Realme 3 vs Samsung Galaxy M20, Mending Mana?

0

Gadgetsquad.id – Beberapa bulan ini sudah banyak hp baru yang meluncur di Indonesia. Kebanyakan adalah yang masuk dikelas menengah. Nah, dua diantaranya ada Realme 3 dan Samsung Galaxy M20. Lalu Realme 3 vs Samsung Galaxy M20, mending mana?

Realme 3 vs Samsung M20

Keduanya dibanderol dengan harga 2 jutaan. Mana yang kamu pilih? Berikut perbandingan kedua hp ini.

Harga

Harga realme 3
Harga realme 3

Dari sisi harga antara Realme 3 vs Samsung Galaxy M20 tidak jauh berbeda. Untuk Realme 3 sendiri sejatinya memiliki 3 varian, yakni RAM 3GB dengan memori internal 32GB yang harganya Rp 1.999.000, RAM 3GB dengan memori internal 64GB seharga Rp 2.099.000 dan RAM 4GB dengan memori internal 64GB yang dibanderol Rp 2.399.000.

Kami pilih untuk varian yang lebih tinggi dengan banderol harga Rp 2.399.000. yang mendekati harga Samsung Galaxy M20 3GB dengan memori internal 32GB yang harganya Rp2.799.000.

Harga Samsung Galaxy M20
Harga Samsung Galaxy M20

Dari sisi harga yang selisihnya 400ribuan, jika kamu pilih realme 3 kamu bakal mendapatkan kapasitas RAM dan memori internal yang lebih besar dibandingkan Samsung Galaxy M20.

Desain

Realme 3 vs Samsung M20
Desain (Realme 3 vs Samsung M20)

Bodi bagian belakang Samsung Galaxy M20 menggunakan material berbahan polycarbonate dengan finishing glossy. Desain ini memang kelihatan premium, tapi tidak kelihatan kekinian jika dibandingkan hp jaman now.

Berbeda dengan bodi belakang Realme 3 yang memiliki tampilan efek warna gradasi warna. Hp ini lebih kelihatan lebih estetis dibandingkan Samsung Galaxy M20.

Dari sini nampak Realme 3 mencoba menampilkan daya tarik dari pandangan pertama. Efek warna gradasi pada bodi Realme 3 lebih bagus saat terkena cahaya. Apalagi jika Hp ini sedikit diputar ke berbagai arah, maka akan terlihat efek gradasi yang elegan dari sudut berbeda.

Namun begitu Samsung Galaxy M20 dan realme 3 sendiri sama sama memiliki dua pilihan warna, Dimana M20 memiliki pilihan yaitu Charcoal Black dan Ocean Blue. Sedangkan Realme 3 berwarna pilihan warna gradasi, Dynamic Black dan Radiant Blue.

Sedangkan dari sisi dimensi Realme 3 vs Samsung Galaxy M20 hampir mirip, hanya saja Realme 3 sedikit lebih bongsor dibandingkan Samsung Galaxy M20. Namun begitu hal ini tidak terlalu signifikan, keduanya masih sama-sama nyaman digunakan.

Baca juga: Review Realme 3 – Desain Mewah, Fitur Melimpah, Harga Murah

Layar

Harga Samsung Galaxy M20

Dari sisi layar Samsung Galaxy M20 masih menunjukan kehebatannya sebagai vendor yang mampu menghadirkan hp dengan layar terbaik. Selain sedikit lebih luas, layar dengan panel PLS TFT ini juga mampu menampilan resolusi yang lebih baik dibandingkan Realme 3

Jadi harus diakui kemampuannya dalam memancarkan tampilan yang lebih baik dibandingkan layar Realme 3. Namun begitu hal ini memang hampir tidak begitu kentara secara kasat mata. Karena keduanya masih mampu menampilkan tampilan yang mampu memberikan kenyamanan dimata.

Meski Realme 3 kalah dalam hal tampilan, tapi hp ini memiliki keunggulan dibandingkan M20. Layar Realme 3 dilindungi oleh lapisan kaca Corning Gorilla Glass 3 yang bisa menahan layar dari goresan. Realme juga memiliki pengaturan temperatur warna layar, sehingga kecerahan dapat diatur sesuai selera. Apalagi langkah Realme dengan menyematkan screen protector pada layar ponselnya juga patut diacungi jempol.

Performa

Harga Samsung Galaxy M20

Nah, sekarang untuk urusan performa Samsung Galaxy M20 dibekali prosesor Exynos 7904 dan GPU Mali-G71 MP2. Sedangkan Realme 3 mengusung prosesor Mediatek Helio P60 dan GPU Mali-G72 MP3.

Memiliki perbedaan pada kapasitas RAM antara Realme 3 vs Samsung Galaxy M20 nampaknya berpengaruh pada kinerja hp. Dengan spesifikasi yang dimilikinya Realme 3 menunjukan skor yang lebih tinggi dibandingkan dengan Samsung galaxy M20. Seperti yang ditunjukan pada gambar dibawah.

Realme 3 vs Samsung Galaxy M20
Hasil Antutu (Realme 3 vs Samsung Galaxy M20)

Begitu juga saat kamu test GPU kedua hp dengan menggunakan aplikasi pengukuran kinera GPU, Realme juga mampu mendapatkan skor lebih baik dibandingkan dengan Samsung Galaxy M20. Mungkin ini karena penggunaan GPU Realme 3 yang lebih baru dibandingkan Samsung Galaxy M20.

