Review OPPO Reno 10x Zoom – Zoom Jauh, Foto Tetap Tajam

0

OPPO secara resmi memerkenalkan seri smartphone premium terbaru yang juga menyandang nama baru. yaitu OPPO Reno. Ada dua seri smartphone OPPO Reno terbaru yang dihadirkan di Indonesia, yaitu OPPO Reno dan OPPO Reno 10x Zoom. Dan kali ini yang akan diulas yaitu OPPO Reno 10x Zoom.

Review OPPO Reno 10x Zoom (4)

Memang sudah bisa ditebak dari namanya, jika smartphone OPPO terbaru ini menjagokan kemampuan kamera yang sanggup melakukan zoom hingga 10x dengan ketajaman tetap terjaga.

Kamera 10x Zoom

OPPO merancang Reno 10x Zoom untuk menjadi smartphone yang dapat menghasilkan konten dengan kualitas kamera yang baik. Salah satunya dengan menghadirkan kemampuan kamera 10x Zoom pada smartphone terbaru ini.

OPPO Reno 10x Zoom dibekali dengan triple camera di bodi belakang. Tiga kamera tersebut terdiri dari kamera utana 48Mpix bersensor IMX586 F/1.7 aperture + 8 Mpix Wide Angle Camera + 13 Mpix Telephoto Lens.

Review OPPO Reno 10x Zoom (4)

Baca juga: Lebih dari 10 Ribu Orang Sudah Daftar Jadi Pemilik Pertama OPPO Reno

Sedangkan untuk kamera depannya, smartphone ini membawa kamera selfie berresolusi 16Mpix. Kamera depan ini memiliki desain yang unik dan belum pernah ada di smartphone lainnya. Kamera depannya berdesain Pivot Rising Camera yang bisa bergerak timbul tenggelam secara otomatis begitu fitur kamera depan diaktifkan.

Kamera depan ini memiliki desain kemiringan 11 derajat. Di mana berdasarkan hasil riset OPPO, foto selfie memiliki golden angle yang bersumbu pada satu sisi dengan kemiringan 11 derajat. Makanya desain kamera depan dibuat miring. Pergerakan kamera depan ini juga terbilang cepat saat diaktifkan. Hanya butuh 0,8 detik untuk siap digunakan.

Review OPPO Reno 10x Zoom (1)

Kamera depan ini juga bisa dimanfaatkan untuk fitur keamanan Face Unlock, yang bisa mendeteksi kontur wajah pengguna untuk sistem keamanan, termasuk membuka layar yang terkunci.

OPPO Reno 10x Zoom mampu mengambil foto dengan kemampuan 5x Optical Zoom dan 10x Hybrid Zoom. Hal ini membuat foto yang diambil jarak jauh akan tetap tajam dan detil.
Kemampuan lebih kamera smartphone OPPO ini juga berkat dukungan prosesor Snapdragon 855 yang didukung teknologi ISP Qualcomm Spectra 380. Teknologi ini mampu membuat kamera memiliki kemampuan mengambil foto pada kondisi minim cahaya dengan tetap tajam.

Review OPPO Reno 10x Zoom (3)

Baca juga: Ikutan Unlock Your Creativity Bisa Dapat OPPO Reno Duluan dengan Harga Spesial

Berkat Snapdragon 855, OPPO Reno 10x Zoom juga memiliki kemampuan machine learning. Dengan kemampuan ini kamera di smartphone OPPO ini dapat mengidentifikasi skenario berbeda ketika membidik obyek foto, mengubah gambar buram menjadi foto tajam, dan meningkat detail foto.

Selain itu, teknologi ISP juga bisa membuat kamera sanggup untuk merekam video kelas sinema dengan frame rate maksimal hingga 60fps. Apalagi OPPO Reno 10x Zoom juga dilengkapi kemampuan untuk merekam video 4K HDR.

Penggunaan Snapdragon 855 pada smartphone ini sekaligus mengumumkan kehadiran pertama computer vision image signal processor (CV-ISP) Qualcomm Spectra™ 380 di dunia, untuk mengaktifkan fitur fotografi dan pengambilan video paling canggih.

Snapdragon 855 juga merupakan platform mobile pertama yang diumumkan untuk menangkap HDR 4K dengan mode portrait. Video-video ini dapat menghasilkan latar belakang bokeh yang lembut.

