Review Samsung Galaxy Note 10 Plus : Tak Cuma Untuk Kerja, Juga Untuk Konten Kreatif

0

GadgetSquad.id – Inilah smartphone terbaru dan tercanggih saat ini, Samsung Galaxy Note 10 dan Note 10+. Sebagai smartphone yang paling dijagokan, sudah sewajarnya Samsung Galaxy Note 10 series ini memiliki keunggulan di setiap sisi. Mulai dari tampilan desainnya hingga kecanggihan fitur yang dibawanya. Itu pula yang membuat Samsung Galaxy Note 10 series layak dimiliki meski dibanderol dengan harga yang terbilang tinggi.

Samsung Galaxy Note 10 Plus

Kali ini GadgetSquad akan mereview Samsung Galaxy Note 10+ dan mengulik fitur-fitur apa saja yang diunggulkan sehingga smartphone Samsung tercanggih saat ini pantas dimiliki.    

Mewah dan Nyaman

Sudah sewajarnya jika smartphone seri terbaru akan membawa perbaikan dibandingkan seri sebelumnya. Samsung Galaxy Note10+ didesain berdasarkan masukan dari para pengguna seri Note sebelumnya (Note 9 Series). Dimana banyak yang mengeluh soal ukuran bodinya yang terasa bongsor. Nah, di Samsung Galaxy Note10+ meski juga hadir dengan layar luas, namun bodinya justru didesain agak lebih ramping, sehingga terasa lebih nyaman ketika digenggam.

Daya tarik lain dari Samsung Galaxy Note10+ yaitu hadir dengan layar luas yang menutupi sekujur sisi depan smartphone ini. Layar luas berukuran 6,8-inci dinamakan Cinematic Infinity Display. Ketajaman layar ini didukung teknologi layar Dynamic AMOLED. Bahkan dilengkapi sertifikasi HDR10+ dan Dynamic Tone Mapping yang membuat foto dan video menjadi lebih terang dibandingkan seri Note sebelumnya.

Baca juga : Kerjasama dengan GoPay dan Dana, Samsung Pay Kini Sudah Bisa Dipakai

Yang menarik, di sisi atas layar disematkan sebuah lubang kamera depan yang disebut symetric Infinity O-Display. Ini memberi kesan desain yang lebih premium, clean dan dramatis. Menariknya lagi Samsung Galaxy Note 10+ yang kami review ini berwarna bodi Aura Glos. Bodinya berwarna silver yang akan menampilkan glowing warna-warni yang berpendar ketika terkena sinar, sangat menarik! Selain itu juga tersedia pilihan warna Aura White dan Aura Black.

Samsung Galaxy Note 10 Plus (2)

Konten Makin Kreatif

Salah satu yang diunggulkan dari Samsung Galaxy Note 10+ yaitu kemampuannya untuk diandalkan membuat konten kreatif, baik itu konten fotografi ataupun videografi.

Antara Samsung Galaxy Note 10 dan Note 10 Plus memiliki perbedaan di fitur kameranya. Samsung Galaxy Note 10 dilengkapi dengan triple kamera di bodi belakang, Yang terdiri dari kamera Ultra wide 16MP; Wide angle 12MP; Telephoto 12MP.

Untuk Samsung Galaxy Note 10 plus dilengkapi quad camera di area punggungnya. Yang terdiri dari Ultra wide 16MP; Wide angle 12MP; Telephoto 12MP; DepthVision Camera. Sedangkan untuk Kamera depan keduanya sama-sama memiliki resolusi 10MP AF (F2.2)

Bukan hanya kehandalan resolusi kameranya saja, beberapa kelengkapan fitur kamera kelas atas juga sudah disediakan, termasuk untuk konten video. Seperti fitur Video Live Focus. Jika selama ini efek bokeh Cuma bisa ditambahkan pada foto, di Samsung Galaxy Note 10+ juga bisa membuat video dengan efek bokeh. Kamu bisa menambahkan pengaturan efek bokeh menjadi 4 jenis background yaitu blur, big circle, colour point dan glitch.

Ada juga fitur Super steady yang berguna ketika akan mengambil gambar yang membutuhkan kestabilan. Misalnya aksi merekam dengan berlari atau berjalan Dengan fitur ini kita tidak memerlukan lagi gimbal atau tripod, hanya dengan tangan akan didapatkan hasil video yang stabil.

Samsung Galaxy Note 10 Plus (3)

Fitur lain yang bisa sangat berguna untuk membuat konten video yang menarik, yaitu super slow motion dan hyperlapse. Fitur super slow motion adalah salah satu fitur favorit saya di Galaxy Note 10+, dengan fitur ini bisa mendapatkan fps yang lebih tinggi dari fitur slow motion. Jadi efek dramatis yang akan dihasilkan semakin seru.

Fitur hyperlapse bisa menggunakan untuk mengambil video keramaian, orang berjalan (travel) atau suasana crowded . Dimana video akan direkam dengan gerakan yang dipercepat.

Ada fitur baru yang dibawa Samsung Galaxy yang menarik digunakan untuk membuat konten, yaitu Zoom-In Mic. Fitur ini memungkinkan saat kamu merekam video, lalu melakukan zoom ke objek tertentu, maka bisa sekaligus merekam suara dari objek yang dizoom lebih jelas. Misalnya kamu sedang merekam dari jarak jauh seseorang yang sedang bermain gitar, maka ketika dizoom akan sekaligus merekam suara gitar yang dimainkan lebih jelas. Jadi seolah kamu merekam dari jarak dekat. Zoom-In Mic memperkuat audio pada frame dan menjauhkan noise di sekitar untuk membantu fokus pada suara yang diinginkan.

