GadgetSquad.ID – SheHacks 2021 yang diselenggarakan Indosat Ooredoo sudah resmi dimulai sejak Juni 2021 lalu. Sudah lebih dari satu bulan berlangsung, bagaimana keseruan yang terjadi di SheHacks 2021?

SheHacks sendiri, merupakan program bagi perempuan Indonesia yang bertujuan mengurangi kesenjangan gender di bidang ekonomi, pendidikan, dan kesehatan dengan meningkatkan kapasitas mereka menggunakan teknologi.

Nah, Selang lebih dari 1 bulan SheHacks 2021 mengumumkan ada 10 finalis terpilih yang dapat mengikuti sesi mentoring dari 3 hingga 6 Agustus, untuk membantu finalis mempertajam solusi mereka dan mempersiapkan pitch terakhir.

“Ini adalah pengalaman yang sangat menyenangkan bagi saya untuk bisa berbagi pengalaman dengan para perempuan muda nan energik ini,” kata salah satu mentor CEO Reblood Leonika Sari dalam siaran pers yang diterima.

Selain serangkaian sesi mentoring, SheHacks 2021 juga mengadakan strategi partners sharing sessions yang memberikan para finalis pengetahuan mendalam tentang isu-isu seputar perempuan.

Tiga isu utama yang disorot tahun ini adalah penggunaan teknologi oleh perempuan untuk mendorong kewirausahaan dan kesejahteraan keluarga, akses perempuan ke pendidikan berkualitas, dan hak perempuan atas layanan kesehatan reproduksi.

“Pertukaran ide adalah hal yang krusial dalam memecahkan tantangan kompleks yang dihadapi perempuan setiap harinya,” kata SVP Head of Corporate Communication Indosat Ooredoo Steve Saerang.

Tahun ini, SheHacks sudah memberdayakan 1.453 wanita Indonesia dengan rentang usia 15 sampai 40 tahun, dan menerima 477 proposal solusi permasalahan.

Mereka melaporkan, angka ini meningkat secara signiffikan dari tahun sebelumnya dengan total 95 peserta dan 30 proposal yang dikumpulkan.

Selain itu, SheHacks 2021 memiliki cakupan yang lebih luas dari tahun sebelumnya mengingat 23 persen dari total peserta tahun ini berasal dari luar Pulau Jawa.