Hp Oppo A1 Meluncur, Apa Bedanya dengan Xiaomi Mi A1?

0

Selain F7, Oppo ternyata diam-diam juga rilis hp Oppo A1 di negara asalnya, Cina. Hp memiliki nama A1 seperti hp Xiaomi membuat kamu berfikir. Lalu apa bedanya Mi A1?

Jika Xiaomi Mi A1 masuk dikelah menengah, nyatanya Oppo A1 masuk dikelas entry level. Asuk dikels bawah suah pasti hp ini jauh lebih murah dibandingkan dengan Xiaomi Mi A1.

Oppo A1 hadir dalam tiga warna pilihan, Dark Blue, Cherry Red, dan White. Tapi Xiaomi Mi A1 memiliki varian yang lebih banyak, yakni dengan empat warna, yakni Black, Gold, Rose Gold, Red.

Baca Juga: Ini Foto Asli Hp OPPO F7 Terbaru Dengan Layar Super Full Screen

Secara keseluruhan, desain A1 terbilang mirip Xiaomi Mi A1. Namun di Oppo A1 sudah menggunakan layar bezel-less, jadi lebih kekinian.

Layar

Hp baru dari Oppo ini memiliki layar berukuran 5.7 inci dan sudah dilapisi oleh kaca 2.5D dan tentunya memiliki aspek rasio 18:9. Sedangkan Xiaomi Mi A1 memiliki luas layar yang lebih kecil degan 5.5 inci dan tidak menggunakan rasio layar 18:9 melainkan 16:9. Dengan luas yang yar yang lebih besar, maka penguna Oppo A1 pasti lebih nyaman saat menonton Video melalui hp.

Tapi Xiaomi MI A1 memiliki resolusi yang lebih baik, karena sudah FullHD 1080 x 1920 pixels, sedangkan Oppo A1 masih HD 720 x 1440 pixels. Jadi kualitas tampilan tentunya lebih baik Xiaomi MI A1.

Tidak menggunakan desain layar berponi seperti kebanyakan hp yang menyamai iPhone X. A1 masih menyisakan sedikit ruang  bezel di bagian atas dan bawah. Di bagian bezel atas tersedia kamera depan, jajaran sensor, dan mic.

Baca Juga: Ini Daftar Hp Xiaomi yang Bakal Dapat Update MIUI 9.5 Terbaru

Oppo A1 tidak dilengkapi dengan fitur pemindai sidik jari. Berbeda dengan Xiaomi Mi A1 yang sudah menggunakan sensor sidik jari yang ditampatkan pada bagian belakang hp.

Tapi jangan salah, Oppo A1 sudah dibekali dengan pemindai wajah (Face Recognition) untuk membuka kunci layar. Fitur ini juga sudah ada di Xiaomi MI A1.

Performa

Untuk masalah spesifikasi jeroannya, Oppo A1 belum diketahui apa prosesor yang digunakan, tapi jika masuk dikelas entry level jika menggunakan chipset snapdragon, kemungkinan akan menggunakan chipset snapdragon seri 2xx, 4xx atau 6xx.  Jika menggunakan seri 6xx maka kemungkinan akan sama dnegan Xiaomi Mi A1 yang menggunakan Snapdragon 625.

Oppo A1 didukung oleh RAM 4GB dan penyimpanan memori internal sebesar 64GB yang dapat diperluas melalui kartu MicroSD. Begitu juga A1 juga memiliki kapasitas RAM dan memori internal yang sama.

Baca Juga: Selain Xiaomi dan Oppo, Ini Daftar Merk Hp China Yang Harus Kamu Tahu

Kamera

Pada sektor fotografi, Oppo A1 dilengkapi dengan kamera belakang  dengan  sensor  kamera 13MP. Sedangkan Xiaomi Mi A1 meski memiliki resolusi lebih kecil, tapi memiliki kamera ganda 12MP+12MP yang sudah memiliki kemampuan untuk mengambi foto bokeh. Kamera depan

Untu kamera depan Oppo A1 sudah dibekali dengan resolus kamera yang lebih besar dengan 8MP, sedangkan Xiaomi Mi A1 memiliki resolusi 5MP. Namun begitu keduanya sama-sama memiliki kemampuan untuk mengambil foto selfie dan video call.

Untuk daya tahan baterai Oppo A1 dibekali baterai berkapasitas daya yang sedikit lebih besar dengan 3.180 mAh. Sedangkan  Xiaomi Mi A1 memiliki kapasitas 3.080 mAh.

Harga Oppo A1 1399 yuan setara dengan 220 USD  atau sekitar Rp2,9 jutaan. Sedangkan Xiaomi Mi A1 di Indonesia sendiri dijual pada pasaran harga yang setara, yakni sekitar Rp 2,8 Jutaan.

Belum jelas apakah Oppo A1 akan meluncur di Indonesia, jika iya kemungkinan hp ini pasti akan bersaing ketat dengan Xiaomi Mi A1.