Pintarnya Cara Kerja Fitur Artificial Intelligence ( AI ) di OPPO F7

Ketika sedang mengejar Spiderman yang berada di pesawat ruang angkasa milik anak buah Thanos, melalui perintah suara Tony Starks memerintahkan Jarvis untuk mengirimkan kostum Spiderman yang tersimpan di markas Iron Man, untuk menolong Spiderman. Masih ingat dengan salah satu adegan yang ada di film Infinity War itu ? Atau tentu sudah tahu kecanggihan jubah robot Iron Man yang dilengkapi dengan asisten virtual bernama Jarvis. Seperti itulah salah satu contoh teknologi Artificial Intelligence ( AI ) atau kecerdasan buatan.

Teknologi AI belakangan ini sedang menjadi tren. Teknologi yang sebelumnya hanya sebatas ‘cuma ada di film’ kini benar-benar hadir di hadapan mata. Sebuah teknologi pintar yang mampu mengerti dan merespon keinginan penggunannya.

Baca juga : 7 Fitur di OPPO F7 Yang Bikin Main Game Online Makin Lancar

Teknologi AI pun terus berkembang dan semakin banyak digunakan untuk berbagai keperluan. Termasuk sudah diterapkan pada perangkat pintar seperti smartphone. Hal itulah yang dilakukan OPPO dengan melengkapi seri smartphone andalannya dengan teknologi AI. Termasuk pada seri smartphone OPPO  F7 yang baru saja dirilis. Di seri smartphone OPPO terbaru ini, teknologi AI diterapkan pada beberapa fitur.

Beberapa fitur di OPPO yang sudah dilengkapi teknologi AI antara lain seperti  A.I Beauty Recognition 2.0 yang kini mampu memindai hingga 296 titik wajah. Itu berarti kamera depan OPPO F7 mampu mengenali objek foto lebih detil lagi, mulai dari warna kuilt, jenis kelamin, kontur wajah, dan lainnya. Sehingga bisa memperhalus wajah lebih tepat , sehingga hasil foto lebih natural.

Teknologi A.I ini bisa mengingat hasil sentuhan touch-up yang pernah diberikan kepada foto selfie sebelumnya. Jadi akan menjadi panduan saat kembali melakukan foto selfie. A.I Beauty Recognition versi 2.0 juga bisa diterapkan saat melakukan foto group selfie.

Selain itu ada fitur A.I Smart Album yang bisa membuat pencarian foto lebih mudah, karena bisa diklasifikasikan berdasarkan wajah, nama tempat, objek atau scene. Ada juga A.I Board  yang memungkinkan untuk melakukan split screen di bagian depan layar untuk menempatkan aplikasi favorit atau mengelompokan jadwal penting.

Selanjutnya ada fitur A.I Battery Management untuk mengatur penggunaan daya baterai agar lebih hemat sehingga bisa bertahan lebih lama. OPPO F7 juga sudah dilengkapi fitur A.I Facial Recognition yang tidak akan membukakan layar terkunci apabila mata terpejam saat sedang melakukan face recognition. Dan terakhir ada fitur A.I Scene Recognition yang sudah menyediakan penyetingan otomatis agar hasil foto maksimal pada berbagai macam kondisi pemotretan.

Tidak hanya dilengkapi banyak fitur berteknologi AI, namun fitur AI di OPPO F7 ini memiliki sistem kerja yang juga ‘pintar’. Ini karena proses kerja teknologi AI di smartphone ini tidak melakukan upload ke cloud baru kemudian dari cloud mengirim perintah ke smartphone.

Baca juga : Makin Pintar, OPPO F7 Dibekali 7 Fitur Berteknologi Artificial Intelligence Ini 

Proses kerja fitur AI di OPPO F7 dilakukan di dalam smartphone ini sendiri. Ini tidak lepas dari kemampuan prosesor Helio P60 yang digunakan OPPO F7. Prosesor ini sudah dilengkapi Edge AI yang mampu menyelesaikan semua proses di APU (AI Processing Unit) tanpa melibatkan cloud. Bahkan smartphone ini sudah dibekali dengan dual core AI Processing Unit yang mempercepat kalkulasi AI.

Selain membuat pemprosesan dan kalkulasi AI lebih cepat, kelebihan lain dari dilakukannya proses AI di smartphone OPPO F7, yaitu membuat data-data penting yang terkait dengan pengguna lebih aman. Karena semua data tersebut tetap berada di dalam smartphone. Beda jika proses AI dilakukan secara cloud yang memungkinkan berbagai data terekspos ke luar.