Adu Hp OPPO F7 vs Vivo V9,  Harga Berdekatan Mana Yang Jadi Pilihan ?

2

Persaingan Hp terbaru di Indonesia semakin sengit. Belakangan ini hadir beberapa HP jagoan terbaru yang siap memikat para pengguna. Setelah akhir Maret 2018 lalu Vivo V9 secara resmi diluncurkan, pada pertengahan April 2018 giliran Hp OPPO F7 yang resmi dirilis dan dijual di pasaran.

Kedua Hp terbaru tersebut dibanderol dengan harga yang berdekatan. Hp OPPO F7 dijual seharga Rp4.199.000, sedangkan Vivo V9 dipasarkan dengan harga Rp3.999.000. Sejumlah fitur menarik pun sudah diusung kedua Hp terbaru tersebut.

Bingung pilih yang mana ? Simak perbandingan antara OPPO F7 dan Vivo V9 berikut ini :

Desain

Kedua Hp terbaru ini sama-sama memiliki desain bodi depan mirip iPhone X. Yaitu punya layar luas yang terbentang hampir di sekujur sisi depan. Layar luas ini juga membuat bodi depan hanya menyiasakan sedikit bezel di sekeliling layar, atau disebut desain bezel-less. Hal lain yang mirip dengan iPhone X yaitu adanya notch atau semacam ‘poni’ yang ada di bagian atas layar. Di bagian itu tersemat kamera depan dan speakerphone.

Untuk ukuran dimensi kedua Hp ini bisa dikatakan sebanding. Termasuk untuk ketebalan bodinya yang dirasa cukup tipis. Begitu pula dengan bobotnya yang terasa sama-sama cukup ringan. Tapi ada perbedaan pada bentuk bodi belakang.

Hp OPPO F7 punya bentuk ergonomis dengan bagian sekeliling pinggir bodi agak membulat, sedangkan bagian bodi belakangnya flat rata. Desain bodi belakang terlihat bak cermin, Namun tidak perlu khawatir, karena seperti bagian layar, bodi belakang Hp ini juga sudah dilapisi dengan bahan Corning Gorilla Glass, sehingga tahan goresan benda tajam. Ini yang menjadi kelebihan dari desain OPPO, selain terlihat elegan juga tidak khawatir bodi akan tergores. Hp OPPO F7 ini juga tersedia dalam dua warna pilihan, yaitu Solar Red dan Moonlight Silver.

Bodi belakang Vivo V9 memiliki desain antara sisi belakang dan sisi sekeliling samping tampak menyatu. Bodi ini menggunakan bahan glossy tapi terkesan seperti plastik glossy biasa. Hanya saja bodi belakang Vivo V9 tidak dilapisi Gorilla Glass. Vivo V9 hadir dalam pilihan warna Black dan Ocean Blue. Dengan menggunakan bahan yang mengkilap, bodi belakang Vivo V9 dan OPPO F7 sama-sama mudah meninggalkan bekas sidik jari. Persamaan lain dari kedua Hp ini yaitu sudah dibekali dengan fingerprint sensor yang diletakan di bagian tengah bodi belakang.

Baca juga : Review OPPO F7 – Semakin Pintar dengan Teknologi Artificial Intelligence Terbaru

 Layar

Selain sama-sama memiliki desain layar luas atau disebut juga Full Display, layar di kedua Hp ini memiliki ukuran yang bisa dibilang sama. Hp OPPO F7 mengusung layar sentuh berkuran 6,23 Inci , sedangkan Vivo V9 layarnya berukuran 6,3 inchi. Keduanya juga memiliki aspect ratio yang sama, yaiti 19 : 9. Ketajamannya pun sama, yaitu sama-sama berteknologi IPS dengan resolusi Full HD+ (1080 x 2280 pixels). Layar di kedua Hp ini juga sudah sama-sama dilapisi Gorilla Glass sehingga tahan terhadap goresan benda tajams sekalipun.

