Review realme 5 : Tampil Menarik dengan Quad Camera dan Baterai Ciamik di Harga Rp 2 Jutaan

1

Berhasil menjadi salah satu brand smartphone terlaris di Indonesia, tentu menjadi suatu pencapaian yang layak dibanggakan. Apalagi pencapaian tersebut dilakukan sebuah brand yang tergolong masih “anak baru”, seperti yang dilakukan oleh realme.

Review realme 5 Tampil Menarik dengan Quad Camera dan Baterai Ciamik di Harga Rp 2 Jutaan (3)

Yup, realme saat ini dilaporkan berada di peringkat kelima dalam top 5 smartphone brand di Indonesia, versi IDC. Prestasi tersebut tentu membuat realme semakin semangat meramaikan pertarungan pasar smartphone di Tanah Air. Hal ini dibuktikan realme dengan merilis dua smartphone baru di Indonesia yang mengusung konfigurasi quad camera, yakni seri realme 5 dan realme 5 Pro.

Nah, kali ini GadgetSquad berkesempatan mengulik salah satu dari smartphone baru realme tersebut, yaitu tipe realme 5. Sebagai info tipe ini menjadi salah satu perangkat awal realme untuk mengekspansi pasar di Tanah Air dengan smartphone berteknologi quad camera

Bagaimana kualitas jagoan terbaru realme ini? Berikut ulasannya.

Desain

Sebelum membicarakan masalah kamera, sektor desain tentu menjadi wilayah pertama yang GadgetSquad eksplor. “Keren” satu kata tersebut rasanya sudah cukup menggambarkan desain realme 5. Bukan berlebihan, tapi harus diakui tampilan realme 5 memang begitu menggoda, itu lantaran smartphone ini mengusung tampilan yang baru.

realme 5 tampil segar dengan potongan berlian yang begitu elegan. Smartphone ini berbalut material glossy, lengkap dengan tekstur berlian generasi baru yang menyelimuti seluruh bodi-nya, sehingga berujung pada efek visual baru yang memanjakan mata. realme 5 tersedia dalam pilihan Crystal Blue dan Crystal Purple.

Baca juga: Review realme 5 Pro: Unggulkan Performa dan 48MP Sony Quad Camera di Rentang Harga Rp 3 Jutaan

Tampilannya sudah keren, bagaimana saat realme 5 dibawa beraktivitas? Dengan dimensi 164.4mm x 75.6mm x 9.3mm dan bobot 198 gram, bisa dikatakan rancang bangun realme 5 terbilang proporsional. Smartphone ini nyaman digenggam dan asiknya lagi, saat realme 5 diletakan di dalam saku celana, mobilitas kamu tidak terganggu.

Layar

Masih membahas seputar tampilan, kali ini pandangan dialihkan ke sektor layar. Tampilan segar realme 5, nampak semakin berkelas saat berpadu dengan layar berukuran 6,5 inci. Seperti smartphone kekinian, pada layar realme 5 juga terdapat desain poni dew-drop yang elegan.

Menariknya desain poni dew-drop di realme 5 dibuat se-efisien mungkin, sehingga menghadirkan rasio layar hingga 89%. Dengan rasio layar hingga 89%, layar berukuran 6.5 inci, plus resolusi yang menyentuh level HD+ (720×1600 pixel), dijamin membuat pandangan mata menjadi lebih nyaman. Untuk menjaga keamanan, layar realme 5 sudah dipersenjatai lapisan Corning Gorilla Glass 3+.

Kamera

Sempat disinggung di awal, realme 5 menjadi salah satu perangkat realme, untuk memanjakan konsumen di Indonesia dengan teknologi quad camera. Lalu seperti apa komposisi dan kualitas menu imaging realme 5 yang dibekali teknologi quad camera?

realme memang tidak main-main dengan teknologi kamera di smartphone terbarunya ini. Tidak sekedar empat lensa, pasalnya saat diulik lebih jauh, realme 5 menggunakan teknologi AI quad camera. Untuk lensa utama mengadopsi sensor gambar 12MP dengan apertur besar f/1.8 dan area single-pixel ultra-besar 1,25μm. Komposisi tersebut memungkinkan kamera realme 5 mendapat cahaya yang cukup, sehingga hasil foto bisa lebih jernih dan cerah dalam berbagai kondisi.