Agar dapat menyimpan konten luar biasa ini secara efisien, Snapdragon 855 menambahkan akselerasi smartphone keras dengan pengkodean format file HEIF, sehingga mengurangi ukuran file hingga 50% dibandingkan dengan Snapdragon 845. Oleh karena itu, konsumen dapat berbagi video pada platform media sosial favorit mereka jauh lebih cepat.

Prosesor Snapdragon 855

Tidak hanya memiliki kemampuan kamera yang mumpuni, soal kinerja OPPO Reno 10x Zoom juga patut diacungi jempol. Kinerja OPPO Reno 10x Zoom disokong chipset Qualcomm Snapdragon 855 Octa-core yang dengan performa kencang berkat teknologi proses 7nm.

Review OPPO Reno 10x Zoom (1)

Snapdragon 855 adalah platform mobile komersial pertama di dunia yang mendukung multi-gigabit 5G, AI terdepan di industri, dan immersive extended reality(XR), yang mengantarkan pada era baru perangkat mobile yang revolusioner.

Menggunakan arsitektur chip baru yang dibangun di atas teknologi proses 7nm, Qualcomm Kryo 485 CPU memberikan peningkatan kinerja hingga 45% dibandingkan Snapdragon 845. Ditambah dukungan Qualcomm Adreno 640 GPU memberikan rendering grafis hingga 20% lebih cepat dibandingkan dengan Snapdragon 845.

Snapdragon 855 juga memamerkan kinerja luar biasa dalam skenario pencitraan, audio, dan game karena dilengkapi dengan Qualcomm AI Engine generasi ke-4, sehingga menawarkan pengalaman yang cerdas, cepat, dan aman. Selain itu, prosesor ini juga mendukung daya tahan baterai yang tahan lama.

Jadi tidak heran jika OPPO Reno 10x Zoom membuat menjadi salah satu smartphone dengan kinerja paling kencang di 2019. Untuk membuktikannya kami mencoba untuk melakukan pengujian dengan menggunakan AnTuTu Benchmark. Dan ternyata Smartphone OPPO terbaru ini berhasil mendapatkan skor yang sangat tinggi yaitu 353.138 poin.

Main Game Juga Mantab

Dengan dukungan prosesor flagship berkemampuan tinggi, Snapdragon 855, serta GPU Adreno 640 yang menyajikan 20% kecepatan grafis lebih cepat, menjadi jaminan kalau OPPO Reno 10x Zoom juga mantab diandalkan untuk bermain game.

Review OPPO Reno 10x Zoom (1)

Baca juga: OPPO Reno Hadir Dalam 2 Varian, Ini Bedanya !

Tapi tidak hanya itu, ternyata OPPO juga membawa fitur baru pada Reno 10x Zoom ini. Fitur tersebut yaitu Hyper Boost 2.0. Fitur ini merupakan pembaharuan dari fitur yang sebelumnya diperkenalkan pada perangkat R17 dan R17 pro pada 2018 yang lalu.

Hyper Boost 2.0 merupakan fitur yang terintegrasi dengan ColorOS 6 dan terdiri dari 2 teknologi utama : Touch Boost untuk akselerasi control sentuh dan Frame Boost untuk akselerasi frame per second saat bermain game.

Seperti diketahui OPPO bekerjasama dengan Tencent Games dalam mengembangkan teknologi hyperboost, dengan fitur frame boost stabilitas game AOV meningkat hingga 31.38% sementara PUBG Mobile dapat mengurangi kemungkinan lag sebesar 44.1%. Untuk touch boost sendiri, respon sentuhan pada game AOV meningkat 16.2% dan penigkatan 21.6% terjadi pada game PUBG Mobile.

Selain itu kehadiran prosesor snapdragon 855 juga dikombinasikan dengan teknologi tri cooling control sebagai solusi pendinginan perangkat saat digunakan bermain game pada waktu lama. Tri-cooling Control merupakan sebuah solusi control suhu perangkat smartphone yang terdiri Thermal Gel + Graphite Sheet + Copper Pipe Liquid Cooling.

 

Perpaduan ketiga teknologi ini akan memberikan efek penyebaran panas yang lebih merata sehingga perangkat terus dalam kondisi suhu terjaga apabila digunakan dalam waktu lama dalam bermain game. Teknologi ini biasanya terdapat pada smartphone flagship maupun smartphone gaming, namun OPPO berupaya membawa teknologi ini ke perangkat perium high end terbaru, OPPO Reno 10x zoom.