Baca juga: Sebaiknya Nunggu Hp Redmi Note 7 atau Beli Samsung Galaxy M20 ? Ini Perbandingannya!

Tes Gaming

Realme 3 vs Samsung M20 PUBG

Pengetesan tidak sampai disitu, hasil performa antara Realme 3 vs Samsung Galaxy M20 juga kita lakukan pada pada penggunaan sehari-hari dan saat bermain game. Kami melakukan tes saat main game PUBG.

Pada pengujuan ini terasa bahwa performa Realme 3 mampu memberikan performa yang lebih baik dibandingkan Samsung Galaxy M20.

Performa terasa gegas dan grafis lebih stabil saat bermain game. Saat kami coba keduanya untuk main PUBG keduanya mampu menjalankan game ini dengan settingan framerate high dengan graphic HD.

Tidak hanya itu, Realme juga sudah menggunakan sistem operasi yang lebih baru dibandingkan Samsung Galaxy M20. Realme 3 didukung oleh sistem ColorOS 6.0 terbaru berbasiskan OS Android Pie. Samsung galaxy M20 masih menggunakan Android 8.1 Oreo yang dipadukan dengan Samsung Experience 9.5 UX..

Dengan OS Android 9.0 Pie tentunya hp Realme 3 jadi memiliki kinerja lebih efisien, dan sedikit banyak membantu kinerja hp.

Kamera

Realme 3 vs Samsung M20 Kamera
Kamera (Realme 3 vs Samsung Galaxy M20)

Soal kamera Samsung Galaxy M20 dilengkapi dengan dual camera di bodi belakang. Kamera ganda ini berkekuatan resolusi 13MP (f/1.9) dan 5MP (f/2.2) . Sedangkan untuk fitur kamera depannya beresolusi 8MP (f/2.0). Kamera depan ini selain untuk foto selfie juga bisa sebagai pemindai fitur Face Unlock.

Sedangkan Realme 3 dilengkapi dengan dua kamera utama yang memiliki resolusi 13MP dan 2MP. Sensor kamera utamanya beresolusi 13MP dengan fitur auto-focus, dan kamera 2MP merupakan depth sensor untuk mode bokeh (portrait). Sedangkan kamera depannya memiliki resolusi 13MP dengan auto-focus.

Hasil jepretan kamera utama kedua ponsel tersebut cukup berimbang di kondisi pencahayaan yang cukup. Namun hasil foto pada pada Realme 3 mampu menampilkan dynamic range yang dan detail yang lebih baik. Ini berkat fitur Chroma Boost yang ada didalamnya. Pada kondisi tertentu, foto dari Galaxy M20 terlalu halus (kurang detail) dan sedikit lebih pucat.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

 

Pada hasil foto malam hari atau pada kondisi low light, Realme 3 mampu menampilkan hasil yang lebih baik, ini berkat mode nightscape. Sehingga mampu membantu pengguna dalam mengambil foto cahaya rendah. Mode ini mampu secara efektif dapat mengurangi noise yang kerap muncul saat foto malam hari.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Untuk bokeh-bokehan kedua hp ini memang sudah mampu menghasilkan hasil foto yang bokeh, tapi Realme 3 dapat menghasilkan foto yang kelihatan lebih natural. Ini berkat kamera depth sensor yang dimilikinya. Meski Galaxy M20 juga mampu mendapatkan foto bokeh tapi hasilnya nampak kurang natural.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

 

Baca juga: Samsung Galaxy M20, Layak Jadi Pembunuh Xiaomi Cs?

Baterai

Realme 3 vs Samsung M20
Baterai (Realme 3 vs Samsung Galaxy M20)

Antara Realme 3 vs Samsung Galaxy M20 sama-sama mengunggulkan kemampuan baterainya yang tahan lama, karena dibekali kapasitas besar. Pada Samsung Galaxy M20 dibekali baterai berkapasitas 5.000 mAh. Hp terbaru ini juga sudah mendukung fitur fast charging atau pengisian daya baterai cepat.

Sedangkan Realme 3 memiliki kapasitas yang lebih kecil dibandingkan Samsung Galaxy M20, yakni hanya 4.230mAh. Dalam penggunaan sehari-hari, keduanya memiliki daya tahan yang sama baiknya. Dengan penggunaan layar dengan resolusi lebih tinggi, Galaxy M20 tentunya akan mengkonsumsi dayanya juga lebih besar.

Pada pengujian baterai untuk bermain game dan menonton streaming Youtube masing-masing selama 30 menit, Realme 3 menghabiskan daya baterai sebesar 10% dan Galaxy M20 12%.

Kesimpulan Realme 3 vs Samsung Galaxy M20

Dari hasil komparasi, Realme 3 memiliki banyak kelebihan dibandingkan Samsung Galaxy M20. Meski resolusi layarnya sedikit lebih rendah dibanding Galaxy M20, tapi Realme 3 menawarkan desain yang lebih menawan, kamera dan performa yang lebih baik, serta harga jual yang lebih terjangkau.

Tapi ini kan Realme, merek hp baru yang baru ada di pasar Indonesia. Jelas beda dengan Samsung yang sudah puluhan tahun menjual hpnya di Indonesia?

Tapi kamu nggak perlu khawatir Realme sendiri merupakan sub-brand dari nama besar Oppo yang sudah ada di Indonesia sejak lama. Jadi untuk kualitas dan layanan after service sendiri sudah baik juga, nggak kalah dibandingkan dengan Samsung untuk layanan aftersales. (ADV)