oppo

GagdgetSquad – OPPO dikabarkan telah mengumumkan aplikasi konsep baru bernama CybeReal. Ini adalah platform berbasis AR (Augmented Reality) yang akan membantu menjembatani batas antara dunia digital dan dunia nyata. 

Dalam sebuah konferensi, raksasa teknologi Cina ini meluncurkan teknologi penentuan posisi dan pengenalan adegan waktu nyata baru, yang akan digunakan di CybeReal. Perusahaan menyebutnya sebagai aplikasi super AR, demikian dilaporkan Gizmochina, 12 November 2020.

Menurut catatan resmi perusahaan, CybeReal dapat menampilkan informasi mengenai adegan yang ditampilkan di layar melalui kamera perangkat. Ini akan membantu dalam berbagai aspek seperti navigasi, informasi mengenai toko dan aktivitas mereka, bahkan pengenalan atraksi atau landmark lokal.

Sederhananya, pengguna cukup membuka kamera melalui sebuah aplikasi, yang memungkinkan mereka melihat informasi tentang lingkungan sekitar secara real time. Teknologinya juga agak mirip dengan Huawei AR Maps 2.0 yang diumumkan pada Oktober lalu. 

Aplikasi AR telah berkembang belakangan ini dengan OEM bekerja untuk memasukkan dalam berbagai bentuk seperti pemasaran, peluncuran, bahkan perdagangan ke tingkat tertentu. Sayangnya, detail terkait platform AR dari OPPO saat ini belum diketahui.

Perusahaan telah menekankan fungsinya dengan hiburan dan navigasi, tapi aplikasi lebih lanjut hanya dapat dispekulasikan untuk saat ini.