Meski layar kedua Hp ini luas, namun tidak membuat ukuran bodi keduanya ikut membesar. Ukuran bodi tetap terasa seperti Hp berukuran layar 5,5 inci. Jadi bodinya masih nyaman digenggam, tapi tampilan layar lebih luas.

Tapi ada yang menarik dari tampilan layar di OPPO F7, yaitu sudah dilengkapi fitur Screen Multitasking. Jadi kamu bisa melakukan chatting di WhatsApp sekaligus menonton video YouTube. Karena layar bisa menampilkan kedua aplikasi tersebut sekaligus, di mana aplikasi yang pertama kali dibuka akan tampil fullscreen, baru aplikasi yang dibuka kemudian akan tampil di atasnya. Vivo V9 memiliki fitur picture-in-picture saat bermain game, yang memungkinkan pengguna untuk tetap menjalankan permainan sekaligus membalas pesan penting.

Kamera

OPPO F7 juga masih menjagokan fitur kamera selfie. Tapi tentu kemampuannya sudah ditingkatkan. Resolusi kamera selfie ini sudah mencapai 25 Mpix. Ini bisa dibilang Hp dengan kamera depan resolusi terbesar saat ini.

Kamera selfie ini diperkuat diafragma F/2.0, serta sensor terbaru SONY IMX576 yang mampu menghasilkan gambar semakin tajam dan lebih kaya warna. Bahkan OPPO menjadi Hp pertama yang mengusung sensor kamera SONY IMX576.

Tidak hanya itu, kamera selfie ini juga dilengkapi fungsi HDR yang sudah terintegrasi secara  hardware. Ini membuat hasil foto selfie memiliki dynamic range yang tinggi tapi juga tidak berlebihan. Saat kamu melakukan foto selfie membelakangi sinar matahari, hasil foto tidak backlight dan akan tetap terlihat terang

Sama seperti OPPO F5, kamera depan di Hp OPPO F7 juga sudah didukung teknologi Artificial Intelligence (A.I) Beauty Recognition. Bedanya, kemampuannya kini sudah mencapai versi 2.0 atau sudah ditingkatkan.

Jika pada OPPO F5, teknologi A.I Beauty Recognition memindai 254 titik wajah, di OPPO F7 bisa memindai hingga 296 titik wajah. Itu berarti kamera depan OPPO F7 mampu mengenali objek foto lebih detil lagi, mulai dari warna kuilt, jenis kelamin, kontur wajah, dan lainnya.

Selanjutnya A.I Beauty Recognition akan mensikronkan dengan database foto secara global yang digunakan sebagai referensi untuk melakukan touch-up pada foto selfie. Sehingga bisa memperhalus wajah lebih tepat , sehingga hasil foto lebih natural.

Hebatnya lagi, teknologi A.I ini bisa mengingat hasil sentuhan touch-up yang pernah diberikan kepada foto selfie sebelumnya. Jadi akan menjadi panduan saat kembali melakukan foto selfie.

A.I Beauty Recognition juga bisa bekerja saat melakukan foto group selfie, sehingga tiap wajah objek foto akan memiliki personalisasi selfienya masing–masing. Tidak hanya itu, OPPO F7 juga menyediakan fitur AR Sticker, yaitu berbagai pilihan stiker yang bisa menghiasi tampilan foto selfie, sehingga terlihat lebih seru.

Meski hanya dibekali dengan satu kamera depan, tapi kamera ini ternyata sudah bisa menghasilkan foto bokeh. Hasilnya pun terlihat mirip dengan foto hasil jepretan kamera DSLR.

Kamera selfie juga menjadi fitur yang dijagokan Hp Vivo V9 ini. Kamera depan di Hp ini memiliki resolusi yang terbilang besar, yaitu 24 Mpix. Hebatnya lagi, kamera selfie ini sudah didukung oleh teknologi Artificial Intelligence (AI) Face Beauty. Dengan AI Face Beauty ini kamera selfie Vivo V9 mampu menghasilkan foto yang jernih, tajam sekaligus natural. Ini karena teknologi AI Face Beauty mampu mengidentifikasi usia, jenis kelamin, warna kulit, tekstur wajah pengguna, serta pencahayaan di sekitarnya. Dari situ kamera mampu mengidentifikasi tangkapan kamera dengan menyesuaikan pada wajah pengguna, dan bisa menghasilkan foto selfie yang lebih natural.

