GadgetSquad.ID – Oppo baru saja didapuk sebagai brand smartphone keempat terbesar di dunia. Keberhasilan Oppo, tentu tidak luput dari kualitas smartphone yang dirilis, dan salah satu yang terlaris adalah Oppo Find X3 Pro 5G.

Berbicara Oppo Find X3 Pro 5G, hape yang satu ini memilki ciri khas desain yang membuatnya begitu ikonik. Ya, Oppo Find X3 Pro 5G memang punya desain unik, sehingga tak heran hp ini laris manis di pasaran.

Terkait desain Oppo Find X3 Pro 5G, arsitek legendaris Anthony Gaudi berpendapat, bahwa tidak ada konsep garis lurus di alam semesta. Dari perbukitan hijau hingga kerikil halus, semua memiliki lengkungan, sebuah bentuk yang merepresentasikan kehangatan, kenyamanan, dan kedamaian.

Menerapkan filosofi desain ini pada sebuah smartphone yang senantiasa kita gunakan selama berjam-jam tentunya sangat masuk akal. Namun, merancang bentuk lengkungan ini dan menerapkannya pada teknologi yang kompleks bukanlah hal yang mudah.

OPPO mengimplementasikan konsep alam semesta ini dan menembus batasan teknologi dengan menghadirkan OPPO Find X3 Pro 5G, smartphone yang berbeda dari lainnya. OPPO Find X3 Pro 5G berdesain ramping dan memiliki layar kaca kurva mulus dengan 2.000 titik kontrol yang terpasang pada bodinya.

Patrick Owen, Chief Creative Officer Oppo Indonesia menjelaskan, Oppo Find X3 Pro 5G dirancang khusus untuk memvisualisasikan estetika futuristik, perangkat ini memiliki kaca layar berbentuk melengkung organik yang menjadikannya sebuah perangkat dengan desain inovatif dan nyaman digenggam.

“Oppo Find X3 Pro 5G adalah mahakarya yang terbuat dari sepotong kaca berbentuk kurva mulus nan cantik yang terinspirasi dari tema luar angkasa. Bagian yang terbaik adalah kaca melengkung dan mengelilingi kamera ganda pada perangkat yang disebut sebagai Gradient Arc, sebuah desain unutuk menciptakan tampilan yang belum pernah ada sebelumnya.”

Meskipun memiliki keindahan minimalis yang tampak sederhana, perangkat ini sesungguhnya memiliki rancangan yang kompleks. Sebelum merancang perangkat, desainer Oppo terlebih dahulu membuat sketsa kurva dan busur cembung yang terdapat pada bagian kiri dan atas holder kamera, serta bagian bawah dan kanannya.

Area atas, dijuluki ‘permukaan matahari’, menawarkan transisi yang mulus, sedangkan sebaliknya, area bayangan membentuk transisi yang mulus dari bagian belakang ponsel yang datar itu sendiri.

Namun, bentuk kurva yang mengelilingi kamera ini tidak dapat digambar dengan software menggambar biasa. Ibarat berjabat tangan tiga orang pada waktu yang sama, tidak mungkin menciptakan desain dan kreasi ini dengan pola pikir tradisional.

Apabila hanya bergantung pada metode tradisional, kurva yang dihasilkan tidak akan memiliki bentuk yang seragam dengan ukuran lengkungan yang tidak sama. Apabila dipaksakan, permukaan belakang Oppo Find X3 Pro 5G ini akan menghasilkan pantulan cahaya berantakan.

Untuk merancang dan menciptakan bentuk kurva yang sempurna pada bagian kaca belakang perangkat, desainer OPPO menerapkan proses “UV point mapping” dengan memproyeksikan gambar 2D ke permukaan 3D.

Para desainer kemudian menciptakan rancangan 3D kurva yang memiliki lebih dari 2.000 titik individu yang disesuaikan sedemikian rupa untuk menghasilkan bentuk kurva dengan tingkat presisi yang luar biasa.

Lebih jauh soal pengembangan desain Oppo Find X3 Pro 5G. Bentuk kurva empat sisi dan tiga dimensi menjadikan panel kaca jauh lebih sulit untuk dikeluarkan dari cetakan selama proses pembuatan.

Dalam proses pembuatan cetakan casing konvesional, biasanya proses ini dilakukan sebanyak 20 kali sebelum kami mendapatkan hasil yang diinginkan Namun, dalam desain kaca kompleks pada Oppo Find X3 Pro 5G, pembuatan cetakan dilakukan hingga 100 kali hanya untuk mendapatkan bentuk lengkungan yang sempurna.

Selain desain fisiknya, sentuhan akhir dalam rancangan Oppo Find X3 Pro 5G menghadirkan estetika yang tak tertandingi dan belum pernah ada sebelumnya. Lapisan matte dan anti-glare tak hanya menjadikan kaca terasa sehalus sutra, tetapi juga mampu menahan noda sidik jari dengan sangat baik sehingga kaca selalu tampak bersih setiap saat.

Sama seperti desain dan teknik hebat lainnya, Oppo Find X3 Pro 5G adalah objek yang memancarkan keindahan sederhana dan bersahaja yang memiliki tingkat tingkat komplesitas yang tinggi dan dihasilkan berkat upaya luar biasa dari Oppl

“Oppo Find X3 Pro 5G merupakan smartphone tiada tandingan yang mendorong batasan desain dan teknik. Melengkapi sentuhan akhir yang unik dan kuat serta kurva yang luar biasa, perangkat ini memiliki IP68 Water, Dust Resistance, dan sistem OS yang dirancang khusus untuk pengguna. Dengan Oppo Find X3 Pro 5G, Anda seakan menggenggam masa depan di telapak tangan,” tutup Patrick Owen.