Selanjutnya ada lensa wide beresolusi 8MP, dengan apertur bidang pandang ultra-lebar f/2.2 dan 119°. Alhasil kamu nggak perlu repot mundur, jika ingin membidik objek dengan sudut pandang luas atau foto grup. Cukup satu kali klik, “voila” foto grup kamu sudah tersaji dengan kualitas yang apik.

Review realme 5 Tampil Menarik dengan Quad Camera dan Baterai Ciamik di Harga Rp 2 Jutaan (13)

Kamera selanjutnya adalah lensa ultra-macro 2MP dengan apertur f/2.4 dan piksel 1,75 μm. Dengan panjang fokus 4cm, kamu dapat mengambil foto yang lebih jelas dalam jarak yang lebih dekat. Kualitas kamera realme 5 disempurnakan dengan lensa depth sensor berkekuatan 2MP, yang mampu mengambil objek potrait dengan kualitas prima.

Baca juga: Wuih, Deretan Hp Realme Bakal Kebagian Android 10, Ini Daftarnya

Semua teknologi yang tertanam di fitur kamera jagoan terbaru realme ini bekerja sangat baik, sehingga memanjakan GadgetSquad saat mengeksloprasi berbagai objek dalam bidikan lensa realme 5. Bisa dikatakan AI quad camera yang dimiliki realme 5 tidak sekedar tempelan, karena benar-benar bisa memanjakan hasrat fotografi penggunanya.

Review realme 5 Tampil Menarik dengan Quad Camera dan Baterai Ciamik di Harga Rp 2 Jutaan (13)

Untuk lebih memanjakan pencinta foto, realme 5 juga dibekali berbagai menu kekinian, salah satunya fitur Nightscape. Fitur ini memanfaatkan inovasi dan keunggulan algoritma pemandangan malam hari, menggabungkan teknologi AI dengan engine multiframe, dan mampu mengurangi noise, stabilisasi, highlight supression dan peningkatan dynamic range. Saat dicoba, menu Nightscape di realme 5 mampu menghasilkan foto suasana malam secara detail dan natural.

Untuk memenuhi permintaan pengguna akan penggambaran, warna dan gaya gambar, realme 5 semakin meningkatkan efek fotografi melalui Chroma Boost. Teknologi Chroma Boost, mampu menambah dimensi dan warna pada gambar, sambil memastikan pengolahan tersebut sesuai dengan apa yang dilihat mata manusia, sehingga gambar lebih jelas.

Review realme 5 Tampil Menarik dengan Quad Camera dan Baterai Ciamik di Harga Rp 2 Jutaan (13)

Masih soal kamera guys, kali giliran lensa bagian depan yang coba dieksplor. Kamera depan realme 5 menggunakan lensa 13MP dan sudah dibekali teknologi AI. Fasilitas AI pada kamera depan realme 5, mampu mengenali dan mengidentifikasi subjek yang difoto, melalui 296 titik pengenalan wajah. Untuk lebih memenuhi kebutuhan pribadi pengguna akan kecantikan selfie, realme 5 mendukung 8 optimalisasi kecantikan eksklusif.

Menu imaging di realme 5 tidak berhenti di fasilitas foto-foto saja, realme 5 juga mampu diandalkan saat digunakan untuk mengabadikan gambar bergerak. realme 5 mendukung perekaman video hingga resolusi 4K. Kerennya lagi, baik kamera depan dan belakang memiliki fungsi Electric Image Stabilization (EIS). Mengikuti tren saat ini, realme 5 juga bisa menghasilkan video slo-mo 240fps yang dramatis dengan resolusi 720P.

Dapur Pacu dan OS

Kemampuan teknologi AI quad camera yang dimiliki realme 5 saat mengabadikan berbagai objek, tentu tidak akan berjalan lancar tanpa dukungan dapur pacu berkelas. Tidak ingin mengecewakan, pihak produsen membekali smartphone ini dengan komposisi dapur pacu mumpuni.