Sama dengan teknologi pada kamera depan OPPO F7, Teknologi AI Face Beauty di kamera deoan Vivo V9 juga memiliki database foto selfie dari seluruh dunia dan telah digunakan untuk melatih algoritma AI. Ini yang memungkinkan AI Face Beauty untuk menyesuaikan dan menerapkan algoritma yang ideal untuk foto yang lebih sempurna. Seiring dengan penggunaan kamera, teknologi AI ini juga akan mempelajari preferensi pengaturan secara otomatis, sehingga bisa menghasilkan foto yang natural.

Kamera depan ini juga didukung fitur AI Selfie Lighting yang bisa menghasilkan foto yang tajam meski berada di berbagai kondisi dan tanpa perlu pengaturan yang rumit. Selain itu, juga ada fitur AR Sticker yang menyediakan berbagai pilihan stiker, sehingga foto selfie akan terlihat leih menarik dan atraktif.

Baca juga : Review Vivo V9 – Tampil Mirip iPhone X dengan Segala Plus Minusnya

Untuk kamera belakang, OPPO F7 hanya membawa satu kamera dengan resolusi 16 Mpix dengan diafragma F/1.8 plus LED Flash. Meski begitu hasil jepretan kameranya bisa diandalkan. Kemampuannya bisa dibilang tidak kalah dengan dual kamera. Termasuk juga bisa menghasilkan foto bokeh.

Vivo V9 membawa dual kamera belakang dengan desain lensa vertical dan adanya lampu LED Flash. Kamera ganda ini memiliki resolusi 13 MPix + 2 Mpix. Tentu saja dual camera ini bisa menghasikan foto bokeh seperti kamera DSLR. Apalagi dual camera ini didukung fitur AI Bokeh sehingga dual kamera ini dapat mengidentifikasi objek foto, dan memastikan fokus dengan tingkat presisi yang tinggi. Kamu bahkan bisa memotret lebih dahulu, lalu mengatur titik fokus setelahnya.

Performa

Untuk performanya, OPPO F7 disokong prosesor Mediatek Helio P60 OctaCore. Ini adalah prosesor yang tergolong sangat baru. Kelebihan prosesor ini yatu mengemas 8 inti dengan format ARM big.LITTE dimana ada 4 inti ARM Cortex-A73 seperi yang terdapat pada Helio X30 dan 4 inti ARM Cortex-A53 yang masing – masing inti memiliki kecepatan 2.0 Ghz. Prosesor ini memiliki kekuatan tinggi untuk menjalankan berbagai fitur multimedia dan games yang tergolong berat.

Kinerja OPPO F7 juga didukung GPU Mali-G72, serta RAM 4 GB. Selain itu OPPO F7 juga hadir dalam varian lain yang memiliki RAM 6 GB. Sedangkan untuk kinerja Vivo V9 mengandalkan prosesor Qualcomm Snapdragon 450 Octa-core. Juga didukung GPU Adreno 506 dan RAM 4 GB.

Dari hasil pengukuran kinerja kedua Hp ini menggunakan apliaksi Antutu Bechmark, OPPO F7 memiliki skor kinerja yang jauh meninggalkan Vivo V9. Ini karena kelas prosesor Snapdragon 450 memang masih di bawah Mediatek Helio P60.

Memori

Untuk ruang penyimpanan berbagai jenis konten, OPPO F7 dibekali memori internal 64 GB (untuk RAM 4 GB). Selain itu OPPO F7 juga hadir dalam pilihan varian memori internal 128 GB (untuk RAM 6 GB).