Dan yang tidak kalah menarik dan penting yaitu fitur Video Editing yang sudah disediakan di Galaxy Note 10+. Fitur ini membuat mengedit video langsung di smartphone ini terasa mudah. Belum lagi Fitur S pen juga bisa membantu untuk memudahkan dalam proses editing.

S-Pen Makin Canggih

Ciri dari Galaxy Note series yang tidak bisa dipisahkan yaitu dilengkapi dengan pena stylus yang disebut dengan Samsung S-Pen. Di Galaxy Note 10 series ini kemampuan Samsung S-Pen makin ditingkat.

Kemampuan Bluetooth Low Energy yang telah diperkenalkan pada seri Galaxy Note 9 diperbarui dengan menambahkan Air action, memungkinkan untuk mengontrol berbagai aspek dari perangkat menggunakan gesture dengan S Pen seperti pengambilan foto dan memindahkan slide presentasi.

Sedangkan kemampuan baru yang dibawa Samsung S pen terbaru ini yaitu bisa meng-convert tulisan tangan menjadi teks, dan menjadikan nya dokumen Microsoft word, PDF bahkan teks dalam email. Kemudahan ini akan mempersingkat dan menjadikan pengguna lebih produktif.

Samsung Galaxy Note 10 Plus (4)

Secara detil berikut ini beberapa kemampuan yang bisa dilakukan S-Pen di Samsung Galaxy note 10+ :

  • Digital Text Conversion:  fitur digital text conversion yang secara instan dapat mengubah tulisan tangan pengguna menjadi teks digital di Samsung Notes dan mengekspornya ke berbagai format yang berbeda termasuk Microsoft Word.
  • Screen Off Memo: Bisa membuat catatan dengan S-Pen dalam kondisi layar off.
  • Translate and Convert: dapat membantu kita untuk memahami teks bahasa asing hingga 71 bahasa, dan secara instan dapat menerjemahkannya. Cukup arahkan kursor S Pen ke teks tersebut, fitur pintar S Pen akan secara cepat menerjemahkan teks yang dimaksud dengan cepat dan mudah. Selain itu, pengguna juga dapat menggunakan S Pen untuk konversi mata uang dan unit.
  • Air Command:Hanya cukup mengeluarkan S Pen dari tempatnya dan bisa akses menu penting dengan mudah pada Note10 hanya cukup dengan “hover” S Pen kita diatas layar.
  • Air Action:  Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengontrol aspek-aspek tertentu menggunakan gerakan S Pen. Misalnya mengontrol kamera dari jarak jauh pada saat Note 10 di letakkan di sebuah tripod. S Pen dapat menjadi remote control untuk selfie, mengatur mode kamera, menganti fitur kamera, zoom in – zoom out dan lain sebagainya dengan satu kali gerakan tanpa bantuan orang lain. Semuanya ini berkat adanya sensor 6 sumbu (yang terdiri dari tiga sensor kecepatan dan tiga sensor gyro).
  • Screen RecordingsFitur baru Screen Recorder bisa membuat video tutorial ataupun belajar menjadi komentator jadi lebih seru.
  • AR Doodle : Dengan AR Doodle kita bisa menambahkan doodling, tulisan, ataupun hal-hal kreatif lainnya yang hasilnya akan secara intuitif bergerak mengikuti objek yang terekam baik objek muka ataupun keadaan disekitar kita, membuat konten video menjadi lebih kreatif, unik dan memukau.

Samsung Dex

Samsung Galaxy Note 10+ juga dilengkapi dengan Samsung DeX. Ini membuat smartphone terbaru Samsung ini lebih mudah bagi pengguna untuk bekerja di smartphone dan PC atau Mac.

Dengan koneksi mudah via port USB kompatibel, pengguna bisa drag dan drop dokumen antar perangkat, dan menggunakan aplikasi  favorit dengan sebuah mouse dan keyboard di layar PC. Yang tidak kalah penting, pengguna juga tetap bisa menjaga data mereka tetap aman di smartphone melalui fitur Samsung Knox.

Samsung DeX memudahkan kita untuk mengakses smartphone dan laptop secara bergantian, tanpa ribet. Dimulai ketika drag and drop dokumen/ foto/ video dari smartphone ke PC/ Mac hingga untuk kebutuhan presentasi. Anda bisa mempresentasikan file yang ada di smartphone dan menyambungkan ke layar TV/ laptop.

Baca juga : Travelling ke Korea Pakai Samsung Galaxy Note 10 Plus, Begini Hasilnya!

 Dalam mode Samsung DeX, Anda dapat melihat lebih detail pada video, karya seni, dan dokumen dengan tampilan yang lebih besar sambil tetap menggunakan smartphone. Tonton film di monitor sambil memeriksa teks, atau lakukan panggilan saat me-review dokumen tanpa mengganggu fokus Anda. Dengan Samsung DeX, Anda memiliki dua layar untuk melakukan dua kali lipat lebih banyak.

Performa Tinggi

Untuk performanya, Samsung Galaxy Note10+ mengandalkan prosesor Exynos 9825 (7 nm), Octa-core. Selain itu juga didukung oleh RAM 12 GB. Untuk kapasitas penyimpanan internal tersedia dalam dua varian yaitu 256GB dan 512GB.

Selain itu bisa diperluas lagi dengan memori external tambahan hingga 1TB. Ini membuat kamu lebih leluasa, khususnya ketika kamu senang menyimpan ribuan foto dan video di smartphone lama, puluhan video 4K, dan mengunduh puluhan games atau aplikasi.