Tampil Lebih Mumpuni

OPPO Reno 10x Zoom tampil mumpuni bukan hanya dari sisi fitur kameranya. Juga ada beberapa spesifikasi lainnya. Seperti pada layarnya yang lebih luas dengan ukuran 6.6 inci berteknolofi OLED dengan resolusi Full HD+. Berbeda dengan OPPO Reno yang mengusung layar dengan ukuran 6,4 inch. Layar ini juga sudah dilapisi dengan Corning Gorilla Glass 6 yang lebih kuat. Jadi aman terhadap goresan benda tajam sekalipun.

Review OPPO Reno 10x Zoom (1)

Baca juga: Reno, Merek Hp Terbaru dari OPPO setelah Realme, Ini Bedanya!

Layar pada OPPO Reno 10x Zoom membentang luas di sisi depan dengan ukuran screen to body ratio mencapai 93,1%. Layarnya pun tampil dengan ukuran bezel yang begitu tipis. Dan yang lebih canggih, di layar sentuh ini sudah dibenamkan sensor Fingerprint atau disebut In Dislay Fingerprint.

Selain itu kekuatan dapur pacunya juga berbeda. OPPO Reno 10x Zoom mengandalkan prosesor Qualcomm Snapdragon 855, dan hanya tersedia satu varian saja, yaitu dengan RAM 8GB + memori internal 256GB. Sedangkan OPPO Reno mengandalkan prosesor buatan Qualcomm versi Snapdragon 710.

Ada dua varian OPPO Reno yang disediakan, yaitu dengan RAM 6GB + memori internal 128GB dan satu lagi RAM 8GB + memori internal 256GB. Dan untuk sistem operasinya, kedua tipe smartphone tersebut sama-sama didukung sistem operasi ColorOS 6.0 berbasis Android Pie 9.0.

Perbedaan lain antara OPPO Reno 10x Zoom dengan OPPO Reno juga tampak pada kemampuan kameranya. Di mana fitur kamera yang dibawa OPPO Reno sebatas Dual Camera yang disematkan di bodi belakang. Dual camera ini terdiri dari kamera berresolusi 48 MP dengan sensor IMX586 dan F/1.7 aperture). Dan lensa kamera kedua berupa 5 MP Depth of Field.

Untuk daya tahan hidupnya, OPPO Reno 10x Zoom memiliki kapasitas yang lebih besar, yaitu 4.065 mAH. Sedangkan OPPO Reno dibekali dengan baterai berkapasitas 3.765 mAH.
Kedua tipe smartphone ini juga dilengkapi dengan teknologi pengisian daya cepat atau Fast Charging VOOC 8.0. Teknologi ini diklaim bisa mengisis baterai dari keadaan kosong hingga terisi hanya dalam waktu 1,5 jam. Kedua tipe OPPO Reno terbaru ini juga dilengkapi dengan fitur lain seperti NFC, Android Beam, Hi-Res Audio, Dolby Atmos, USB Type C.

Untuk bodinnya sendiri, di bagian bawah bodi ada lubang speaker, port USB Type C dan slot simcard. Di sebelah kanan ada tombol power, sedangkan di sebelah kiri terdapat tombol volume.

Kelebihan :

– Dilengkapi Triple Camera
– Triple Camera dibekali fitur canggih dan bisa 10x Zoom
– Kamera depan berdesain Pivot Rising Kamera
– Disokong Prosesor Snapdragon 855

Kekurangan :

– Bodi agak bongsor
– Slot SD Card harus bergantian dengan slot SIM 2
– Selfie Kamera tidak Ada Flash

Spesifikasi OPPO Reno 10x Zoom

Dimensi 162 x 77.2 x 9.3 mm
Berat 210 gram
Layar 6.6 inches, OLED 1080 x 2340 pixels, 19.5:9 ratio Corning Gorilla Glass 6
OS Android 9.0 (Pie) ColorOS 6
Prosesor Qualcomm SDM855 Snapdragon 855
GPU Adreno 640
RAM RAM 8GB
Memori Internal 256GB
Kamera Belakang 48 MP, f/1.7 + Periscope 13 MP, f/3.0 + 8 MP, f/2.2, 16mm (ultrawide)
Kamera Depan Motorized pop-up 16 MP, f/2.0
Baterai Non-removable Li-Po 4065 mAh