Review realme C21Y : Murah Meriah Berkualitas, Cocok untuk Sekolah Online dan Berkreasi di Masa Pandemi 

GadgetSquad.ID – Gara-gara pandemi Covid-19 yang kembali “menggila” di Indonesia, pemerintah terpaksa melakukan PPKM darurat. Nah, efek dari pandemi Covid-19 gelombang kedua ini, suka tidak suka kita harus kembali ke awal. Dimana berbagai aktivitas harus kembali dilakukan dari rumah.

Walau tidak menyenangkan, tapi merujuk pengalaman yang ada, di rumah saja kita tetap bisa produktif. Yup, hanya dengan bermodal hape, kamu tetap produktif belajar dari rumah atau membuat konten kreatif yang bisa menghasilkan “cuan”. Nah, menyambut tahun ajaran baru di tengah pandemi gelombang kedua, ada yang baru nih dari realme.

Hadir dengan slogan “Tiga kamera, Kualitas Juara” perkenalkan ini dia realme C21Y. Di plot sebagai pengganti realme C21, seri realme C21Y digadang memiliki peningkatan performa tanpa menaikkan harga. Seperti apa kualitasnya? Tanpa panjang lebar berikut hasil eksplorasinya!!

Desain
Dari segi tampilan, menurut GadgetSquad realme C21Y kembali menunjukan identitas realme sebagai salah satu vendor yang saat ini, terbilang piawai dalam mendesain rancang bangun sebuah hape. Bagian depan hape ini mungkin terlihat biasa, namun saat mengeksplor area belakang, akan terlihat keistimewaan tampilan realme C21Y.

Bodi belakang realme C21Y begitu ikonik dan membuat siapa saja yang menggunakan hape ini bisa menjadi pusat perhatian. Pada area tersebut, terdapat sebuah garis pita melintang di bagian belakang dari atas ke bawah, merangkai modul kamera dengan logo realme yang tegas.

Saat terkena pendaran cahaya, bodi belakangnya menghadirkan sebuah gradasi yang menambah “ganteng” tampilan realme C21Y. Hape ini sangat pas saat berada dalam genggaman, tak terlalu besar, namun juga tidak mini. Bodinya belakangnya sendiri memiliki tekstur yang membuat realme C21Y tidak licin saat digenggam.

realme C21Y tersedia dalam dua warna trendi: Cross Blue dan Cross Black. Terinspirasi oleh Time Hourglass, desain crosshatch yang berani juga modis dan fungsional. Dalam review kali ini, GadgetSquad mengguji realme C21Y varian realme C21Y

Layar
Kualitas layar tentu menjadi salah satu faktor yang membuat para pelajar nyaman, saat harus belajar secara daring dari rumah. Kenyaman tersebut dihadirkan realme C21Y melalui layar besar bergaris tengah 6,5 inci. Layarnya memiliki rasio Screen-to-body 89,5%, yang sudah tentu membuat tampilan jadi semakin lapang.

Dengan tampilan layar yang lebih lapang, sudah pasti pandangan mata ini akan lebih nyaman saat harus berinteraksi selama proses belajar mengajar secara daring. Tak hanya itu, layar yang lapang juga menjadi nilai plus lain, terutama saat hape ini digunakan untuk sarana hiburan seperti nonton streaming atau main gim online.

Layar realme C21Y sendiri, hadir dengan resolusi HD+ 720*1600. Saat diuji, jujur GadgetSquad tidak menemukan kendala berarti, respon layar realme C21Y terbilang responsif tampilan yang tersaji juga nampak tajam dan nyata.

Kualitas Teruji
Yup, realme C21Y memiliki kualitas yang sudah teruji. Tak sembarangan, realme C21Y sudah mendapat sertifikasi keandalan untuk smartphone dari TÜV Rheinland. Untuk mendapat sertifikat kelayakan dari TÜV Rheinland, bukan perkara mudah bro!!

Setidaknya, menurut standar sertifikasi Kualitas TÜV Rheinland terbaru, sebagian besar kondisi pengujian didasarkan pada siklus hidup smartphone selama tiga tahun. Sertifikasi Keandalan Tinggi Smartphone TÜV Rheinland berisi 23 tes utama. Ada 10 skenario uji penggunaan harian seperti akibat jatuh, pemakaian, dan kerusakan.

Kemudian 7 skenario uji lingkungan ekstrem, seperti suhu super tinggi dan rendah, kelembaban tinggi dan rendah, fluktuasi tegangan, masa pakai tombol, listrik statis, tekanan udara. Serta 6 Skenario Uji Keandalan Komponen.

Semua skenario dalam pengujian ala TÜV Rheinland, berhasil dilalui dengan baik oleh realme C21Y. Karenanya kamu jangan heran jika hape ini, memiliki kualitas di atas rata-rata kompetitor di level yang sama.

Kamera
Sempat disinggung di awal jika dirumah aja, tidak bisa menghalangi kamu untuk kreatif, menghasilkan konten yang bukan tidak mungkin mendatangkan “cuan”. Untuk menopang aktivitas tersebut, realme C21Y sudah menyiapkan berbagai fitur andalan, salah satunya kamera dengan kualitas juara.

