Dipakai Samsung Galaxy S9 dan S9+, Ini Kelebihan Exynos 9810

Exynos 9810 diklaim akan digunakan pada Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9+

Samsung Galaxy S9

Samsung telah resmi meluncurkan chipset seri 9 Exynos 9810. Chipset Prosesor ini diklaim akan digunakan pada Galaxy S9 dan Galaxy S9+, untuk beberapa pasar di dunia, seperti Indonesia. Lalu apa saja kelebihan chipset prosesor ini dibandingkan pendahulunya?

DIlansir dari laman berita resmi Samsung, Exynos 9810 memiliki kemampuan menjalankan aplikasi AI Artificial Intelligence dan dan Richer Multimedia Content.

Baca Juga: Selain Samsung Galaxy S9 dan S9+, Daftar Hape Ini Juga Pakai Snapdragon 845

Kecepatan

Memiliki kecepatan yang lebih baik, karena chipset Prosor ini dibangun dengan proses 10nm FinFET dari Samsung, CPU ini menggunakan prosesor Octacore baru, Dimana Delapan inti prosesor ini terdiri dari empat prosesor kustom generasi ketiga yang memiliki kecepatan mencapai 2.9GHz.

Bekerja lebih Efisien karena Empat lainnya dioptimalkan untuk efisiensi. Kinerja single-core ditingkatkan dua kali lipat dan kinerja multi-core meningkat sekitar 40% dibandingkan pendahulunya.

Exynos 9810 dilengkapi dengan modem LTE 1.2Gbps. Berkat dukungannya ini chipset 9010 mendukung agregasi carrier 6x (CA) untuk downlink 1.2Gbps dan 200 megabits per second (Mbps) uplink.

Fitur Baru

Exynos 9810 memiliki jaringan berbasis neural yang mampu belajar secara mendalam. Prosesor ini juga memiliki keamanan yang lebih kuat. Sehingga memungkinkan mengenali orang atau barang secara spesifik pada foto untuk pencarian gambar, kategorisasi dengan cepat, atau melalui penginderaan mendalam sehingga mampu memindai wajah pengguna secara 3D untuk deteksi wajah secara hybrid.

Baca Juga: Samsung Galaxy S9 dan S9+ Mulai Nongol, Kayak Apa ?

Meskipun tidak memiliki kemampuan secara eksplisit, pendeteksian wajah pendeteksi 3D yang mendalam juga akan ada pada prosesor ini, hampir mirip dengan Apple FaceID.

Kemampuan Grafis

Untuk memainkan game, kinerja grafis pada prrosesor juga lebih baik, karena GPU terbaru ARM Mali-G72 menjanjikan kinerja 20% lebih banyak daripada pendahulunya sementara lebih efisien. Pemutaran video juga sudah mendukung codec video high-level 10-bit (high efficiency video coding) dan VP9.

Exynos 9810 dilengkapi dual-ISP yang mendukung hingga 4 sensor gambar seperti dual-camera di belakang bersamaan dengan kamera dan sensor iris di bagian depan. Dual-ISP akan memberikan stabilisasi lanjutan untuk gambar dan video hingga Resolusi UHD.

Kemampuan Kamera

Untuk kemampuan fotografi, prosesor ini mempu memproses real-time out-of-focus dalam resolusi tinggi dan gambar yang lebih terang dalam cahaya rendah dengan noise yang berkurang dan blur gerak.

Samsung mengkalim akan menampilkan Exynos 9810 minggu depan di CES 2018.