Sedangkan Vivo V9 menyediakan memori internal berkapasitas 64 GB.  Kedua Hp ini juga sama-sama dilengkapi dengan slot memori tambahan MicroSD yang mendukung hingga kapasitas 256 GB. Slot MicroSd ini pun sudah dedicated, alias slot tersendiri, sehingga tidak harus bergantian dengan SIM card 2.

Baterai

Untuk daya tahan hidupnya, OPPO F7 dibekali dengan baterai berkapasitas agak lebih besar, yaitu 3.400 mAh. Sedangkan Vivo V9 mengandalkan baterai berkapasitas 3.260 mAh.

Fitur Artificial Intelliegence

Teknologi Artificial Intelligence (A.I) pada OPPO F7 ternyata tidak hanya digunakan pada kamera, tapi di beberapa fitur lainnya. Seperti ada fitur A.I Smart Album yang bisa secara otomatis mengelompokkan foto pada Album berdasarkan wajah dan lokasi pengambilan foto. Hal ini akan semakin mempermudah dalam mencari dan menemukan foto.

Selain itu juga ada fitur A.I Board yang memungkinkan untuk melakukan split screen dimana pengguna dapat menempatkan aplikasi – aplikasi favoritnya dan mengelompokan berbagai pengingat.

Secara otomatis, fitur ini akan mengurutkan mulai dari meeting yang terpenting, jadwal perjalanan, tiket bioskop yang dipesan bahkan hingga order e-commerce yang kesemuanya dikenali melalui email ataupun SMS.

Ada juga fitur A.I Battery Management yang membuat Hp OPPO ini bisa mengatur penggunaan daya baterai agar lebih hemat sehingga bisa bertahan lebih lama.

Selain itu ada A.I Facial Recognition versi terbaru, dimana fitur ini tidak akan membukakan layar terkunci apabila mata terpejam saat sedang melakukan face recognition.

Dan yang terakhir ada A.I Scene Recognition, fitur ini sudah menyediakan penyetingan otomatis agar hasil foto maksimal pada berbagai macam kondisi pemotretan. Misalnya kamu ingin memotret makanan, maka cukup pilih ikon menu makanan, lalu langsung memotret dan tidak perlu melakukan penyetingan kamera apapun, karena sudah dilakukan oleh fitur ini.

Vivo V9 juga menyediakan beberapa fitur lain berbasis teknologi A.I. Vivo V9 juga dilengkapi dengan fitur AI Face Access yang dapat mendeteksi refleksi kulit wajah dan gerakan halus dari wajah pengguna. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk sistem keamanan penguncian smartphone menggunakan cara identifikasi waja. AI Face Access juga bisa dimanfaatkan untuk App-Lock yang membantu mengamankan data dan privasi Anda untuk masing-masing aplikasi yang terinstal pada Vivo V9.

Untuk fitur AI Attention Sensing pada Vivo V9 mampu mengenali wajah pengguna saat sedang melihat smartphone. Fitur ini berfungsi untuk meminimalkan gangguan dengan secara otomatis mengurangi volume notifikasi pesan, panggilan masuk dan alarm saat pengguna sudah melihat layar.

OPPO F7

Vivo V9

Dimensi 156 x 75.3 x 7.8 mm 154.8 x 75.1 x 7.9 mm
Berat 158 g 150 g
Layar 6.23 inches 1080 x 2280 pixels Corning Gorilla Glass 5 6.3 inches 1080 x 2280 pixels Corning Gorilla Glass
Kamera Belakang 16 MP, f/1.8 1080p@30fps Dual: 16 MP + 5 MP, f/2.0 2160p@30fps
Kamera Depan 25 MP, f/2.0, 1080p 24 MP, f/2.0, 1080p
Prosesor Mediatek Helio P60 Octa-core + GPU Mali-G72 Qualcomm Snapdragon 450 Octa-core + GPU Adreno 506
OS Android 8.1 (Oreo) ColorOS 5.0 Android 8.1 (Oreo) +  Funtouch OS 4.0
RAM 4 GB / 6 GB 4 GB
Memori 64 GB / 128 GB 64 GB
Baterai 3.400 mAH 3.260 mAh

 

2 COMMENTS