Yup, sesuai slogannya “Tiga kamera, Kualitas Juara” ada tiga kamera yang tertanam di bodi belakang realme C21Y, tapi apakah kualitasnya bidikannya juara? Lebih jauh soal kamera realme C21Y, tiga lensa yang tertanam di bodi belakang hape ini hadir dengan komposisi berbeda.

Lensa utamanya memiliki kualitas 13MP dengan dukungan optik B&W 2MP, serta lensa makro 2MP. Menurut GadgetSquad kolaborasi ketiga lensa itu, membuat amunisi fitur imaging realme C21Y, lebih mentereng dibanding kompetitor di level yang sama.

Sementara untuk keperluan swa foto, realme C21Y hadir dengan kamera depan 5MP. Kamera depannya mendukung fungsi AI beautification, mode HDR dan mode portrait, pas banget bagi kamu yang ingin belajar membuat konten kreatif di Tik Tok dan sejenisnya.


Soal kualitas, mantab punya gaes!! Dalam kondisi cahaya normal, kualitas bidikan realme C21Y, gak kalah dengan hape kelas flagship. Kerennya lagi, kamera di realme C21Y sudah dibekali dengan teknologi Triple AI, yang membuat kamu lebih mudah menghasil foto kece dalam berbagai situasi.

Sementara untuk foto dalam kondisi minim cahaya, memang ada noise namun hanya sedikit. Yang pasti hasil foto saat minim cahaya, masih nyaman dipandang mata. Hal lain yang tidak boleh terlewat, fitur imaging di realme C21Y mampu merekam video dengan kualitas 720p / 1080p dengan 30fps.

Performa
Tidak banyak kendala berarti selama GadgetSquad menggeber realme C21Y dalam berbagai aktivitas. Berbagai kegiatan mulai dari miting maupun sekolah online, hingga kegiatan hiburan seperti main gim online, hingga streaming video maupun musik, semua dilewati realme C21Y dengan mulus.

Performa prima realme C21Y tidak lepas dari dapur pacu yang dimiliki hape ini. realme mempersenjatai dapur pacu seri C21Y dengan komposisi yang terbilang mentereng di kelasnya. realme C21Y mendukung prosesor octa-core berkecepatan 1,8GHz 2x ARM Cortex-A75s dan 1,8GHz 6x ARM Cortex-A55.

Untuk keperluan grafis ditanamkan GPU Mali G52. Hape ini tersedia dalam dua pilihan memori, terdapat tipe RAM 3GB + internal 32GB dan versi RAM 4G + internal 64GB. realme C21Y dilengkapi dengan 3 slot kartu, untuk dua kartu SIM dan satu kartu SD (hingga 256GB). realme C21Y menjalankan realme UI berbasis Android 11.

Baterai
Jagoan terbaru realme ini hadir dengan baterai terbilang besar. Dari data yang didapat realme C21Y memiliki baterai 5000 mAh. Kapasitas baterai menurut GadgetSquad terbilang besar, tapi apakah tahan lama?

Untuk menguji ketahanan baterai realme C21Y, GadgetSquad memaksimal semua fasiltas andalan hape ini, untuk menunjang aktivitas selama di rumah aja. Hasilnya dengan penggunaan secara normal, realme C21Y bisa aktif lebih dari satu hari.

Sementara jika digeber nonstop tanpa henti, kamu dapat melakukan panggilan telepon hingga 44 jam, menonton YouTube selama 21 jam, mengikuti pertemuan online sekitar 6 jam dan bermain game sekitar 5 jam.

Hal lain yang perlu diketahui, realme C21Y menawarkan penghematan daya seperti, App Quick Freeze yang dapat mengurangi penggunaan daya aplikasi di latar belakang, Screen Battery Optimization, hingga Sleep Standby Optimization.

Fasilitas tambahan
PPKM darurat bukan halangan bagi kamu untuk membeli berbagai gadget kece buatan realme, termasuk seri C21Y. Yup, Mendukung kebijakan pemerintah untuk tetap dirumah aja, realme Kembali menghadirkan #BelirealmeDariRumah.

Melalui program ini kamu bisa membeli realme C21Y langsung dari rumah via realme WhatsApp Store ke nomor 0856-0000-0721 yang sudah mendukung pembayaran melalui Cash on Delivery (COD) ke seluruh Indonesia.

Kesimpulan
Dilego 1,5 jutaan, realme C21Y menurut GagdetSquad adalah jawaban sempurna dari realme, kepada pada konsumen yang mencari hape anyar nan powerfuul dengan harga bersahabat untuk belajar online di tahun ajaran baru. Semua amunisi yang dimiliki realme C21Y, dijamin bisa membuat kamu nyaman saat belajar online.

Layarnya besar dengan tingkat grafis yang ok, performanya juga gesit, baterainya awet dan yang pasti realme C21Y kualitasnya sudah teruji dengan adanya sertifikat TÜV Rheinland. Menariknya lagi, hape ini juga dipersenjatai fitur keren yang membuat kamu tetap kreatif selama belajar dari rumah, di saat pandemi gelombang kedua.

Merujuk hasil uji yang GadgetSquad lakukan, nggak berlebihan jika realme C21Y mendapat julukan “Smartphone Rp 1,5 Juta Powerful Performance King rekomendasi untuk belajar di rumah”.