: Adu Hp Murah Terbaru, Xiaomi Redmi 5A vs Nokia 2

Tidak hanya itu, hp ini juga masih cukup mumpuni untuk memainkan game ringan, seperti game balapan Asphalt8: Airborne. Kami tidak menemukan lag saat bermain game ini selama 1 jam lamanya. Meski tidak begitu optimal untuk game yang berat, namun setidaknya hp ini memanjakan pengguna yang hobi bersosial media.

Baterai

Dilihat dari kinerja baterai yang berkapasitas 4,100 mAh, daya tahan baterai Nokia 2 cukup mumpuni. Pihak HMD selaku produsen Hp ini mengklaim Nokia 2 bisa bertahan hidup selama dua hari.

Saat digunakan seharian untuk penggunaan standart hp ini mampu bertahan 1 harian penuh. Bahkan saat malah menjelang tidur masih menyiasakan 30%. Dari sebelumnya kami gunakan mulai jam 6 pagi.