Baca juga: Bukan Gosip, Realme 5 dan Realme 5 Pro Dipastikan Rilis di Indonesia

Dari data yang diperoleh, realme 5 mengadopsi prosesor Qualcomm Snapdragon 665 AIE delapan inti dengan arsitektur 64-bit dan memiliki kecepatan hingga 2.0GHz. Prosesor Qualcomm Snapdragon 665 AIE di smartphone ini, mengadopsi proses produksi 11nm sehingga mampu memberikan kinerja yang kuat dan konsumsi daya yang lebih hemat.

Untuk kualitas gambar yang lebih baik, dapur pacu realme 5 dipasok teknologi GPU Adreno 610. Di sektor memori, realme 5 memiliki tiga pilihan memori internal, yaitu 3 + 32GB, 3 + 64GB, dan 4 + 128GB dan mendukung ekspansi memori hingga 256GB, sehingga memungkinkan kamu bisa memilih kinerja dengan cara yang lebih beragam dan bebas.

Merujuk dari data yang ada, tentu tak berlebihan jika realme 5 disebut memiliki kualitas dapur pacu menjanjikan. Selama proses pengujian, semua elemen di sektor dapur pacu realme 5 bekerja baik. Sehingga GadgetSquad tidak menjumpai hambatan berarti ketika menghabiskan waktu dengan smartphone ini.

Jika ragu dengan performa realme 5, hasil penggujian dengan Antutu bencmark yang dilakukan GadgetSquad, bisa menjawab keraguan tersebut. Ketika diuji menggunakan Antutu Bencmark, realme 5 memiliki skor hingga 13 ribuan.

Review realme 5 Tampil Menarik dengan Quad Camera dan Baterai Ciamik di Harga Rp 2 Jutaan (3)

Beralih ke sektor perangkat lunak. realme 5 dilengkapi dengan sistem operasi ColorOS 6.0 terbaru berbasis Android Pie. Sistem operasi ColorOS 6.0 memiliki desain spesial yang disesuaikan dan mode interaksi dengan tampilan native Android eksklusif, sehingga dapat menciptakan pengalaman sistem yang sederhana dan halus bagi pengguna.

Baterai

Mengusung teknologi yang canggih, kualitas daya tahan tentu menjadi sektor krusial. Apalagi saat ini baterai juga menjadi salah satu, kriteria utama ketika ingin membeli smartphone baru. Kondisi ini disadari betul oleh pihak realme, karenanya realme 5 hadir dengan kemampuan daya tahan yang tidak bisa dianggap remeh.

Review realme 5 Tampil Menarik dengan Quad Camera dan Baterai Ciamik di Harga Rp 2 Jutaan (3)

realme dilengkapi baterai berkapasitas tinggi, yakni mencapai 5000 mAh. Tidak hanya sekedar besar, realme juga melengkapi daya tahan smartphone ini dengan teknologi lain, yang membuatnya bisa bertahan lebih lama, sebelum pengisian daya lagi.

Teknologi tersebut seperti AI freeze, sistem ini bisa memperkirakan, serta menonaktifkan aplikasi yang tidak digunakan oleh pengguna dalam jangka waktu yang lama, sehingga baterai bisa bertahan lebih lama. Ada juga fungsi hemat daya layar menggunakan CABC (Content Adaptive Backlight Control).

Selain itu, catu daya di realme 5 juga sudah didesain dengan perlindungan multi-level untuk sel baterai, sehingga memungkinkan pengguna untuk menikmati usia baterai ekstra panjang dari baterai berkapasitas besar.

Jika melihat data yang ada, baterai 5000 mAh yang tertanam di smartphone ini mampu membuat realme 5 bertahan 718 jam dengan masa akif 49 jam. Selama proses pengujian dengan penggunaan cukup intens mulai dari browsing internet, menonton video, bermain game, membuat video hingga berburu aneka foto, realme 5 bisa bertahan seharian dengan satu kali pengisian baterai.

Berikut ini video reviewnya:

 

TINJAUAN IKHTISAR
Desain
8
Layar
7.5
Kinerja
8
Kamera
8
Baterai
8
Konektivitas
7
Berita sebelumyaHuawei Mate 30 dan Mate 30 Pro Rilis Tanpa Google Play Store, Lalu Pakai Apa?
Berita berikutnyaLinkAja Kini Bisa Isi Saldo E-Money dkk Plus Cashback, Gimana Caranya?

1 KOMENTAR